HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV regional berita daerah

Pascalongsor Tol Cipularang, Polisi Siapkan Rekayasa Lalu Lintas

Kamis, 20 Februari 2020 | 00:20 WIB

KABUPATEN BANDUNG BARAT, KOMPAS.TV - Pasca-longsor 11 Februari lalu, Korlantas Polri menyiapkan rekayasa lalu lintas Tol Cipularang, KM 118, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Dalam kondisi darurat, rekayasa kendaraan dari arah Bandung menuju Jakarta akan dialihkan keluar ke gerbang Tol Padalarang.

Kakorlantas Polri, Irjen Istiono, meninjau lokasi longsor Tol Cipularang, kilometer 118, Padalarang, Jawa Barat.

Peninjauan untuk memastikan jalur  Tol Cipularang bisa dilalui pengguna jalan.

Irjen Istiono juga memastikan sudah menyiapkan rekayasa lalu lintas di Tol Cipularang, khususnya di KM 118, termasuk jika dalam keadaan darurat.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi atau PVMBG, telah menyerahkan laporan hasil analisis serta rekomendasi dari longsor KM 118 Tol Cipularang.

Hasil analisis telah diserahkan ke pihak BPBD dan Jasa Marga, untuk ditindaklanjuti.

Berdasarkan hasil analisis diketahui terdapat beragam faktor yang menyebabkan terjadinya longsor di sisi kanan-kiri Tol Cipularang, KM 118.

Faktor tersebut di antaranya, jenis materi penyusun tanah, tersumbatnya aliran air akibat longsor yang pernah terjadi di bagian utara lokasi pada Desember lalu, serta  banyaknya lahan basah, di sekitar lokasi longsor.

Pihak PVMBG telah berkoordinasi dan mengirimkan rekomendasi kepada pihak terkait, dan mengimbau segera melakukan pengeringan terhadap kubangan air, serta perbaikan saluran drainase.

PT Jasamarga akan menghentikan pengerjaan longsor Tol Cipularang kilometer 118, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, pada akhir pekan (23/2).

Sementara, untuk mengantisipasi kepadatan kendaraan dari arah Bandung menuju Jakarta akan diberlakukan sistem contra flow.

Proses perbaikan akan diatur waktunya untuk mencegak kepadatan arus lalu lintas khususnya di akhir pekan.

Penulis : Aleksandra Nugroho



BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
12:50
GEMPA BERMAGNITUDO 5,2 YANG GUNCANG WILAYAH LAUT BANDA PADA MINGGU PAGI TAK BERPOTENSI TSUNAMI   WAGUB JABAR UU RUZHANUL ULUM: KEPUTUSAN "LOCKDOWN" MERUPAKAN KEWENANGAN DARI PEMERINTAH PUSAT   WAGUB JABAR UU RUZHANUL ULUM INGATKAN BUPATI & WALI KOTA TAK BUAT KEPUTUSAN "LOCKDOWN" SECARA SEPIHAK   DPRD KABUPATEN CIANJUR DORONG PEMDA TERAPKAN "LOCKDOWN" UNTUK CEGAH PENULARAN VIRUS KORONA   CEGAH PENULARAN KORONA, PEMPROV GORONTALO AKAN LARANG WNA MASUK DAN KELUAR MULAI 31 MARET 2020   MABES POLRI PERINTAHKAN JAJARANNYA MELAKUKAN PENYEMPROTAN DISINFEKTAN MASSAL UNTUK CEGAH VIRUS KORONA   PALANG MERAH INDONESIA MELAKUKAN PENYEMPROTAN DISINFEKTAN MASSAL DI 6.839 TITIK DI WILAYAH INDONESIA   OPERASIONAL TERMINAL 1 DAN 2 BANDARA SOEKARNO-HATTA DIBATASI SEMENTARA KARENA DAMPAK VIRUS KORONA   CEGAH PENYEBARAN KORONA, PEMKAB LEBAK MINTA KRL HINGGA BUS ANTARKOTA ANTARPROVINSI TAK BEROPERASI SEMENTARA   DINAS KESEHATAN SEBUT JUMLAH PASIEN POSITIF VIRUS KORONA DI KALIMANTAN TIMUR BERTAMBAH JADI 17 ORANG   PEMPROV SUMBAR TERAPKAN KEBIJAKAN PEMBATASAN SELEKTIF BAGI PERANTAU UNTUK CEGAH VIRUS KORONA   KAPOLDA METRO JAYA IMBAU WARGA TAK TINGGALKAN JAKARTA UNTUK MUDIK LEBIH AWAL KE KAMPUNG HALAMAN   CEGAH PENULARAN KORONA, MUI SARANKAN PEMERINTAH SEGERA REALOKASI ANGGARAN HINGGA "LOCKDOWN"   WALI KOTA JAKBAR RUSTAM EFFENDI: 39 ODP YANG DIISOLASI DI MASJID TAMAN SARI DIPINDAHKAN KE WISMA ATLET KEMAYORAN