Kompas TV kuliner cerita rasa

Review Soto Banjar Bang Amat | Sotonya Gurih Banget!!

Kompas.tv - 25 Februari 2020, 11:01 WIB
Penulis : Krisna Aditomo

KALIMANTAN, KOMPAS.TV - Kali ini, Benoe akan menjelajahi rasa di ibukota Kalimantan Selatan, kota Banjarmasin. Di kota Bungas ini, Benoe akan berkeliling menyusuri sungai Martapura, menikmati lontong legendarisnya dan membuat sajian kuliner adat warisan leluhur Urang Banjar. Pertama-tama Benoe akan mencicipi santapan khas kota Banjarmasin yang berkuah. Benoe mendatangai Soto Bang Amat. Depot Soto Banjar ini sudah ada sejak tahun 2002. Alamatnya di Jalan Banua Anyar nomor 6, Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Posisinya di dekat Jembatan Banua Anyar, bersebelahan dengan Sungai Martapura.

Benoe memesan Nasi Sop dan Soto Banjar spesial komplit yang ditambah ekstra telur dan paha ayam. Serta tak lupa, Benoe juga memesan Sate Ayam. Kuah Nasi Sop dan Soto Banjar sebenarnya sama, condimentnya pun sama. Yang membedakan hanyalah karbohidratnya. Jika Nasi Sop menggunakan nasi, Soto Banjar menggunakan ketupat.  Soto banjar Bang Amat tidak menggunakan santan. Kuahnya terlihat bening, tidak kental. Soto disajikan dengan perkedel kentang, irisan wortel, dan sohun. Sebagai pengenyang, ditambahkan lontong.

Bumbu dasar soto sebenarnya tidak jauh berbeda dengan soto-soto sejenis, yaitu antara lain bawang putih, bawang merah, merica, kayu manis, jahe, kepulaga, dan jintan. Akan tetapi, yang membuatnya khas adalah suwiran daging ayam yang cukup banyak seperti menutupi piring sajian.

SOTO BANG AMAT BANJARMASIN

Jalan Banua Anyar No. 6, Benua Anyar, Banjarmasin Timur, Benua Anyar, Kec. Banjarmasin Tim., Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan 70121 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x