Kompas TV regional berita daerah

Tingkatkan Kualitas Potensi SAR dengan Pelatihan

Kompas.tv - 18 Februari 2020, 17:30 WIB

JAMBI, KOMPAS.TV - Menyikapi hujan lebat yang kini mengguyur sejumlah wilayah di Provinisi Jambi, dan berpotensi banjir.

Kantor pencarian dan pertolongan Basarnas Jambi, gelar pelatihan potensi SAR, penyelamatan di air, di kawasan Danau Sipin Kota Jambi.

Sebanyak 50 orang peserta,  yang terdiri dari anggota ormas, organisasi profesi, komunitas hobi,  dan  kelompok pencinta alam, dikumpulkan di  kawasan danau sipin kota Jambi.

Mereka dibekali cari penyelamatan di air untuk korban banjir atau tenggelam di sungai atau danau.

Upaya penyelamatan,  dimulai dari kesiapan  penolong, perlengkapan yang digunakan, perahu dan cara penggunaan serta cara menyisir korban yang hanyut terbawa arus.

Kegiatan ini dilaksanakan, dalam rangka meningkatkan kualitas dan kemampuan potensi sar,  di bidang penyelamatan air.


Mengingat awal tahun 2020 disepanjang bulan januari telah terjadi 8 kasus tenggelam di Jambi .

Pelatihan yang digelar untuk memberikan bimbingan dan pengetahuan serta praktek teknik SAR, khususnya pada pertolongan di perairan kepada potensi sar di wilayah kerja kantor pencarian dan pertolongan Jambi, sehingga mampu meminimalkan jatuhnya korban jika bencana banjir tiba.
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.