Kompas TV nasional berita kompas tv

TPNPB Klaim Curi Senjata TNI dari Jenazah Korban Kecelakaan Heli MI-17

Kompas.tv - 15 Februari 2020, 21:04 WIB
tpnpb-klaim-curi-senjata-tni-dari-jenazah-korban-kecelakaan-heli-mi-17
Foto yang diduga Helikopter MI-17 dengan nomor registrasi HA-5138. Heli milik TNI AD ini hilang kontak pada 28 Juni 2019 saat membawa logistik untuk prajurit di perbatasan RI-PNG/ (Sumber: KOMPAS.COM)
Penulis : Johannes Mangihot

JAYAPURA, KOMPASTV - Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) mengklaim telah menyita 11 pucuk senjata api TNI AD dari lokasi kecelakaan Helikopter MI-17 milik TNI yang jatuh di Pengunungan Mandala, Distrik, Oskop, Kabupaten pengunungan Bintang, Papua.

juru bicara TPNPB, Sebby Sambom menyatakan senjata tersebut disita pada Desember 2019. Mereka berhasil berhasil menemukan bangkai Heli MI-17 pada September 2019 atau tiga bulan setelah dinyatakan hilang kontak saat terbang dari bandara Oksibil, Pegunungan Bintang pada 28 Juni 2019.

Menurut Sebby, kekuatan alam telah membantu mereka untuk menjatuhkan Heli buatan Rusia itu. Tujuannya yakni merebut senjata parjurit TNI yang saat itu bertugas mengirim logistik untuk Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan Indonesia dan Papua Niugini di Pegunungan Bintang.

Baca Juga: 10 Senjata TNI AD Korban Heli M-17 Hilang, Diduga Diamanakan Masyarakat

"Itu telah menjadi target kami dan kekuatan alam telah membantu kami untuk menurunkannya. Senjata mereka adalah harta karun perjuangan kami," ujarnya dilansir dari Associated Press, Sabtu (15/2).

Adapun senjata yang dicuri oleh kelompok sayap militer Organisasi Papua Merdeka ini berupa senapan serbu, pistol, majalah, dan sejumlah besar amunisi. Mereka memfoto senjata di sebelah bendera gerakan kemerdekaan Papua Barat, Bintang Kejora.

Sebelumnya TNI berhasil mengevakuasi 12 jenasah korban jatuhnnya Heli MI-17 pada Sabtu (15/2/2020). Dalam proses evakuasi tersebut, tim tidak menemukan senjata yang bawa oleh prajurit yang bertugas dalam misi mengirim logistik di heli MI-17 dengan nomor registrasi HA-5138.

Adapun penumpang helikopter terdiri dari tujuh awak helikopter dan lima anggota Batalyon Infanteri 725/Waroagi.

Baca Juga: 8 Bulan Hilang, Helikopter TNI MI-17 Ditemukan di Pegunungan Papua

Tujuh awak itu meliputi Kapten CPN Aris, Letnan CPN Ahwar, Kapten CPN Bambang, Sersan Kepala Suriatnae, Prajurit Satu Asharulf, Prajurit Kepala Dwi Pur, dan Sersan Dua Dita Ilham. Personel Yonif 725 meliputi Sersan Dua Ikrar Setya Nainggolan, Pratu Yanuarius Loe, Pratu Risno, Prada Sujono Kaimuddine, dan Prada Tegar Hadi Sentana.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.