HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV nasional kompas pagi

BATAN Pastikan Paparan Radioaktif di Tangsel Tak Berbahaya

Minggu, 16 Februari 2020 | 10:10 WIB

TANGERANG, KOMPAS.TV - Lokasi penemuan radioaktif di Perumahan Batan Indah, Serpong, Tangerang Selatan, masih diberi garis polisi.

Sejak ditemukannya radioaktif di Perumahan Batan Indah, petugas kepolisian memasang garis polisi.

Meski tidak ada penjagaan khusus, warga dilarang mendekati lokasi. 

Baca Juga: Ada Paparan Radioaktif di Batan Indah Tangsel

Hanya polisi dan petugas Badan Tenaga Nuklir Nasional atau Batan dan Badan Pengawas Tenaga Nuklir atau Bapeten yang boleh memasuki lokasi.

Warga yang hendak masuk ke dalam perumahan harus memutar karena jalan dialihkan.

Tim Badan Tenaga Nuklir Nasional, Batan, mengambil sisa limbah radioaktif untuk diteliti. 

Batan memastikan tidak ada dampak bahaya radiasi bagi warga sekitar karena skalanya kecil. 

Namun, penelitian masih terus dilakukan bersama Badan Pengawas Tenaga Nuklir, Bapeten. Termasuk mencari tahu asal limbah radioaktif yang ditemukan di lokasi.

Area di perumahan Batan Indah, Kecamatan Setu, Tangerang Selatan, diduga terpapar radioaktif. 

Baca Juga: Radioaktif di Tangerang Selatan Berupa Zat Cesium 137, Seperti Apa?

Tim dari Badan Pengawas Tenaga Nuklir, Bapeten telah mengambil tindakan untuk menangani persoalan ini.

Garis kuning yang dipasang badan pengawas tenaga nuklir, Bapeten masih terlihat di salah satu lahan di kawasan perumahan Batan Indah.  

Lokasi ini merupakan kawasan yang terpapar radioaktif yang diduga zat cesium 137, dan terus berada dalam pengawasan bapeten. 

Warga perumahan sekitar lokasi yang terkena radiasi berkegiatan seperti biasa. 

Warga mengaku tidak khawatir soal kondisi radiasi, setelah mendapat penjelasan dari Bapeten.
 

Penulis : Merlion Gusti



BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
21:27
PEDULI MEREKA YANG KEHILANGAN PENGHASILAN DI TENGAH PANDEMI KORONA, DENGAN DONASI KE BIT.LY/KONSERAMALDARIRUMAH   KOMPAS TV BERSAMA DIDI KEMPOT DAN SOBAT AMBYAR MENGGELAR KONSER AMAL DARI RUMAH, SABTU, 11 APRIL 2020 PUKUL 19.00 WIB   BACA EPAPER KOMPAS GRATIS DARI RUMAH. GUNAKAN KODE KOMPASWFH. AKSES: KLIK.KOMPAS.ID/EPAPERKOMPAS   KEMENKOP & UKM AJAK PELAKU KOPERASI DAN UMKM MEMPRODUKSI MASKER KAIN DI TENGAH PANDEMI KORONA   PEMKOT TANGSEL SIAPKAN RP 100 MILIAR UNTUK PENANGANAN KORONA   WALI KOTA DEPOK SEBUT BERKAS USULAN PSBB UNTUK WILAYAHNYA SUDAH LENGKAP   WALI KOTA DEPOK M IDRIS USULKAN PSBB DI BODEBEK AGAR PEMBATASAN ANGKUTAN UMUM TERINTEGRASI   BLUE BIRD BATASI KAPASITAS PENUMPANG HANYA 50% SAAT PSBB DIBERLAKUKAN DI JAKARTA   GRAB INDONESIA MINTA LAYANAN TRANSPORTASI RODA 2 TETAP DIPERBOLEHKAN ANGKUT PENUMPANG SAAT PSBB DI JAKARTA   OPERASIONAL KERETA BANDARA SOEKARNO-HATTA DAN KUALANAMU DIHENTIKAN SEMENTARA MULAI 12 APRIL-31 MEI 2020   RUAS TOL JORR SEKSI S, JAKARTA, DISEMPROT DISINFEKTAN UNTUK CEGAH PENYEBARAN KORONA   KEMENTERIAN PPPA BELUM MEMILIKI DATA JUMLAH ANAK-ANAK YANG TERPAPAR VIRUS KORONA   PEMERINTAH MENGGESER CUTI BERSAMA HARI RAYA IDUL FITRI DARI MEI 2020 KE DESEMBER 2020 AKIBAT PANDEMI KORONA   PEMERINTAH TELAH MENGANGGARKAN RP 405,1 TRILIUN UNTUK PENANGANAN KORONA