HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV nasional sapa indonesia

Meninggalnya Ashraf Sinclair, Buktikan Serangan Jantung Intai Usia Muda!

Rabu, 19 Februari 2020 | 23:30 WIB

KOMPAS.TV - Meninggalnya aktor, Ashraf Sinclair yang juga suami penyanyi Bunga Citra Lestari, masih mengagetkan publik.

Banyak pihak tak menyangka, Ashraf yang dikenal memiliki gaya hidup sehat, meninggal dunia, akibat penyakit yang kerap disebut "silent killer", serangan jantung.

Artis dan penyanyi Bunga Citra Lestari, berusaha menerima kenyataan.

Pria yang menikahinya, 11 tahun lebih itu, secepat itu dipanggil Tuhan.

BCL mengakui, dirinya sulit memahami, bagaimana penyakit jantung, bisa merenggut nyawa suaminya, yang sebelumnya tampak sehat, aktif, bahkan tak memiliki riwayat penyakit jantung.

Kepergian Ashraf di usia muda, akibat serangan jantung, juga mengagetkan kerabat dan sahabatnya, yang silih berganti berdatangan ke rumah duka.

Selama ini, penyakit seperti jantung, stroke, dan diabetes kerap dikatikan dengan usia lanjut.

Dari data badan kesehatan dunia, WHO, penyakit kardiovaskular seperti jantung, dan pembuluh darah, menjadi penyebab kematian nomor satu di dunia.

Pada 2016, sebanyak 17,9 juta orang meninggal akibat penyakit kardiovaskular.

Namun, serangan jantung, nyatanya bisa mengintai orang-orang berusia muda, yang sebelumnya tampak sehat, bahkan rutin berolahraga.

Sejumlah artis muda berikut ini, juga meninggal dunia, akibat serangan jantung.

Di antaranya, artis Adjie Massaid, yang berpulang setelah bermain sepak bola, pada 2011.

Penyanyi jebolan ajang pencarian bakat, Mike Mohede, juga meninggal dunia akibat serangan jantung pada 2016.

Tahun lalu, artis Cecep Reza, juga meninggal akibat serangan jantung.

Lantas, apa penyebab serangan jantung pada orang muda yang bugar dan bagaimana mencegahnya?

Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia, PERKI, menyatakan agar keamanan jantung harus diperhatikan saat berolahraga.  

Sering kali gangguan jantung, terjadi tanpa gejala awal.

Menjaga pola hidup sehat, dan memastikan olahraga sesuai kemampuan, sangat dianjurkan, agar terhindar dari penyakit yang kerap disebut "silent killer".

Penulis : Aleksandra Nugroho



BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
20:10
PEDULI MEREKA YANG KEHILANGAN PENGHASILAN DI TENGAH PANDEMI KORONA, DENGAN DONASI KE BIT.LY/KONSERAMALDARIRUMAH   KOMPAS TV BERSAMA DIDI KEMPOT DAN SOBAT AMBYAR MENGGELAR KONSER AMAL DARI RUMAH, SABTU, 11 APRIL 2020 PUKUL 19.00 WIB   BACA EPAPER KOMPAS GRATIS DARI RUMAH. GUNAKAN KODE KOMPASWFH. AKSES: KLIK.KOMPAS.ID/EPAPERKOMPAS   BRUNEI DARUSSALAM SEBUT SUDAH 4 HARI TIDAK ADA KASUS BARU VIRUS KORONA DI NEGARANYA   DUA ORANG DI AS DIJERAT DENGAN PASAL TERORISME SETELAH MEREKA MENGKLAIM DENGAN SENGAJA MENYEBARKAN KORONA   PERHIMPUNAN HOTEL & RESTORAN INDONESIA (PHRI): 1.266 HOTEL DI SELURUH INDONESIA DITUTUP SEMENTARA KARENA KORONA   TRANSJAKARTA TERAPKAN PEMBATASAN JUMLAH PENUMPANG SAAT PSBB BESOK DIBERLAKUKAN   13 KORIDOR UTAMA TRANSJAKARTA TETAP BEROPERASI SAAT PSBB BESOK DIBERLAKUKAN   SEBANYAK 4,2 JUTA WARGA DI JABODETABEK AKAN MENDAPAT BANSOS SEMBAKO DARI PEMERINTAH   PEMERINTAH ANGGARKAN RP 360 MILIAR UNTUK INSENTIF BAGI SOPIR TAKSI, BUS, TRUK, DAN KERNET   PRESIDEN JOKOWI: SOPIR TAKSI, BUS, TRUK, DAN KERNET AKAN DAPAT INSENTIF RP 600.000 PER BULAN SELAMA 3 BULAN   KOMNAS HAM MINTA PEMERINTAH PASTIKAN NARAPIDANA KORUPSI JAGA JARAK DI TENGAH PANDEMI KORONA   PEMERINTAH: LEBIH DARI 18.000 ORANG MENDAFTAR SEBAGAI RELAWAN PENANGGULANGAN KORONA   PEMERINTAH: SAAT INI ADA LEBIH DARI 35.000 DOKTER YANG MENANGANI PASIEN KORONA DI INDONESIA