Kompas TV travel jelajah indonesia

RUMAH "THE HOBBIT" ADA DI BALI

Kompas.tv - 27 Februari 2020, 15:07 WIB
Penulis : Anas Surya

BALI, KOMPASTV - Untuk melanjutkan menjelajah Nusa Lembongan, saya memilih untuk menggunakan sepeda agar bisa tetap menikmati pesona Nusa Lembongan. Di sepanjang perjalanan tempat yang saya tuju berikutnya adalah hutan mangrove yang dapat ditempuh dalam waktu 15 menit. Kali ini saya akan menjelajah dengan menggunakan sampan kecil itu untuk menyusuri hutan mangrove. Menggunakan perahu kecil atau disebut juga sebagai “jukung”, dengan membayar Rp50.000 per orang kita dapat mengelilingi hutan mangrove selama 30 menit.

Baca Juga: MENGUNJUNGI ROMANTIC ISLAND

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki hutan mangrove terluas di dunia. Fungsi dari hutan mangrove adalah menjaga hutan dari kerusakan penangkap lumpur dan penangkap sedimen penghasil kayu konstruksi, kayu bakar, bahan baku arang dan bahan baku kertas, pemasok larva ikan udang dan biota laut lainnya. 

Baca Juga: PESONA CAHAYA EMAS DI SEKOTONG

Selain itu kita bisa merasakan gimana rasanya menjadi “The Hobit” seperti film Lord Of The Ring tapi kita tidak meniru, karena tempat ini sudah ada sejak tahun 1976. Rumah Gala Gala atau Gua Gala sebenarnya adalah Gua buatan. Sosok yang membangun gua ini seorang diri bernama Made. Berasal dari kekaguman dirinya terhadap kisah para Pandawa di mana di salah satu bagian kisah itu menceritakan bagaimana para Pandawa dibuang dan diisolasi dari masyarakat. Para Pandawa pun membuat tempat perlindungan dengan tangan mereka sendiri kemudian dari situlah Made memutuskan untuk mengikuti kisah tersebut.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x