Kompas TV internasional kompas dunia

Bangunan Kondominium Taman Desa Malaysia Ambruk, Pekerja Terperangkap di Reruntuhan

Kompas.tv - 15 Februari 2020, 00:21 WIB
bangunan-kondominium-taman-desa-malaysia-ambruk-pekerja-terperangkap-di-reruntuhan
Bangunan proyek kondominium di kawasan perumahan Taman Desa, Kuala Lumpur, Malaysia ambruk pada pukul 15.30 waktu setempat, Jumat (14/2/2020). (Sumber: Twiitter BERNAMA)
Penulis : Johannes Mangihot

MALAYSIA, KOMPASTV - Sebagian bangunan proyek kondominium di kawasan perumahan Taman Desa, Kuala Lumpur, Malaysia ambruk pada pukul 15.30 waktu setempat, Jumat (14/2/2020).

Kepolisian dan petugas pemadam kebakaran dan penyelamat dikerahkan untuk mengevakuasi korban runtuhan. Diduga ada empat pekerja yang yang mejadi korban runtuhan bangunan dengan terget 38 lantai itu.

Sejauh ini ada dua pekerja konstruksi asal Banglades yang diselamatkan. Dikutip dari Bernama.com, korban pertama berusia 30 tahun, ditemukan di antara puing-puing lantai satu bangunan. Korban berhasil dievakuasi pada pukul 17.15 waktu setempat. 

Baca Juga: Malaysia Sudah Terjangkit, PLBN di Kalimantan Ikut Waspada Penyebaran Virus Corona

Sementara korban kedua berumur 26 tahun diselamatkan dari puing reruntuhan pada pukul 21.30 waktu setempat. Keduanya diyakini sedang bekerja saat bangunan enam lantai itu runtuh.

Menteri Perumahan dan Pemerintah Daerah Malaysia, Zuraida Kamaruddin menjelaskan kedua korban kesulitan bernafas ketika terjebak selama beberapa jam di bawah reruntuhan. 

Untungnya kesigapan pemadam kebakaran dan penyelamat membuat nyawa korban terselamatkan.

"Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam operasi penyelamatan hari ini," kata Zuraida kepada wartawan di tempat kejadian, Jumat (14/2/2020).

Baca Juga: Taman Desa Sukaratu, Magnet Wisata Baru di Banten

Zuraida menambahkan pihaknya telah meminta agar proyek dihentikan sementara untuk proses penyelidikan penyebab runtuhnya bangunan yang dilakukan Departemen Keselamatan dan kesehatan Kerja Malaysia.

Menurutnya hasil penyelidikan penyebab rutuhnya bangunan tersebut bisa diketahui dalam satu bulan ke depan.

"Saya juga akan berkoordinasi dengan Menteri Wilayah Federal (Khalid Abdul Samad) untuk mengetahui apakah pembangunan kondominium sedang dilakukan melalui proses yang benar dan sesuai dengan spesifikasi," ujarnya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.