Kompas TV travel jelajah indonesia

BERBURU IKAN MOLA MOLA

Kompas.tv - 28 Februari 2020, 15:05 WIB
Penulis : Anas Surya

BALI, KOMPASTV - Ada yang spesial pada penyelaman kali ini musim seperti ini biasanya suka menjadi lebih dingin dan besar saya akan bertemu dengan ikan mola-mola. Ikan mola-mola itu bentuknya pipih kemudian sirip yang ada di atas dan di bawah vertical. Kalau bisa dibayangkan kita bisa bilang seperti ikan pari kebalik, mudah-mudahan saya bertemu ikan mola-mola di Nusa Lembongan.

Lokasi pertama disebut sebagai manta point di mana biasanya ikan-ikan besar dan mula-mula dapat dijumpai. Di bawah ternyata arus lautnya sangat kuat tanpa harus melakukan gerakan apapun, kita sudah terbawa arus kesana kemari tetapi karena saya berkonsentrasi untuk mencari ikan mola-mola jadi saya tidak terlalu mempedulikannya. Mola-mola dikenal juga sebagai sunfish atau ikan matahari karena bentuk dan kegemarannya berjemur di terik matahari. Untuk mengembalikan suhu tubuhnya ikan pemangsa ubur-ubur ini banyak menghabiskan waktunya di kedalaman lebih dari 600 meter di bawah permukaan laut yang dingin. Saya melihat ikan mola-mola namun sayangnya karena ia berenang sangat cepat sehingga tidak ada yang sempat mengabadikannya.

Masih penasaran untuk mencari si mola-mola akhirnya kami pun mencobanya di lain tempat, kali ini kami memilih menjelajahi lokasi penyelaman yang bernama Crystal Bay. Dibandingkan lokasi yang pertama di sini terlihat lebih banyak terumbu karang cantik dan berbagai jenis ikan laut, namun saya tetap mencari si ikan langka yang unik. 

Sudah cukup lama mencari saya harus menerima kenyataan kalau saya belum beruntung untuk kembali menemui ikan Mola mola.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x