HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV regional berita daerah

Gubernur Jabar Sentil Ridwan Saidi: Jangan Sembarangan Bikin Statement

Sabtu, 15 Februari 2020 | 14:17 WIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat ditemui di Gedung Sabuga, Bandung, Kamis (13/9/2018). (Sumber: KOMPAS.com/DENDI RAMDHANI)

JAWA BARAT, KOMPAS TV - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, angkat bicara terkait polemik keberadaan Kerajaan Galuh yang diungkapkan budayawan Betwai, Ridwan Saidi.

Menurut pria yang akrab disapa Kang Emil itu, tudingan Ridwan Saidi yang menyatakan tidak ada Kerajaan Galuh di Jawa Barat tidak berdasarkan pada fakta.

Alih-alih mencerahkan, kata Kang Emil, pernyataan Ridwan Saidi dalam akun YouTube Macan Idealis justru menimbulkan keresahan di tengah masyarakat Jawa Barat, khsusnya warga Kabupaten Ciamis.

Baca Juga: Budayawan Ciamis Minta Ridwan Saidi Minta Maaf Langsung

“Jangan sembarangan bikin statement. Kalau ada dasarnya, tidak usah menyakiti hati. Menurut syariat, bicaralah yang baik, kalau tidak diam,” kata Emil di Sumedang, Jawa Barat, seperti dikutip Kompas.com. pada Sabtu (15/2/2020).

Emil menuturkan, pernyataan Ridwan Saidi yang telah melukai hati masyarakat Tatar Galuh, Ciamis, harus menjadi contoh kepada warga lainnya. 

Ia berharap tidak terulang kembali ada pihak yang memberi pernyataan sembarangan tanpa didasari dengan fakta.

Penulis : Tito Dirhantoro




BERITA LAINNYA

Jelajah Indonesia

SABANG, KOTA SERIBU BENTENG

Selasa, 25 Februari 2020 | 15:07 WIB
Berita Daerah

Bola Panas Pelantikan Pejabat Bergulir

Selasa, 25 Februari 2020 | 14:57 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
15:34
TABEA! AUDISI SUCI IX DI KOTA AMBON 28 FEBRUARI 2020, CAFE KAYU MANIS JL. SAM RATULANGI NO. 125, PUKUL 10.00-19.00 WIB   SAMPURASUN! AUDISI SUCI IX HADIR DI BANDUNG 28 FEBRUARI 2020, ENDEUS SPACE JL HASANUDIN NO. 28, PUKUL 10.00-19.00 WIB   BMKG: WASPADA HUJAN LEBAT DISERTAI PETIR DAN ANGIN KENCANG DI SELURUH WILAYAH BENGKULU   MAL AEON JAKARTA GARDEN CITY DITUTUP SEMENTARA DAN DIJAGA PASCAUNJUK RASA OLEH SEJUMLAH MASSA   ASOSIASI PENGUSAHA TRUK INDONESIA: 20.000 TRUK PERUSAHAAN LOGISTIK DI JAKARTA BERHENTI BEROPERASI KARENA BANJIR   PETA LISTRIK JAKARTA (PELITA): PLN MELAKUKAN PEMADAMAN LISTRIK SEMENTARA DI 850 WILAYAH JAKARTA KARENA BANJIR   POLISI AKAN TINDAK TEGAS AKSI KRIMINAL YANG MANFAATKAN RUMAH KOSONG SAAT BANJIR   KEPALA BNPB DONI MONARDO SEBUT PENYEDOTAN AIR TANAH MENJADI SALAH SATU PEMICU BANJIR DI JAKARTA   "UNDERPASS" GUNUNG SAHARI, JAKARTA PUSAT, TERENDAM BANJIR, ARUS LALU LINTAS DIALIHKAN   DISHUB DKI JAKARTA: HARI INI PENERAPAN SISTEM GANJIL-GENAP DITIADAKAN AKIBAT BANJIR   DINAS SUMBER DAYA AIR DKI TERJUNKAN 170 POMPA "MOBILE" DI SELURUH WILAYAH JAKARTA UNTUK ATASI BANJIR   DINAS SUMBER DAYA AIR DKI: SEJUMLAH RUMAH POMPA AIR DI JAKARTA TAK BERFUNGSI AKIBAT TERENDAM BANJIR   SIMULASI UJIAN NASIONAL DI SMA NEGERI 6 BEKASI DIBATALKAN KARENA BANJIR   62 SEKOLAH DI KOTA BEKASI TERPAKSA DILIBURKAN AKIBAT BANJIR