HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV nasional sapa indonesia

Ashraf Sinclair Meninggal Akibat Serangan Jantung, Ade Rai Menduga karena "Overtraining"

Rabu, 19 Februari 2020 | 22:19 WIB

KOMPAS.TV - Meninggalnya aktor, Ashraf Sinclair yang juga suami penyanyi Bunga Citra Lestari, masih mengagetkan publik.

Banyak pihak tak menyangka, Ashraf yang dikenal memiliki gaya hidup sehat, meninggal dunia, akibat penyakit yang kerap disebut "silent killer", serangan jantung.

Artis dan penyanyi Bunga Citra Lestari, berusaha menerima kenyataan.

Pria yang menikahinya, 11 tahun lebih itu, secepat itu dipanggil Tuhan.

BCL mengakui, dirinya sulit memahami, bagaimana penyakit jantung, bisa merenggut nyawa suaminya, yang sebelumnya tampak sehat, aktif, bahkan tak memiliki riwayat penyakit jantung.

Kepergian Ashraf di usia muda, akibat serangan jantung, juga mengagetkan kerabat dan sahabatnya, yang silih berganti berdatangan ke rumah duka.

Selama ini, penyakit seperti jantung, stroke, dan diabetes kerap dikatikan dengan usia lanjut.

Dari data badan kesehatan dunia, WHO, penyakit kardiovaskular seperti jantung, dan pembuluh darah, menjadi penyebab kematian nomor satu di dunia.

Pada 2016, sebanyak 17,9 juta orang meninggal akibat penyakit kardiovaskular.

Namun, serangan jantung, nyatanya bisa mengintai orang-orang berusia muda, yang sebelumnya tampak sehat, bahkan rutin berolahraga.

Sejumlah artis muda berikut ini, juga meninggal dunia, akibat serangan jantung.

Di antaranya, artis Adjie Massaid, yang berpulang setelah bermain sepak bola, pada 2011.

Penyanyi jebolan ajang pencarian bakat, Mike Mohede, juga meninggal dunia akibat serangan jantung pada 2016.

Tahun lalu, artis Cecep Reza, juga meninggal akibat serangan jantung.

Lantas, apa penyebab serangan jantung pada orang muda yang bugar dan bagaimana mencegahnya?

Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia, PERKI, menyatakan agar keamanan jantung harus diperhatikan saat berolahraga.  

Sering kali gangguan jantung, terjadi tanpa gejala awal.

Menjaga pola hidup sehat, dan memastikan olahraga sesuai kemampuan, sangat dianjurkan, agar terhindar dari penyakit yang kerap disebut "silent killer".

Penulis : Aleksandra Nugroho



BERITA LAINNYA

Ngopi

Jaga Jarak, Jaga Diri - NGOPI (Bag2)

Rabu, 1 April 2020 | 18:05 WIB
Ngopi

Jaga Jarak, Jaga Diri - NGOPI (Bag4)

Rabu, 1 April 2020 | 18:05 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
18:39
ADA 1.677 KASUS POSITIF KORONA DI INDONESIA, 103 DI ANTARANYA TELAH DINYATAKAN SEMBUH   WHITE HORSE GROUP BEKERJA SAMA DENGAN KEMENPAREKRAF SIAPKAN 6 BUS ANTAR-JEMPUT TENAGA MEDIS VIRUS KORONA   PRESIDEN JOKOWI MINTA KEPALA DAERAH SATU VISI DALAM MENANGANI PANDEMI VIRUS KORONA   PRESIDEN JOKOWI PASTIKAN FASILITAS ISOLASI DI PULAU GALANG, BATAM, BEROPERASI PADA 6 APRIL 2020   WAKIL BUPATI LUWU TIMUR, SULSEL, IRWAN BACHRI SYAM SUMBANGKAN SELURUH GAJINYA UNTUK TANGGULANGI KORONA   OJK INGATKAN KEPADA INDUSTRI KEUANGAN TIDAK MENGAMBIL KEUNTUNGAN ATAS KONDISI YANG TERJADI AKIBAT KORONA   MENKEU SRI MULYANI SUNTIK DANA RP 3 TRILIUN KE BPJS KESEHATAN UNTUK BISA SEGERA BAYAR TAGIHAN RS   KEMENTERIAN ESDM: PELANGGAN LISTRIK PRABAYAR GOLONGAN 450 VA & 900 VA AKAN DAPAT TOKEN GRATIS SELAMA 3 BULAN KE DEPAN   DITLANTAS POLDA METRO JAYA UNDUR WAKTU PENYERAHAN BARANG BUKTI TILANG KE KEJARI DKI AKIBAT ADA PANDEMI KORONA   PEMKAB KEPULAUAN SERIBU SEDIAKAN "RAPID TEST" KORONA DI PUSKESMAS DAN RSUD DI PULAU PRAMUKA   PEMKAB KEPULAUAN SERIBU SIAPKAN DUA PULAU SEBAGAI TEMPAT ISOLASI PASIEN KORONA   DOKTER SPESIALIS PARU ERLINA BURHAN INGATKAN MASYARAKAT TIDAK "PANIC BUYING" BELI MASKER DI TENGAH PANDEMI KORONA   MENSOS JULIARI BATUBARA: PROGRAM BANTUAN SOSIAL SELAMA PANDEMI KORONA SEGERA DISALURKAN   PRESIDEN JOKOWI DIGUGAT OLEH KELOMPOK PEDAGANG ECERAN KARENA DIANGGAP LALAI ANTISIPASI PANDEMI VIRUS KORONA