Kompas TV nasional berita kompas tv

WNI yang Selesai Observasi di Natuna Langsung Pulang ke Keluarga dan Kampung Halaman

Kompas.tv - 15 Februari 2020, 18:30 WIB
wni-yang-selesai-observasi-di-natuna-langsung-pulang-ke-keluarga-dan-kampung-halaman
Beberapa hari menjelang berakhirnya proses observasi dan karantina yang dilakukan di hanggar Lanud Raden Sadjad Ranai, Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau (Kepri) terhadap 238 WNI dari Wuhan, China dan 47 tim penjemput. 700 personil yang tergabung dalam misi kemanusiaan ini, yakni Komando Tugas Gabungan Terpadu Operasi Kemanusiaan Natuna (Kogasgabpad) dikunjungi Panglima TNI dan Kapolri, Kamis (13/2/2020) (Sumber: (KOMPAS.COM/HADI MAULANA))
Penulis : Johannes Mangihot

JAKARTA, KOMPASTV - WNI yang selesai menjalani observasi di Natuna akan kembali ke keluarga masing-masing.

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menyatakan para WNI tersebut sudah bisa kembali ke keluarga dan tidak ada lagi melakukan tes kesehatan di Bandara Halim Perdanakusuma.

Seperti yang dilakukan rombongan pertama. Saat tiba di Jakarta, mereka dijemput oleh keluarga dan ada juga perwakilan dari daerah tempat mereka tinggal yang menjemput. 

Baca Juga: Aman dari Corona, Kata Menkes Terawan WNI yang Selesai Diobservasi Bisa Nonton Java Jazz

"Mereka langsung (pulang ke keluarga), yang sudah dapet tiket langsung, (terakhir) jam 8 malam nanti ada yang dari Jawa Timur apa mana gitu," ujar Terawan di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu (15/2/2020).

Lebih lanjut Terawan menjelaskan, hal tersebut untuk memastikan bahwa kondisi para WNI yang selesai observasi dalam kondisi sehat atau tidak terpapar Virus Corona.

Setiap WNI yang menjalani observasi memiliki sertivikat kesehatan dari hasil pemantauan selama observasi. Sertivikat tersebut juga diakuioleh organisasi kesehatan dunia (WHO) yang ikut memantau observasi para WNI tersebut.

"Semua berbahagia sangat mengharukan karena mereka semua sangat berbahagia mau bertemu keluarganaya bertemu saudaranya di kampung dalam kondisi yang sangat sehat," ujar Terawan.

Baca Juga: Seorang Jurnalis Warga asal Wuhan, Menghilang setelah Menceritakan Kondisi Terkini Virus Corona

238 WNI dari Wuhan, China, yang selesai menjalani observasi di Natuna, Riau tiba di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu (15/2/2020). 

Setelah menjalani observasi selama 14 hari mereka kembali ke keluarga dan masyarakat. Para WNI tersebut dari Natuna dengan tiga pesawat, 2 pesawat jenis Boeing dan Herkules.

Pesawat pertama terbang pada pukul 13.15 WIB dan disusul dua pesawat lainnya.

Terawan bersama rombongan pertama tiba lebih dulu di Halim pada pukul 15.35. Para WNI tersebut dipusatkan di terminal selatan Halim Perdanakusuma.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x