Kompas TV regional berita daerah

Pascalongsor Tol Cipularang, Polisi Siapkan Rekayasa Lalu Lintas

Kompas.tv - 20 Februari 2020, 00:20 WIB
Penulis : Aleksandra Nugroho

KABUPATEN BANDUNG BARAT, KOMPAS.TV - Pasca-longsor 11 Februari lalu, Korlantas Polri menyiapkan rekayasa lalu lintas Tol Cipularang, KM 118, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Dalam kondisi darurat, rekayasa kendaraan dari arah Bandung menuju Jakarta akan dialihkan keluar ke gerbang Tol Padalarang.

Kakorlantas Polri, Irjen Istiono, meninjau lokasi longsor Tol Cipularang, kilometer 118, Padalarang, Jawa Barat.

Peninjauan untuk memastikan jalur  Tol Cipularang bisa dilalui pengguna jalan.

Irjen Istiono juga memastikan sudah menyiapkan rekayasa lalu lintas di Tol Cipularang, khususnya di KM 118, termasuk jika dalam keadaan darurat.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi atau PVMBG, telah menyerahkan laporan hasil analisis serta rekomendasi dari longsor KM 118 Tol Cipularang.

Hasil analisis telah diserahkan ke pihak BPBD dan Jasa Marga, untuk ditindaklanjuti.

Berdasarkan hasil analisis diketahui terdapat beragam faktor yang menyebabkan terjadinya longsor di sisi kanan-kiri Tol Cipularang, KM 118.

Faktor tersebut di antaranya, jenis materi penyusun tanah, tersumbatnya aliran air akibat longsor yang pernah terjadi di bagian utara lokasi pada Desember lalu, serta  banyaknya lahan basah, di sekitar lokasi longsor.

Pihak PVMBG telah berkoordinasi dan mengirimkan rekomendasi kepada pihak terkait, dan mengimbau segera melakukan pengeringan terhadap kubangan air, serta perbaikan saluran drainase.

PT Jasamarga akan menghentikan pengerjaan longsor Tol Cipularang kilometer 118, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, pada akhir pekan (23/2).

Sementara, untuk mengantisipasi kepadatan kendaraan dari arah Bandung menuju Jakarta akan diberlakukan sistem contra flow.

Proses perbaikan akan diatur waktunya untuk mencegak kepadatan arus lalu lintas khususnya di akhir pekan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.