HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV TALKSHOW polling

POLLING #8: Merlyn Sopjan, Mentor Lucinta Luna Bersuara untuk Transgender

Minggu, 16 Februari 2020 | 17:14 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menjadi seorang transgender (waria) bukanlah rencana hidupnya. Merlyn Sopjan bercerita tentang kisahnya berjuang mencari jati diri, hingga akhirnya bisa berprestasi tanpa harus mempermasalahkan gendernya.

Jauh sebelum menjadi aktivis seperti sekarang, Merlyn juga merasakan beratnya pergulatan hati.

Baca Juga: POLLING #11: Passion Vs Cari Uang, Mana Duluan? Youtuber Motivator Ini Punya Tipsnya!

Hingga saat dirinya berusia 17 tahun, Merlyn sempat berpikir untuk mengakhiri hidupnya, karena sempat merasa apa yang ia rasakan di dalam dirinya adalah sebuah kesalahan.

Bernama asli Ario Pamungkas, Merlyn kini tengah berjuang untuk membantu teman-teman waria lain untuk bisa mendapatkan hidup layak seperti yang ia rasakan.

Ia saat ini bisa bekerja di Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia dan kerap bekerja sama dengan pemerintah untuk memfasilitasi kaum-kaum marjinal.

Kepada Kompas.tv, Merlyn juga menyuarakan kegelisahan hatinya atas kasus yang menimpa aktris Lucinta Luna.

Selain pernah menjadi mentornya di sebuah acara reality show, Merlyn merasa keberatan jika masyarakat harus memperdebatkan masalah gender Lucinta Luna hingga menjadikannya lelucon.

Baca Juga: POLLING #9: Grup Country AS Farewell Angelina Tur Indonesia, Nyanyikan Lagu Lagi Syantik

Penulis : Laura Elvina



BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
19:26
ADA 1.677 KASUS POSITIF KORONA DI INDONESIA, 103 DI ANTARANYA TELAH DINYATAKAN SEMBUH   BACA E-PAPER KOMPAS GRATIS DARI RUMAH. GUNAKAN KODE KOMPASWFH, AKSES: KLIK.KOMPAS.ID/EPAPERKOMPAS   PRESIDEN JOKOWI MINTA KEPALA DAERAH SATU VISI DALAM MENANGANI PANDEMI VIRUS KORONA   PRESIDEN JOKOWI PASTIKAN FASILITAS ISOLASI DI PULAU GALANG, BATAM, BEROPERASI PADA 6 APRIL 2020   WAKIL BUPATI LUWU TIMUR, SULSEL, IRWAN BACHRI SYAM SUMBANGKAN SELURUH GAJINYA UNTUK TANGGULANGI KORONA   OJK INGATKAN KEPADA INDUSTRI KEUANGAN TIDAK MENGAMBIL KEUNTUNGAN ATAS KONDISI YANG TERJADI AKIBAT KORONA   MENKEU SRI MULYANI SUNTIK DANA RP 3 TRILIUN KE BPJS KESEHATAN UNTUK BISA SEGERA BAYAR TAGIHAN RS   KEMENTERIAN ESDM: PELANGGAN LISTRIK PRABAYAR GOLONGAN 450 VA & 900 VA AKAN DAPAT TOKEN GRATIS SELAMA 3 BULAN KE DEPAN   DITLANTAS POLDA METRO JAYA UNDUR WAKTU PENYERAHAN BARANG BUKTI TILANG KE KEJARI DKI AKIBAT ADA PANDEMI KORONA   PEMKAB KEPULAUAN SERIBU SEDIAKAN "RAPID TEST" KORONA DI PUSKESMAS DAN RSUD DI PULAU PRAMUKA   PEMKAB KEPULAUAN SERIBU SIAPKAN DUA PULAU SEBAGAI TEMPAT ISOLASI PASIEN KORONA   DOKTER SPESIALIS PARU ERLINA BURHAN INGATKAN MASYARAKAT TIDAK "PANIC BUYING" BELI MASKER DI TENGAH PANDEMI KORONA   MENSOS JULIARI BATUBARA: PROGRAM BANTUAN SOSIAL SELAMA PANDEMI KORONA SEGERA DISALURKAN   PRESIDEN JOKOWI DIGUGAT OLEH KELOMPOK PEDAGANG ECERAN KARENA DIANGGAP LALAI ANTISIPASI PANDEMI VIRUS KORONA