HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV nasional kompas pagi

RUU Cipta Kerja Libatkan Semua Pihak

Sabtu, 15 Februari 2020 | 11:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ulas kompas pagi ini akan membahas terkait RUU Law Cipta Kerja dibahas terbuka. 

Untuk mengulasnya, kini telah hadir Wakil Redaktur Pelaksana Harian Kompas, Haryo Damardono.

Sementara itu, draf RUU Cipta Kerja tidak mencantumkan aturan cuti hamil-melahirkan, cuti haid, dan pemberian waktu untuk beribadah.

Adapun draf tersebut dibandingkan dengan UU Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan khusus pada poin yang membahas hak libur dan cuti mulai pasal 79 hingga pasal 84. 

Dalam UU Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, pemberian kesempatan dari pengusaha bagi pekerja/buruh untuk melaksanakan ibadah diatur pada pasal 80. 

Kemudian pasal 81 mengatur soal pekerja/buruh perempuan yang bisa memperoleh libur pada saat haid hari pertama.  

Pasal 82 mengatur mekanisme cuti hamil-melahirkan bagi pekerja/buruh perempuan. 

Di dalamnya juga termasuk cuti untuk istirahat bagi buruh yang mengalami keguguran. 

Lalu, pasal 83 mengatur kesempatan bagi pekerja/buruh yang anaknya masih menyusu untuk menyusui anaknya selama waktu kerja. 

Kemudian pasal 84 mengatur bahwa setiap pekerja/buruh yang menggunakan hak istirahat mingguan, cuti tahunan, cuti panjang, melaksanakan ibadah serta cuti hamil-melahirkan berhak mendapat upah penuh. 

Sementara itu, pada draf RUU Cipta Kerja tidak menjelaskan ketentuan-ketentuan dalam lima pasal di atas. 

Draf RUU tersebut tidak mencantumkan pembahasan, perubahan atau status penghapusan dari empat pasal itu, sebagaimana terjadi untuk pasal-pasal lain di seluruh bagian draf. 

Dalam draf RUU Cipta Kerja, poin hak libur dan cuti hanya dibahas pada perubahan atas pasal 79 UU Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.


 

Penulis : Merlion Gusti



BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
21:04
TABEA! AUDISI SUCI IX DI KOTA AMBON 28 FEBRUARI 2020, CAFE KAYU MANIS JL. SAM RATULANGI NO. 125, PUKUL 10.00-19.00 WIB   SAMPURASUN! AUDISI SUCI IX HADIR DI BANDUNG 28 FEBRUARI 2020, ENDEUS SPACE JL HASANUDIN NO. 28, PUKUL 10.00-19.00 WIB   BAHAS SOLUSI BANJIR, PEMPROV JAWA BARAT PANGGIL BUPATI HINGGA WALI KOTA YANG WILAYAHNYA TERDAMPAK    MENKES SEBUT ARAB SAUDI SEMESTINYA MELAKUKAN NEGOSIASI SEBELUM MENGHENTIKAN SEMENTARA VISA UMRAH    MENLU NILAI KEPUTUSAN PEMERINTAH ARAB SAUDI MENGHENTIKAN SEMENTARA VISA UMRAH BAGI WNI TAK RELEVAN   MENLU MINTA WNI YANG SUDAH DALAM PERJALANAN & BERADA DI ARAB SAUDI DAPAT MELAKSANAKAN IBADAH UMRAH   MENHUB MENYATAKAN PENERBANGAN KE ARAB SAUDI DIHENTIKAN SEMENTARA MULAI BESOK    TERKAIT WABAH VIRUS KORONA, KEMENTAN AKAN ALIHKAN IMPOR BAWANG PUTIH DARI TIONGKOK KE INDIA    JAKSA KPK SOROTI KENAIKAN JUMLAH PENGAJUAN DANA HIBAH KONI KE KEMENPORA DARI RP 16 MILIAR JADI RP 27 MILIAR   KETUA DPRD DKI JAKARTA MEMINTA TIAP FRAKSI MENGIRIMKAN ANGGOTANYA UNTUK JADI ANGGOTA PANSUS BANJIR   KETUA DPRD DKI JAKARTA PRASETYO EDI MARSUDI TELAH MENYETUJUI PEMBENTUKAN PANSUS BANJIR    KPU PERTIMBANGKAN MODEL PEMILU YANG PALING IDEAL BERDASARKAN PUTUSAN MK   WAKIL KETUA DPR SUFMI DASCO AHMAD: DAMPAK NEGATIF PEMILU 2019 MESTINYA JADI PEMBELAJARAN DI MASA MENDATANG    PERLUDEM MEMINTA DPR & PEMERINTAH HARUS CERMAT DALAM MENENTUKAN MODEL PEMILU SERENTAK