Kompas TV feature hobi

Sudah Tahu Belum? Ini Dia 3 Mantra Terlarang Harry Potter

Kompas.tv - 16 Februari 2020, 12:28 WIB
sudah-tahu-belum-ini-dia-3-mantra-terlarang-harry-potter
Daniel Radcliffe berperan sebagai Harry Potter dalam film-film Harry Potter. (Sumber: Dok nme.com/alamy)
Penulis : Edika ipelona

Wingardium Leviosa!

Salah satu mantra yang cukup populer dalam serial buku maupun film Harry Potter. Mantra ini digunakan untuk membuat sebuah objek melayang di udara. Mantra ini populer apalagi saat diucapkan oleh salah satu tokoh paling spesial di Harry Potter, Hermione Granger.

Selain mantra "melayang" ini, jelas ada ratusan mantra lainnya, namun, ada 3 mantra yang paling berbahaya dan tidak boleh digunakan sembarangan oleh kaum penyihir. Apa saja itu?

1. Avada Kedavra

Avada Kedavra di adaptasi dari mantra populer, Abracadabra yang berarti "Saya buat seperti yang saya katakan" (Bahasa Ibrani). Dalam serial Harry Potter, mantra Avada Kedavra ini sangat mematikan. Dapat membunuh seketika. Mantra ini pernah digunakan oleh musuh bebuyutan Harry, Tom Marvolo Riddle atau Lord Voldemort untuk membunuh Lily dan James Potter, orangtua Harry Potter. Hanya satu orang yang pernah selamat dari mantra ini, yaitu Harry Potter sendiri.

2. Crucio

Dalam pelajaran "Defends Against The Dark Arts" (Pertahanan Melawan Ilmu Sihir HItam), kutukan crusiatus pernah dipraktikkan oleh Alastor Moody di Harry Potter and the Goblet of Fire (Seri ke-4). Sihir ini tidak membunuh targetnya, namun merasakan kesakitan yang luar biasa. Harry juga pernah melontarkan sihir ini kepada Bellatrix Lestrange di Seri ke-5, Harry Potter and the Order of the Phoenix, saat Harry mengetahui bahwa Bellatrix membunuh bapak baptis Harry, Sirius Black.

3. Imperio

Imperio bisa dikatakan mantra terkutuk paling "lembut". Kenapa? karena mantra ini tidak menyakiti fisik seseorang yang menjadi target, namun menghipnotis. Targetnya akan melakukan apapun yang diperitahkan oleh si pemantra. Saat terkena sihir ini, targetnya akan berada di alam mimpi dan berada di bawah kontrol penuh si pemantera. Sihir imperio pernah terlihat saat  Barty Crouch Jr, menyamar sebagai Alastor Moody, menyuruh Neville Longbottom melakukan berbagai kegiatan di bawah pengaruh imperio. Hal ini juga terlihat bahwa kutukan bekerja pada hewan, karena ia juga melemparkan Kutukan Imperius pada laba-laba selama kelas. Harry juga pernah menggunakan kutukan imperio saat mencoba masuk ke Bank Gringgots dan memantrai seorang goblin.

Namun yang pasti, semua mantra ini tidak akan dapat dilancarkan apabila si pemantera tidak memiliki keinginan atau rasa benci yang kuat.

Jadi, apa mantra favoritmu?

NOX!



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x