Kompas TV video cerita indonesia

Ashraf Meninggal, Padahal Masih Muda dan Sering Olahraga, Kenapa Bisa Kena Serangan Jantung?

Kompas.tv - 18 Februari 2020, 16:45 WIB
Penulis : Desy Hartini

JAKARTA, KOMPAS.TV - Aktor asal Malaysia, Ashraf Sinclair, yang juga suami dari artis Bunga Citra Lestari dikabarkan meninggal dunia pagi ini, Selasa (18/2/2020).

Ashraf meninggal karena serangan jantung pada usia 40 tahun di RS MMC Kuningan, Jakarta. Dalam sebuah kesempatan wawancara, Ashraf mengaku sangat gemar berolahraga di pusat kebugaran.

Salah satu yang biasa dia lakukan adalah nge-gym. Lantas, kenapa orang yang masih muda dan suka berolahraga terkena serangan jantung?

Dilansir dari Kompas.com, sebuah riset yang terbit pada April 2019 mengungkapkan, tingkat serangan jantung untuk orang berusia di bawah 40 tahun semakin meningkat.

Baca Juga: Detik-detik Jenazah Ashraf Sinclair Diberangkatkan ke San Diego Hills

Selama beberapa dekade, usia lanjut ditetapkan sebagai salah satu faktor risiko terbesar seseorang terkena serangan jantung.

Biasanya, pria di atas 50 tahun dan wanita di atas 65 tahun paling rentan alami serangan jantung. Namun, sekarang umur tak bisa dijadikan patokan.

Menurut ahli jantung Luke Laffin, salah satu faktor risiko terbesar adalah meningkatnya penderita diabetes tipe 2 di kalangan orang muda.

Ada tiga faktor utama penyebab meningkatnya penderita diabetes tipe 2. Pertama, pola makan keliru dan konsumsi makanan olahan yang terlalu sering. Kedua, obesitas, ini termasuk skinny fat. Ketiga, gaya hidup pasif atau menurunnya aktivitas fisik.

#AshrafSinclair #BCLSinclair #BungaCitraLestari



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.