HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV nasional sapa indonesia

Tanggapan KPAI dan DPR Terkait Kasus Bullying di Purworejo

Jumat, 14 Februari 2020 | 21:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV -  Video seorang siswi dipukuli oleh tiga siswa di SMP Muhammadiyah Butuh, Purworejo, Jawa Tengah saat ini tengah viral di media sosial. 

Pihak Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) dan DPR RI memberikan tanggapan terkait kasus ini. 

Komisioner KPAI Bidang Pendidikan, Retno Listyarti menyebutkan jika KPAI saat ini belum turun langsung kepada korban, karena sebelumnya sedang mengurus kasus bullying yang saat ini juga terjadi di Malang, Jawa Timur. 

Retno menegaskan jika sistem pengaduan yang ada di sekolah-sekolah saat ini masih terhitung sangat kurang. Karena tentu saja ada faktor yang membuat pelaku berani melakukan hal tersebut.
 
Sementara itu, Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Hetifah Syaifudian menyebutkan jika kondisi kekerasan di sekolah saat ini merupakan kasus yang serius dan benar-benar harus diperhatikan. Tidak hanya menanggulangi saja, namun juga harus dilakukan pencegahan. Banyak juga murid-murid yang tidak berani atau enggan untuk melapor jika adanya tindak-tanduk bullying.  

Sebelumnya, Ganjar Pranowo mengusulkan sekolah tempat terjadinya kekerasan dan perundungan itu ditutup  atau dilebur dengan sekolah lain. Ganjar curiga, SMP itu sebenarnya sudah tidak punya lagi kapasitas untuk menyelenggarakan pendidikan.

Terkait pernyataan Ganjar Pranowo mengenai keharusan adanya pengecekan kondisi korban khususnya dari aspek psikologis. Tidak hanya itu, profil siswa juga harus dicek dan juga kredibilitas sekolah dalam memberikan pendidikan dan pelayanan yang baik kepada siswanya.

 

Penulis : Anjani Nur Permatasari



BERITA LAINNYA

CERITA INDONESIA

Uniknya Kampung Parikan di Surabaya

Selasa, 25 Februari 2020 | 16:18 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
16:35
TABEA! AUDISI SUCI IX DI KOTA AMBON 28 FEBRUARI 2020, CAFE KAYU MANIS JL. SAM RATULANGI NO. 125, PUKUL 10.00-19.00 WIB   SAMPURASUN! AUDISI SUCI IX HADIR DI BANDUNG 28 FEBRUARI 2020, ENDEUS SPACE JL HASANUDIN NO. 28, PUKUL 10.00-19.00 WIB   BMKG: WASPADA HUJAN LEBAT DISERTAI PETIR DAN ANGIN KENCANG DI SELURUH WILAYAH BENGKULU   MAL AEON JAKARTA GARDEN CITY DITUTUP SEMENTARA DAN DIJAGA PASCAUNJUK RASA OLEH SEJUMLAH MASSA   ASOSIASI PENGUSAHA TRUK INDONESIA: 20.000 TRUK PERUSAHAAN LOGISTIK DI JAKARTA BERHENTI BEROPERASI KARENA BANJIR   PETA LISTRIK JAKARTA (PELITA): PLN MELAKUKAN PEMADAMAN LISTRIK SEMENTARA DI 850 WILAYAH JAKARTA KARENA BANJIR   POLISI AKAN TINDAK TEGAS AKSI KRIMINAL YANG MANFAATKAN RUMAH KOSONG SAAT BANJIR   KEPALA BNPB DONI MONARDO SEBUT PENYEDOTAN AIR TANAH MENJADI SALAH SATU PEMICU BANJIR DI JAKARTA   "UNDERPASS" GUNUNG SAHARI, JAKARTA PUSAT, TERENDAM BANJIR, ARUS LALU LINTAS DIALIHKAN   DISHUB DKI JAKARTA: HARI INI PENERAPAN SISTEM GANJIL-GENAP DITIADAKAN AKIBAT BANJIR   DINAS SUMBER DAYA AIR DKI TERJUNKAN 170 POMPA "MOBILE" DI SELURUH WILAYAH JAKARTA UNTUK ATASI BANJIR   DINAS SUMBER DAYA AIR DKI: SEJUMLAH RUMAH POMPA AIR DI JAKARTA TAK BERFUNGSI AKIBAT TERENDAM BANJIR   SIMULASI UJIAN NASIONAL DI SMA NEGERI 6 BEKASI DIBATALKAN KARENA BANJIR   62 SEKOLAH DI KOTA BEKASI TERPAKSA DILIBURKAN AKIBAT BANJIR