Kompas TV regional berita daerah

Menkumham Tinjau Rutan Kabanjahe Pascarusuh

Kompas.tv - 16 Februari 2020, 14:30 WIB
Penulis : Edika ipelona

KABANJAHE, KOMPASTV - Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly hari ini (16/2) mengunjungi Rumah Tahanan Kelas Dua B Kabanjahe, Sumatera Utara.
Yasonna memantau kondisi terkini rutan pasca bentrokan yang diwarnai pembakaran.

Begitu tiba di rutan, Yasonna langsung mengecek kondisi di dalam rutan. Kunjungan sekaligus untuk memastikan percepatan kesiapan rutan Kabanjahe agar dapat kembali beroperasi.\
Selain ke rutan, Menkumham juga mendatangi Mapolres Karo untuk melihat kondisi sejumlah tahanan pasca kerusuha.

Dampak kerusuhan pada 12 Februari, lebih dari seratus 90 napi dipindah ke empat lapas lain di Sumatera Utara. 
Sementara 20 orang yang diduga jadi pemicu kerusuhan masih diperiksa di Polres Karo.

Sebelumnya, pascakerusuhan dan pembakaran Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II-B Kabanjahe Kabupaten Karo Sumatera Utara, 410 orang warga binaan dipindahkan. Pemindahan dibagi menjadi dua tahapan.

Ratusan tahanan dipindahkan dan dititipkan kesejumlah rutan dan tahanan terdekat dan Mapolres Karo. Pemindahan dilakukan dua tahap, bagi narapidana yang statusnya sudah inkrah atau telah diputus, maka akan dipindahkan ke rutan terdekat,  sedangkan warga binaan yang masih dalam proses sidang akan dititipkan di Mapolres Tanah Karo.

Akibat peristiwa kerusuhan rutan ini kerusakan  diperkirakan lebih dari 50 persen, peristiwa ini dipicu karena hukuman disiplin yang diberikan pada warga binaan yang terjaring membawa narkoba. Namun hukuman disiplin ini mendapat perlawanan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.