Kompas TV nasional kompas pagi

Ashraf Sinclair Meninggal, Waspada Serangan Jantung dan Tips Antisipasinya

Kompas.tv - 19 Februari 2020, 08:15 WIB
Penulis : Merlion Gusti

JAKARTA, KOMPASTV - Duka menyelimuti keluarga penyanyi Bunga Citra Lestari (BCL). Sang suami, Ashraf Sinclair meninggal dunia di usia 40 tahun diduga karena serangan jantung.

Selasa (18/2/2020) sore jenazah Ashraf Sinclair dimakamkan di pemakaman umum San Diego Hills, Karawang, Jawa Barat. 

Kepergian sang suami yang begitu mendadak membuat BCL terkejut.

Meski belum mampu berkata banyak, Unge, begitu ia biasa disapa, mengucapkan terima kasih atas doa kerabat dan orang terdekat.

Baca Juga: Ucapan Terima Kasih BCL di Tengah Kesedihan Saat Pemakaman Ashraf Sinclair

Dari postingan media sosial Instagram BCL, keduanya baru saja berkunjung ke New York, Amerika Serikat pada 11 Februari lalu. 

Sepulang dari New York, Ashraf bahkan disebut langsung menjalani kepadatan aktivitas sehari-hari, mulai dari rapat sampai berolahraga, sebelum akhirnya ajal menjemput.

Gaya Hidup Sehat Ashraf dan Saran Kedokteran

Almarhum dikenal memiliki gaya hidup sehat. Bahkan sejumlah teman dekat Ashraf menyebut bahwa aktor asal Malaysia tersebut rajin berolahraga. 

Berolahraga memang baik untuk kesehatan tubuh, namun Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (PERKI) minta agar keamanan jantung juga diperhatikan sebelum melakukan olahraga.   

Ketua Pengurus Pusat PERKI, Dokter Isman Firdaus mengatakan ada sejumlah hal yang dapat dilakukan untuk menghindari serangan jantung.

"Stop merokok, baik itu merokok yang kretek atau vaping pun hindari. Hidup bugar tiga kali seminggu, 30 menit untuk jalan cepat jauhnya 30 meter, itu minimal. Ada 5 porsi buah dan sayur. Jadi kalau sarapan ada makan sayur, makan siang ada buah, makan siang ada sayur, sebelum makan malam ada buah, makan malam ada sayur," jelas Dokter Isman. 

Baca Juga: Ashraf Meninggal, Padahal Masih Muda dan Sering Olahraga, Kenapa Bisa Kena Serangan Jantung?

"Usia-usia di atas 20 tahun kita cek tekanan darah. Kalau tekanan darah sudah di atas 140 untuk sistole-nya, kita harus rutin lah checkup ke dokter. Kadar kolesterol total kita kurang dari 5 milimol. No obesity, jangan gemuk-gemuk." tutupnya.  

Artis-Artis yang Meninggal Muda Karena Jantung

Ashraf Sinclair bukanlah selebritas pertama yang meninggal dunia akibat serangan jantung di usia yang terbilang masih muda.

Baca Juga: Bukan Hanya Ashraf Sinclair, 5 Artis Ini juga Meninggal karena Serangan Jantung

Februari 2011 lalu artis yang juga politisi, Adjie Massaid meninggal setelah bermain sepak bola. Adjie meninggal di usianya yang ke-43.

Maret 2013, penyanyi yang juga pembawa acara televisi Ricky Joe  meninggal dunia di usia 45 tahun. 

Mike Mohede meninggal dunia di usia 32 tahun. Mike diketahui meninggal saat sedang menjalani diet.

Berolahraga nampaknya tidak bisa dilakukan sembarangan. Selain porsinya yang harus diperhatikan, uji keamanan jantung seperti yang disarankan Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular sudah seharusnya dilakukan demi mengurangi resiko kematian mendadak.

Baca Juga: Jangan Anggap Sepele Serangan Jantung, yang Muda Juga Berisiko



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.