Kompas TV nasional sapa indonesia

Tanggapan KPAI dan DPR Terkait Kasus Bullying di Purworejo

Kompas.tv - 14 Februari 2020, 21:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV -  Video seorang siswi dipukuli oleh tiga siswa di SMP Muhammadiyah Butuh, Purworejo, Jawa Tengah saat ini tengah viral di media sosial. 

Pihak Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) dan DPR RI memberikan tanggapan terkait kasus ini. 

Komisioner KPAI Bidang Pendidikan, Retno Listyarti menyebutkan jika KPAI saat ini belum turun langsung kepada korban, karena sebelumnya sedang mengurus kasus bullying yang saat ini juga terjadi di Malang, Jawa Timur. 

Retno menegaskan jika sistem pengaduan yang ada di sekolah-sekolah saat ini masih terhitung sangat kurang. Karena tentu saja ada faktor yang membuat pelaku berani melakukan hal tersebut.
 
Sementara itu, Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Hetifah Syaifudian menyebutkan jika kondisi kekerasan di sekolah saat ini merupakan kasus yang serius dan benar-benar harus diperhatikan. Tidak hanya menanggulangi saja, namun juga harus dilakukan pencegahan. Banyak juga murid-murid yang tidak berani atau enggan untuk melapor jika adanya tindak-tanduk bullying.  

Sebelumnya, Ganjar Pranowo mengusulkan sekolah tempat terjadinya kekerasan dan perundungan itu ditutup  atau dilebur dengan sekolah lain. Ganjar curiga, SMP itu sebenarnya sudah tidak punya lagi kapasitas untuk menyelenggarakan pendidikan.

Terkait pernyataan Ganjar Pranowo mengenai keharusan adanya pengecekan kondisi korban khususnya dari aspek psikologis. Tidak hanya itu, profil siswa juga harus dicek dan juga kredibilitas sekolah dalam memberikan pendidikan dan pelayanan yang baik kepada siswanya.

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.