HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV klik360 cerita indonesia

Ashraf Meninggal, Padahal Masih Muda dan Sering Olahraga, Kenapa Bisa Kena Serangan Jantung?

Selasa, 18 Februari 2020 | 16:45 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Aktor asal Malaysia, Ashraf Sinclair, yang juga suami dari artis Bunga Citra Lestari dikabarkan meninggal dunia pagi ini, Selasa (18/2/2020).

Ashraf meninggal karena serangan jantung pada usia 40 tahun di RS MMC Kuningan, Jakarta. Dalam sebuah kesempatan wawancara, Ashraf mengaku sangat gemar berolahraga di pusat kebugaran.

Salah satu yang biasa dia lakukan adalah nge-gym. Lantas, kenapa orang yang masih muda dan suka berolahraga terkena serangan jantung?

Dilansir dari Kompas.com, sebuah riset yang terbit pada April 2019 mengungkapkan, tingkat serangan jantung untuk orang berusia di bawah 40 tahun semakin meningkat.

Baca Juga: Detik-detik Jenazah Ashraf Sinclair Diberangkatkan ke San Diego Hills

Selama beberapa dekade, usia lanjut ditetapkan sebagai salah satu faktor risiko terbesar seseorang terkena serangan jantung.

Biasanya, pria di atas 50 tahun dan wanita di atas 65 tahun paling rentan alami serangan jantung. Namun, sekarang umur tak bisa dijadikan patokan.

Menurut ahli jantung Luke Laffin, salah satu faktor risiko terbesar adalah meningkatnya penderita diabetes tipe 2 di kalangan orang muda.

Ada tiga faktor utama penyebab meningkatnya penderita diabetes tipe 2. Pertama, pola makan keliru dan konsumsi makanan olahan yang terlalu sering. Kedua, obesitas, ini termasuk skinny fat. Ketiga, gaya hidup pasif atau menurunnya aktivitas fisik.

#AshrafSinclair #BCLSinclair #BungaCitraLestari

Penulis : Desy Hartini



BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
13:14
GEMPA BERMAGNITUDO 5,2 YANG GUNCANG WILAYAH LAUT BANDA PADA MINGGU PAGI TAK BERPOTENSI TSUNAMI   WAGUB JABAR UU RUZHANUL ULUM: KEPUTUSAN "LOCKDOWN" MERUPAKAN KEWENANGAN DARI PEMERINTAH PUSAT   WAGUB JABAR UU RUZHANUL ULUM INGATKAN BUPATI & WALI KOTA TAK BUAT KEPUTUSAN "LOCKDOWN" SECARA SEPIHAK   DPRD KABUPATEN CIANJUR DORONG PEMDA TERAPKAN "LOCKDOWN" UNTUK CEGAH PENULARAN VIRUS KORONA   CEGAH PENULARAN KORONA, PEMPROV GORONTALO AKAN LARANG WNA MASUK DAN KELUAR MULAI 31 MARET 2020   MABES POLRI PERINTAHKAN JAJARANNYA MELAKUKAN PENYEMPROTAN DISINFEKTAN MASSAL UNTUK CEGAH VIRUS KORONA   PALANG MERAH INDONESIA MELAKUKAN PENYEMPROTAN DISINFEKTAN MASSAL DI 6.839 TITIK DI WILAYAH INDONESIA   OPERASIONAL TERMINAL 1 DAN 2 BANDARA SOEKARNO-HATTA DIBATASI SEMENTARA KARENA DAMPAK VIRUS KORONA   CEGAH PENYEBARAN KORONA, PEMKAB LEBAK MINTA KRL HINGGA BUS ANTARKOTA ANTARPROVINSI TAK BEROPERASI SEMENTARA   DINAS KESEHATAN SEBUT JUMLAH PASIEN POSITIF VIRUS KORONA DI KALIMANTAN TIMUR BERTAMBAH JADI 17 ORANG   PEMPROV SUMBAR TERAPKAN KEBIJAKAN PEMBATASAN SELEKTIF BAGI PERANTAU UNTUK CEGAH VIRUS KORONA   KAPOLDA METRO JAYA IMBAU WARGA TAK TINGGALKAN JAKARTA UNTUK MUDIK LEBIH AWAL KE KAMPUNG HALAMAN   CEGAH PENULARAN KORONA, MUI SARANKAN PEMERINTAH SEGERA REALOKASI ANGGARAN HINGGA "LOCKDOWN"   WALI KOTA JAKBAR RUSTAM EFFENDI: 39 ODP YANG DIISOLASI DI MASJID TAMAN SARI DIPINDAHKAN KE WISMA ATLET KEMAYORAN