HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV klik360 sisi tv

Lika-liku Formula E di Monas: Soal Izin, Jakarta Cuma "Pelayan", Hingga Anies Dituding Bohong

Jumat, 14 Februari 2020 | 21:04 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Sekretaris Negara selaku komisi pengarah menyetujui perhelatan Formula E di Monas.

Keputusan itu tertuang dalam surat yang ditandatangani oleh Mensesneg Pratikno pada 7 Februari 2020.

Keputusan Kemensetneg selaku Komisi Pengarah Pembangunan Kawasan Taman Merdeka itu terbilang cukup mengejutkan.

Sebab, sebelumnya pada 5 Februari lalu, Kemensetneg justru melarang kawasan Monas digunakan sebagai sirkuit Formula E.

Di sisi lain, Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi menyebutkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah melakukan pembohongan publik. 

Sebab, Anies mengaku sudah mendapatkan rekomendasi dari Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) DKI Jakarta untuk menggelar Formula E 2020 di kawasan Monas

Baca Juga: [GRAFIS] Tarik Ulur Izin Formula E untuk Melintas di Monas

Padahal, pernyataan Anies itu dibantah Ketua TACB Mundardjito.

PT Jakarta Propertindo ditunjuk untuk membangun infrastruktur dari ajang balap internasional ini yang ditargetkan rampung pada April 2020 atau sebelum masa uji coba.

Adapun besaran anggaran yang dibutuh untuk event internasional ini mencapai Rp1,16 triliun atau lebih dari 2 kali lipat anggaran Hong Kong, yaitu hk$250-hk$300 juta.

Sayangnya, meski telah mengeluarkan biaya yang tak sedikit, Jakarta hanya menjadi 'pelayan' dalam menggelar ajang balap mobil listrik dunia ini.

Disebut pelayan karena sejauh ini belum ada pebalap Indonesia yang mendapatkan kesempatan untuk unjuk gigi. Syarat utama pebalap Indonesia bisa turut serta di Formula E tentu dipilih atau mengajukan diri ke tim yang berpartisipasi.

Baca Juga: Formula E di Monas Disebut demi Tingkatkan Wisatawan dan Tak Langgar Pergub

Gubernur DKI Jakarta telah mengirimkan rancangan rute lintasan balap atau sirkuit yang akan digunakan pada gelaran Formula e kepada Kemensetneg.

Dalam rancangan tersebut, rute balap mobil bertaraf internasional ini akan melintasi kawasan Monas dan Jalan Medan Merdeka Selatan.

Lokasi Formula E di Monas memang menimbulkan banyak pro dan kontra. Bahkan, sejumlah pihak memberikan ide lokasi selain di Monas. Salah satunya di Gelora Bung Karno.

Pengelola Gelora Bung Karno menawarkan alternatif tempat untuk penyelenggaraan Formula E, yaitu di kawasan Gelora Bung Karno Jakarta.

#FormulaE #Monas #AniesBaswedan

Editor : Desy Hartini



VIDEO REKOMENDASI

BERITA LAINNYA

KOMPAS BISNIS

Harga Emas Semakin Berkilau

Selasa, 7 Juli 2020 | 22:19 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
22:57
KETUA YLBHI ASFINAWATI MINTA KETENTUAN HUKUMAN MATI TAK DIATUR DALAM RKUHP    MENTERI PUPR TARGETKAN TOL CILEUNYI-SUMEDANG-DAWUAN (CISUMDAWU) BEROPERASI SEPTEMBER 2021   KEMENKEU TETAPKAN SIMPLIFIKASI STRUKTUR TARIF CUKAI HASIL TEMBAKAU SEBAGAI SALAH SATU STRATEGI REFORMASI FISKAL   PT KAI MENYATAKAN KERETA API ARGO PARAHYANGAN DENGAN RUTE JAKARTA-BANDUNG BELUM BEROPERASI AKIBAT SIKM   PT KAI MINTA GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN MERELAKSASI ATURAN WAJIB DOKUMEN SURAT IZIN KELUAR MASUK (SIKM)    MULAI 10 JULI 2020, PT KAI TAMBAH PERJALANAN KERETA API JARAK JAUH DARI DAN MENUJU JAKARTA   KEMENKES TETAPKAN BATAS HARGA TERTINGGI "RAPID TEST" UNTUK MENDETEKSI KORONA SEBESAR RP 150.000   ANGKA KESEMBUHAN KORONA 100 PERSEN, WALI KOTA RAHMAT EFFENDI KLAIM KOTA BEKASI SUDAH ZONA HIJAU   GUGUS TUGAS PENANGANAN COVID-19: 120 PASIEN POSITIF KORONA DI KALIMANTAN SELATAN SEMBUH DALAM SEHARI   SELAMA PSBB TRANSISI, DISPAREKRAF DKI IMBAU TIM PRODUKSI FILM BATASI JUMLAH AKTOR & AKTRIS DALAM SATU ADEGAN   PEMPROV DKI MELARANG ANAK DI BAWAH 9 TAHUN DAN LANSIA NONTON DI BIOSKOP SAAT MASA PSBB TRANSISI   BIOSKOP SELURUH INDONESIA SERENTAK BEROPERASI PADA RABU, 29 JULI 2020   PEMPROV BALI MELAKUKAN "SWAB TEST" KEPADA 34.974 ORANG, 1.940 DIANTARANYA POSITIF KORONA    KETUA KOMISI III DPR HERMAN HERY INGATKAN KPK TERUS MENGAWASI PENGGUNAAN DANA PENANGANAN KORONA