HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV klik360 cerita indonesia

Jangan Anggap Sepele Serangan Jantung, yang Muda Juga Berisiko

Selasa, 18 Februari 2020 | 16:35 WIB

JAKARTA, KOMPASTV - Pada Selasa (18/02/2020) Bunga Citra Lestari beserta keluarga besar berduka atas meninggalnya Ashraf Sinclair. Ia terkena serangan jantung

Serangan jantung bisa terjadi pada siapa saja dan terjadi pada rentan usia muda, tua hingga lansia.

Baca Juga: Bukan Hanya Ashraf Sinclair, 5 Artis Ini juga Meninggal karena Serangan Jantung

Namun kebanyakan fenomena serangan jantung disepelehkan anak-anak muda karena merasa tubuhnya baik-baik saja, atau rajin berolahraga. 

Kalangan artis tanah air Indonesia juga tak sedikit yang meninggal karena serangan jantung.

Tak hanya Ashraf, beberapa deretan artis ibu kota juga ada yang meninggal karena serangan jantung, seperti Adjie Massaid, Cecep Reza, Mike Mohede hingga pelawak Jojon.

Menurut dokter spesialis jantung dan pembuluh darah, Aryo Soeryo Kuncoro dari RS Harapan Kita mengatakan, tanda-tanda umum serangan jantung meliputi, nyeri dada, sesak nafas, dada terasa berat hingga nafas pendek.

Namun ada juga kemungkinan gejala lain, seperti keringat dingin hingga tubuh kehilangan kendali seperti ingin pingsan.

Fakta mengejutkan dari serangan jantung ialah, serangan ini sama sekali tak mengenal usia. Aryo menjelaskan gangguan irama jantung yang tak normal pun dapat langsung menyebabkan mati secara mendadak. Untuk itu kelompok usia orang terancam serangan jantung semakin melebar.

Baca Juga: Suami BCL, Ashraf Sinclair Meninggal Karena Jantung

Berdasarkan riset dari RS Harapan Kita, mencatat mereka yang tergolong usia muda dibawah 45 tahun = 10% cenderung terancam serangan jantung.

Namun bagaimana dengan mereka yang jelas menjaga hidup, dengan berolahraga, dan makan-makanan sehat.

Menurut Aryo komposisi aktivitas seseorang yang gemar berolahraga juga perlu diseimbangkan dengan makanan serta nutrisi yang baik.

Karena ternyata ada jenis serangan jantung yang tak terhubung dengan penumpukan lemak.

Kemudian Kelainan di otot jantung juga bisa menyebabkan serangan jantung.

Namun bukan berarti tak menjaga kesehatan diri. Olahraga tetap diperlukan dan nutrisi makanan yang sehat. 

Baca Juga: Apa itu CrossFit, Olahraga yang Digemari Ashraf Sinclair

Untuk pihak keluarga yang anggota keluarganya mengalami serangan jantung diminta untuk tetap tenang, dan segera menuju pada puskesmas terdekat, atau klinik yang bisa dijangkau untuk mendapatkan pertolongan pertama.

Penulis : Yuilyana



BERITA LAINNYA

Ngopi

Jaga Jarak, Jaga Diri - NGOPI (Bag2)

Rabu, 1 April 2020 | 18:05 WIB
Ngopi

Jaga Jarak, Jaga Diri - NGOPI (Bag4)

Rabu, 1 April 2020 | 18:05 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
18:37
ADA 1.677 KASUS POSITIF KORONA DI INDONESIA, 103 DI ANTARANYA TELAH DINYATAKAN SEMBUH   WHITE HORSE GROUP BEKERJA SAMA DENGAN KEMENPAREKRAF SIAPKAN 6 BUS ANTAR-JEMPUT TENAGA MEDIS VIRUS KORONA   PRESIDEN JOKOWI MINTA KEPALA DAERAH SATU VISI DALAM MENANGANI PANDEMI VIRUS KORONA   PRESIDEN JOKOWI PASTIKAN FASILITAS ISOLASI DI PULAU GALANG, BATAM, BEROPERASI PADA 6 APRIL 2020   WAKIL BUPATI LUWU TIMUR, SULSEL, IRWAN BACHRI SYAM SUMBANGKAN SELURUH GAJINYA UNTUK TANGGULANGI KORONA   OJK INGATKAN KEPADA INDUSTRI KEUANGAN TIDAK MENGAMBIL KEUNTUNGAN ATAS KONDISI YANG TERJADI AKIBAT KORONA   MENKEU SRI MULYANI SUNTIK DANA RP 3 TRILIUN KE BPJS KESEHATAN UNTUK BISA SEGERA BAYAR TAGIHAN RS   KEMENTERIAN ESDM: PELANGGAN LISTRIK PRABAYAR GOLONGAN 450 VA & 900 VA AKAN DAPAT TOKEN GRATIS SELAMA 3 BULAN KE DEPAN   DITLANTAS POLDA METRO JAYA UNDUR WAKTU PENYERAHAN BARANG BUKTI TILANG KE KEJARI DKI AKIBAT ADA PANDEMI KORONA   PEMKAB KEPULAUAN SERIBU SEDIAKAN "RAPID TEST" KORONA DI PUSKESMAS DAN RSUD DI PULAU PRAMUKA   PEMKAB KEPULAUAN SERIBU SIAPKAN DUA PULAU SEBAGAI TEMPAT ISOLASI PASIEN KORONA   DOKTER SPESIALIS PARU ERLINA BURHAN INGATKAN MASYARAKAT TIDAK "PANIC BUYING" BELI MASKER DI TENGAH PANDEMI KORONA   MENSOS JULIARI BATUBARA: PROGRAM BANTUAN SOSIAL SELAMA PANDEMI KORONA SEGERA DISALURKAN   PRESIDEN JOKOWI DIGUGAT OLEH KELOMPOK PEDAGANG ECERAN KARENA DIANGGAP LALAI ANTISIPASI PANDEMI VIRUS KORONA