HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV nasional kompas pagi

Ashraf Sinclair Meninggal, Waspada Serangan Jantung dan Tips Antisipasinya

Rabu, 19 Februari 2020 | 08:15 WIB

JAKARTA, KOMPASTV - Duka menyelimuti keluarga penyanyi Bunga Citra Lestari (BCL). Sang suami, Ashraf Sinclair meninggal dunia di usia 40 tahun diduga karena serangan jantung.

Selasa (18/2/2020) sore jenazah Ashraf Sinclair dimakamkan di pemakaman umum San Diego Hills, Karawang, Jawa Barat. 

Kepergian sang suami yang begitu mendadak membuat BCL terkejut.

Meski belum mampu berkata banyak, Unge, begitu ia biasa disapa, mengucapkan terima kasih atas doa kerabat dan orang terdekat.

Baca Juga: Ucapan Terima Kasih BCL di Tengah Kesedihan Saat Pemakaman Ashraf Sinclair

Dari postingan media sosial Instagram BCL, keduanya baru saja berkunjung ke New York, Amerika Serikat pada 11 Februari lalu. 

Sepulang dari New York, Ashraf bahkan disebut langsung menjalani kepadatan aktivitas sehari-hari, mulai dari rapat sampai berolahraga, sebelum akhirnya ajal menjemput.

Gaya Hidup Sehat Ashraf dan Saran Kedokteran

Almarhum dikenal memiliki gaya hidup sehat. Bahkan sejumlah teman dekat Ashraf menyebut bahwa aktor asal Malaysia tersebut rajin berolahraga. 

Berolahraga memang baik untuk kesehatan tubuh, namun Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (PERKI) minta agar keamanan jantung juga diperhatikan sebelum melakukan olahraga.   

Ketua Pengurus Pusat PERKI, Dokter Isman Firdaus mengatakan ada sejumlah hal yang dapat dilakukan untuk menghindari serangan jantung.

"Stop merokok, baik itu merokok yang kretek atau vaping pun hindari. Hidup bugar tiga kali seminggu, 30 menit untuk jalan cepat jauhnya 30 meter, itu minimal. Ada 5 porsi buah dan sayur. Jadi kalau sarapan ada makan sayur, makan siang ada buah, makan siang ada sayur, sebelum makan malam ada buah, makan malam ada sayur," jelas Dokter Isman. 

Baca Juga: Ashraf Meninggal, Padahal Masih Muda dan Sering Olahraga, Kenapa Bisa Kena Serangan Jantung?

"Usia-usia di atas 20 tahun kita cek tekanan darah. Kalau tekanan darah sudah di atas 140 untuk sistole-nya, kita harus rutin lah checkup ke dokter. Kadar kolesterol total kita kurang dari 5 milimol. No obesity, jangan gemuk-gemuk." tutupnya.  

Artis-Artis yang Meninggal Muda Karena Jantung

Ashraf Sinclair bukanlah selebritas pertama yang meninggal dunia akibat serangan jantung di usia yang terbilang masih muda.

Baca Juga: Bukan Hanya Ashraf Sinclair, 5 Artis Ini juga Meninggal karena Serangan Jantung

Februari 2011 lalu artis yang juga politisi, Adjie Massaid meninggal setelah bermain sepak bola. Adjie meninggal di usianya yang ke-43.

Maret 2013, penyanyi yang juga pembawa acara televisi Ricky Joe  meninggal dunia di usia 45 tahun. 

Mike Mohede meninggal dunia di usia 32 tahun. Mike diketahui meninggal saat sedang menjalani diet.

Berolahraga nampaknya tidak bisa dilakukan sembarangan. Selain porsinya yang harus diperhatikan, uji keamanan jantung seperti yang disarankan Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular sudah seharusnya dilakukan demi mengurangi resiko kematian mendadak.

Baca Juga: Jangan Anggap Sepele Serangan Jantung, yang Muda Juga Berisiko

Penulis : Merlion Gusti



BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
21:18
PEDULI MEREKA YANG KEHILANGAN PENGHASILAN DI TENGAH PANDEMI KORONA, DENGAN DONASI KE BIT.LY/KONSERAMALDARIRUMAH   KOMPAS TV BERSAMA DIDI KEMPOT DAN SOBAT AMBYAR MENGGELAR KONSER AMAL DARI RUMAH, SABTU, 11 APRIL 2020 PUKUL 19.00 WIB   BACA EPAPER KOMPAS GRATIS DARI RUMAH. GUNAKAN KODE KOMPASWFH. AKSES: KLIK.KOMPAS.ID/EPAPERKOMPAS   KEMENKOP & UKM AJAK PELAKU KOPERASI DAN UMKM MEMPRODUKSI MASKER KAIN DI TENGAH PANDEMI KORONA   PEMKOT TANGSEL SIAPKAN RP 100 MILIAR UNTUK PENANGANAN KORONA   WALI KOTA DEPOK SEBUT BERKAS USULAN PSBB UNTUK WILAYAHNYA SUDAH LENGKAP   WALI KOTA DEPOK M IDRIS USULKAN PSBB DI BODEBEK AGAR PEMBATASAN ANGKUTAN UMUM TERINTEGRASI   BLUE BIRD BATASI KAPASITAS PENUMPANG HANYA 50% SAAT PSBB DIBERLAKUKAN DI JAKARTA   GRAB INDONESIA MINTA LAYANAN TRANSPORTASI RODA 2 TETAP DIPERBOLEHKAN ANGKUT PENUMPANG SAAT PSBB DI JAKARTA   OPERASIONAL KERETA BANDARA SOEKARNO-HATTA DAN KUALANAMU DIHENTIKAN SEMENTARA MULAI 12 APRIL-31 MEI 2020   RUAS TOL JORR SEKSI S, JAKARTA, DISEMPROT DISINFEKTAN UNTUK CEGAH PENYEBARAN KORONA   KEMENTERIAN PPPA BELUM MEMILIKI DATA JUMLAH ANAK-ANAK YANG TERPAPAR VIRUS KORONA   PEMERINTAH MENGGESER CUTI BERSAMA HARI RAYA IDUL FITRI DARI MEI 2020 KE DESEMBER 2020 AKIBAT PANDEMI KORONA   PEMERINTAH TELAH MENGANGGARKAN RP 405,1 TRILIUN UNTUK PENANGANAN KORONA