Kompas TV nasional sapa indonesia

Sedang Marak Kasus Bullying, Lantas Bagaimana Cara Pencegahannya?

Jumat, 14 Februari 2020 | 22:11 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Terkait kasus bullying siswi SMP di Purworejo, Komisioner KPAI Bidang Pendidikan Retno Listyarti menyebutkan jika kasus cyber bully di tahun 2016-2020 yang melapor ke KPAI mengalami peningkatan.

Hal ini harus menjadi perhatian khusus mengingat peningkatan kasus bullying yang tinggi, yakni sekitar 41%.

Ada 2 faktor yang membuat pelaku bullying berani melakukan aksinya.

Pertama, anak-anak saat ini idup dalam era digital dimana mereka menjadi semakin rentan dipengaruhi oleh penyebaran informasi terkait ujaran kebencian, makian, begitupun bullying

Kedua ialah adanya pola pengasuhan dari pihak keluarga yang kurang optimal.

Terkait pencegahan kasus bullying, Retno menyarankan agar melibatkan sejumlah tim dan stakeholders termasuk adanya satuan tugas dan melakukan tutor sebaya.

Mewakili KPAI, Retno berharap agar pelatihan guru tidak hanya soal kurikulum saja, namun juga mengenai pemahaman kondisi psikologis murid-muridnya.

Selain itu, Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Hetifah Syaifudian menyebutkan jika kondisi kekerasan di sekolah saat ini merupakan kasus yang serius dan benar-benar harus diperhatikan. Tidak hanya menanggulangi saja, namun juga harus dilakukan pencegahan. Banyak juga murid-murid yang tidak berani atau enggan untuk melapor jika adanya tindak-tanduk bullying.  

Editor : Anjani Nur Permatasari



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
06:14
KPU MAKASSAR BATASI SUMBANGAN DANA KAMPANYE BAGI PASLON MAKSIMAL RP 95,6 MILIAR   PANGLIMA TNI MARSEKAL HADI TJAHJANTO PASTIKAN NETRALITAS TNI DALAM PILKADA 2020   LPSK SIAP BERIKAN PERLINDUNGAN KEPADA SAKSI KASUS PENEMBAKAN PENDETA DI PAPUA    POLRES EMPAT LAWANG, SUMSEL, GAGALKAN PENYELUNDUPAN 748 KILOGRAM GANJA KERING ASAL ACEH   KEMDIKBUD MINTA PESERTA DAN TENAGA PENDIDIK LAPOR PADA SEKOLAH JIKA BELUM DAPATKAN KUOTA INTERNET    GUBERNUR JATENG GANJAR PRANOWO SEBUT SUDAH TAK ADA ZONA MERAH COVID-19 DI JAWA TENGAH   CEGAH PENULARAN COVID-19 DI KALANGAN LANSIA, PEMKOT SURABAYA BERI ALAT PENGUKUR KADAR OKSIGEN DAN VITAMIN KE LANSIA   WAPRES MA'RUF AMIN: PEMUKA AGAMA BERPERAN PENTING CEGAH PENULARAN COVID-19   KETUA BAWASLU SEBUT PILKADA DI TENGAH PANDEMI KORONA TIDAK MUDAH   KASUS COVID-19 MELONJAK, PEMKAB LEBAK BERENCANA TERAPKAN PSBB MULAI 1-20 OKTOBER 2020   PEMPROV BANGKA BELITUNG TERBITKAN KEBIJAKAN LARANGAN ISOLASI MANDIRI PASIEN COVID-19 CEGAH KLASTER KELUARGA   KEPALA SATPOL PP JAKARTA PUSAT SEBUT PELANGGAN MASKER DI JAKPUS MENURUN PADA MINGGU KEDUA PSBB   KETUA KOMITE PENANGANAN COVID-19: TINGKAT KETERISIAN TEMPAT TIDUR RS COVID-19 SECARA NASIONAL CAPAI 46,29 PERSEN    KETUA SATGAS COVID-19: BADAN PENGAWASAN KEUANGAN DAN PEMBANGUNAN USUL HARGA STANDAR TES USAP RP 797.000