Kompas TV nasional sapa indonesia

Tanggapan KPAI dan DPR Terkait Kasus Bullying di Purworejo

Jumat, 14 Februari 2020 | 21:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV -  Video seorang siswi dipukuli oleh tiga siswa di SMP Muhammadiyah Butuh, Purworejo, Jawa Tengah saat ini tengah viral di media sosial. 

Pihak Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) dan DPR RI memberikan tanggapan terkait kasus ini. 

Komisioner KPAI Bidang Pendidikan, Retno Listyarti menyebutkan jika KPAI saat ini belum turun langsung kepada korban, karena sebelumnya sedang mengurus kasus bullying yang saat ini juga terjadi di Malang, Jawa Timur. 

Retno menegaskan jika sistem pengaduan yang ada di sekolah-sekolah saat ini masih terhitung sangat kurang. Karena tentu saja ada faktor yang membuat pelaku berani melakukan hal tersebut.
 
Sementara itu, Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Hetifah Syaifudian menyebutkan jika kondisi kekerasan di sekolah saat ini merupakan kasus yang serius dan benar-benar harus diperhatikan. Tidak hanya menanggulangi saja, namun juga harus dilakukan pencegahan. Banyak juga murid-murid yang tidak berani atau enggan untuk melapor jika adanya tindak-tanduk bullying.  

Sebelumnya, Ganjar Pranowo mengusulkan sekolah tempat terjadinya kekerasan dan perundungan itu ditutup  atau dilebur dengan sekolah lain. Ganjar curiga, SMP itu sebenarnya sudah tidak punya lagi kapasitas untuk menyelenggarakan pendidikan.

Terkait pernyataan Ganjar Pranowo mengenai keharusan adanya pengecekan kondisi korban khususnya dari aspek psikologis. Tidak hanya itu, profil siswa juga harus dicek dan juga kredibilitas sekolah dalam memberikan pendidikan dan pelayanan yang baik kepada siswanya.

 

Editor : Anjani Nur Permatasari



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
19:46
PANGDAM JAYA UNGKAP ACARA TABUR BUNGA YANG DIHADIRI MANTAN PANGLIMA TNI (PURN) GATOR NURMANTYO TAK DIKETAHUI PEPABRI   HINGGA 1 OKTOBER 2020, PASIEN SEMBUH COVID-19 BERTAMBAH 3.540 MENJADI 218.487 ORANG   PEMERINTAH: KASUS BARU COVID-19 SEBANYAK 4.147 PADA 1 OKTOBER 2020   KEMENKES MENCATAT 43.592 SPESIMEN KORONA DIPERIKSA HARI INI   DIPIMPIN KABARESKRIM, POLISI DAN JAKSA PENELITI GELAR PERKARA KASUS KEBAKARAN GEDUNG UTAMA KEJAKSAAN AGUNG    WAKETUM PAN VIVA YOGA MAULADI: AMIEN RAIS SUDAH TIDAK LAGI MENJADI BAGIAN DARI KELUARGA BESAR PAN   WALI KOTA TANGSEL AIRIN RACHMI DIANY INGATKAN WARGA JAKARTA YANG BERKUNJUNG KE WILAYAHNYA PATUHI PROTOKOL KESEHATAN   DISPERINAKER BADUNG, BALI, MENCATAT 532 PERUSAHAAN PARIWISATA TUTUP AKIBAT PANDEMI COVID-19   KETUA MPR MENDORONG KPU DAN PEMERINTAH KELUARKAN PERPPU PERKUAT SANKSI BAGI PELANGGAR PROTOKOL KESEHATAN DI PILKADA   KETUA MPR MENDORONG KPU DAN PEMERINTAH KELUARKAN PERPPU PERKUAT SANKSI BAGI PELANGGAR PROTOKOL KESEHATAN DI PILKADA   MENKO POLHUKAM MAHFUD MD: BAGI INDONESIA, VANUATU ITU MENGADA-ADA   MENKO POLHUKAM MAHFUD MD SEBUT PEMERINTAH BENTUK TIM INVESTIGASI GABUNGAN KASUS PENEMBAKAN PENDETA YEREMIA   JUBIR WAPRES MINTA POLISI UNGKAP MOTIF PELAKU PENYEBAR KOLASE FOTO WAKIL PRESIDEN MA'RUF AMIN   POLISI TANGKAP 2 ORANG DALAM KASUS PENYERANGAN ACARA MIDODARENI DI SOLO, JAWA TENGAH