Kompas TV nasional berita kompas tv

Ramai #JokowiTakutKediri, Presiden Takut Dilengserkan seperti Gus Dur?

Kompas.tv - 16 Februari 2020, 18:16 WIB
ramai-jokowitakutkediri-presiden-takut-dilengserkan-seperti-gus-dur
Joko Widodo (Jokowi) saat dilantik menjadi Presiden pada periode kedua masa pemerintahannya (23/10/2019) (Sumber: KOMPAS.COM/ GARRY LOTULUNG)
Penulis : Fadhilah

 

KOMPAS.TV - Tagar #JokowiTakutKediri ramai di lini masa Twitter. Para netizen banyak yang menganggap bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) takut bertandang ke Kediri, Jawa Timur (Jatim).

Cuitan soal #JokowiTakutKediri hinga Minggu (16/2/2020) sore pukul 18.01 sudah mencapai 7.000 lebih. Tak sedikit pula warganet yang tak mengerti maksud tagar tersebut.

Dari penelusuran Kompas.tv, rupanya tagar tersebut muncul dari pernyataan Sekretaris Kabinet Pramono Anung saat berkunjung di Ponpes Hidayatul Mubtadien Lirboyo Kediri, Sabtu (15/2/2020).

Di depan para kiai di sana, Pramono megakui bahwa dirinya melarang Presiden Jokowi berkunjung ke Kediri.

Bukan tanpa alasan, Pramono masih menganggap Kediri merupakan daerah yang sangat kramat. Hal itu pun pernah menimpa presiden Abdurahman Wahid (Gus Dur).

Pramono menjelaskan, Kediri merupakan wilayah yang wingit atau angker untuk didatangi presiden. Ia mengenang saat dahulu Gus Dur berkunjung ke Kediri.

Setelah pulang dari sana, di Jakarta terjadi pelengseran Gus Dur dari kursi presiden.

Baca Juga: Mitos Jokowi Lengser Bila Kunjungi Kediri, Kiai Lirboyo Ungkap Penangkalnya

“Saya masih ingat karena percaya atau tidak percaya, Gus Dur setelah berkunjung ke Lirboyo tidak begitu lama gonjang-ganjing di Jakarta. Kalau Pak Wapres tidak apa-apa,” kata Pramono.

Karenanya, dia enggan hal serupa terulang kepada Presiden Jokowi. Namun begitu, selain Presiden Jokowi, Pramono mempersilakan para pembantu di Kabinet Jokwowi untuk berkunjung ke Kediri.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x