HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV regional berita daerah

Semeru Memuntahkan Banjir Lahar Hujan, Truk Nyaris Terseret Lahar

Minggu, 16 Februari 2020 | 08:40 WIB

LUMAJANG, KOMPAS.TV - Hujan deras yang mengguyur kawasan lereng Gunung Semeru, membuat gunung tertinggi di pulau Jawa itu, memuntahkan banjir lahar hujan. 

Akibatnya, sebuah truk pasir nyaris terseret lahar.

Karena tidak menghiraukan imbauan warga sekitar, truk yang sedang mengisi pasir di sungai Besuk Sat, Desa Pasurjambe nyaris terseret lahar hujan.

Baca Juga: 12 Jenazah Korban Heli MI-17 Ditemukan 

Sang sopir mengaku tidak menyangka banjir lahar Semeru begitu cepat datang.

Beruntung, truk selamat karena muatannya cukup berat sehingga tidak sempat terguling. 

Sementara itu, aktivitas penambang pasir juga terhenti.  

Warga yang beraktivitas di bantaran sungai dengan hulu puncak Semeru, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, diminta mewaspadai lahar hujan. 

Selain Semeru yang tengah erupsi, cuaca ekstrem berpotensi memicu timbulnya lahar hujan di lereng gunung tertinggi di Pulau Jawa itu.

Petugas kepolisian sudah memasang papan imbauan dilokasi  agar warga dan kendaraan tidak melintas.     
 

Penulis : Merlion Gusti



BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
20:37
PEDULI MEREKA YANG KEHILANGAN PENGHASILAN DI TENGAH PANDEMI KORONA, DENGAN DONASI KE BIT.LY/KONSERAMALDARIRUMAH   KOMPAS TV BERSAMA DIDI KEMPOT DAN SOBAT AMBYAR MENGGELAR KONSER AMAL DARI RUMAH, SABTU, 11 APRIL 2020 PUKUL 19.00 WIB   BACA EPAPER KOMPAS GRATIS DARI RUMAH. GUNAKAN KODE KOMPASWFH. AKSES: KLIK.KOMPAS.ID/EPAPERKOMPAS   BRUNEI DARUSSALAM SEBUT SUDAH 4 HARI TIDAK ADA KASUS BARU VIRUS KORONA DI NEGARANYA   DUA ORANG DI AS DIJERAT DENGAN PASAL TERORISME SETELAH MEREKA MENGKLAIM DENGAN SENGAJA MENYEBARKAN KORONA   PERHIMPUNAN HOTEL & RESTORAN INDONESIA (PHRI): 1.266 HOTEL DI SELURUH INDONESIA DITUTUP SEMENTARA KARENA KORONA   TRANSJAKARTA TERAPKAN PEMBATASAN JUMLAH PENUMPANG SAAT PSBB BESOK DIBERLAKUKAN   13 KORIDOR UTAMA TRANSJAKARTA TETAP BEROPERASI SAAT PSBB BESOK DIBERLAKUKAN   SEBANYAK 4,2 JUTA WARGA DI JABODETABEK AKAN MENDAPAT BANSOS SEMBAKO DARI PEMERINTAH   PEMERINTAH ANGGARKAN RP 360 MILIAR UNTUK INSENTIF BAGI SOPIR TAKSI, BUS, TRUK, DAN KERNET   PRESIDEN JOKOWI: SOPIR TAKSI, BUS, TRUK, DAN KERNET AKAN DAPAT INSENTIF RP 600.000 PER BULAN SELAMA 3 BULAN   KOMNAS HAM MINTA PEMERINTAH PASTIKAN NARAPIDANA KORUPSI JAGA JARAK DI TENGAH PANDEMI KORONA   PEMERINTAH: LEBIH DARI 18.000 ORANG MENDAFTAR SEBAGAI RELAWAN PENANGGULANGAN KORONA   PEMERINTAH: SAAT INI ADA LEBIH DARI 35.000 DOKTER YANG MENANGANI PASIEN KORONA DI INDONESIA