HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV regional berita daerah

Ekspor Daun Tebu Kering ke Jepang

Rabu, 19 Februari 2020 | 12:11 WIB

LUMAJANG, KOMPAS.TV - Daun Tebu Kering, yang sering menimbulkan kebakaran lahan, ternyata dapat dimanfaatkan menjadi bahan baku Mulsa, atau pelindung akar tanaman.  Belakangan Daun Tebu Kering ini, menjadi komoditas Ekspor ke Jepang. Seperti yang dilakukan oleh pengelola Pabrik Gula Jatiroto Kabupaten Lumajang Jawa Timur.

Sejumlah karyawan Pabrik Gula Jatiroto Kabupaten Lumajang, nampak sibuk menyiapkan paket Daun Tebu Kering ke dalam kontainer. Bahan ini dikemas ke dalam sak  dengan berat 20 Kilogram.

Sebelum dikemas, Daun Tebu Kering diambil di kebun, lalu di potong dengan menggunakan mesin motor listrik, dengan panjang empat hingga enam centimeter.

Usai dipotong, Daun Tebu kemudian dijemur hingga kadar airnya turun, maksimal mencapai sebelas derajat. Selanjutnya Daun Tebu Kering dikemas untuk Diekspor ke Jepang.

Ekspor ke Negara Jepang, merupakan Ekspor Perdana, dan tidak menutup kemungkinan dikirim ke Negara lainnya, seperti Korea. Daun Tebu Kering ini, dijadikan bahan baku Mulsa, yakni penutup tanah untuk mengurangi penguapan, dan meredam tumbuhnya Gulma.

Pabrik Gula Jatiroto menargetkan sepuluh hingga dua belas kontainer  untuk Diekspor ke Jepang, pada tahun ini. Pabrik Gula Jatiroto sendiri, mempunyai belasan ribu hektar tanaman Tebu, yang mampu memenuhi kebutuhan Daun Tebu Kering, di sejumlah Negara.

#EksporDaunTedu #EksporKeJepang #PabrikGulaJatiroto #BeritaDaerah

Penulis : KompasTV Jember



BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
09:15
BACA E-PAPER KOMPAS GRATIS DARI RUMAH. GUNAKAN KODE KOMPASWFH, AKSES: KLIK.KOMPAS.ID/EPAPERKOMPAS   BAYERN MUENCHEN PERPANJANG MASA BAKTI PELATIH MEREKA HANSI FLICK HINGGA 2023   AJANG BALAP SEPEDA DI SWISS, TOUR DE SUISSE (TDS), DITUNDA AKIBAT ADANYA PANDEMI KORONA   JUMLAH KASUS KORONA DI AS TERTINGGI DI DUNIA MELEBIHI TIONGKOK DENGAN 275.586 KASUS, 9.707 DI ANTARANYA TELAH SEMBUH   ANGKA KEMATIAN KARENA KORONA DI ITALIA MENCAPAI 14.681 JIWA, TERTINGGI DI DUNIA   ITALIA PERPANJANG MASA KARANTINA HINGGA 13 APRIL MENDATANG   PEMPROV JAWA TIMUR SIAPKAN RP 2,3 TRILIUN UNTUK PENANGANAN KORONA   PEMKOT SEMARANG SIAPKAN 180.000 PAKET SEMBAKO UNTUK WARGA TERDAMPAK KORONA   "HOTLINE" LAYANAN PENJEMPUTAN PENDONOR OLEH PMI JAKARTA SELATAN 0831-5132-8327   PMI JAKARTA SELATAN SIAPKAN LAYANAN PENJEMPUTAN BAGI PENDONOR SELAMA MASA PANDEMI VIRUS KORONA   DISNAKERTRANS DKI MENCATAT 3.611 PEKERJA DI WILAYAH JAKARTA TERKENA PHK AKIBAT VIRUS KORONA   WAKIL KETUA KOMISI IX DPR NIHAYATUL WAFIROH MEMINTA PEMERINTAH PERCEPAT MENDETEKSI VIRUS KORONA   PBNU IMBAU NAHDLIYIN UNTUK MENGIKUTI ATURAN PEMERINTAH SOAL MUDIK LEBARAN   JUMLAH KASUS POSITIF KORONA DI INDONESIA MENCAPAI 1.986 JIWA, 134 DI ANTARANYA TELAH DINYATAKAN SEMBUH