Kompas TV nasional sapa indonesia

LUF-60, Robot Pemadam yang Juga Mampu Menyedot Asap dan Air!

Kompas.tv - 14 Februari 2020, 19:01 WIB
Penulis : Dea Davina

JAKARTA, KOMPAS.TV - Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan DKI Jakarta, baru saja memperkenalkan 2 unit robot pemadam kebakaran dan mendemonstrasikannya saat terjadi kebakaran.

Dua unit robot yang dibeli langsung dari Austria dan Kroasia, diharapkan dapat mengatasi kebakaran di MRT dan LRT.

Baca Juga: Habiskan Lebih dari 30 Miliar, Jakarta Datangkan Robot Pemadam Kebakaran

Seperti dikutip dalam Kompas.com, Kepala Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI Jakarta Satriadi Gunawan mengoreksi harga robot pengurai material kebakaran jenis Dok-Ing MVF-5 U3 yang dibeli pada 2019.

Satriadi berujar, harga robot tersebut bukan Rp 37,4 miliar. Harga robot Dok-Ing MVF-5 U3, berdasarkan kontrak dengan pemenang tender adalah Rp 32 miliar.

Selain robot Dok-Ing MVF-5 U3, Pemprov DKI juga memiliki robot pemadam kebakaran jenis LUF 60. Ukurannya lebih kecil dibandingkan robot Dok-Ing MVF-5 U3.

Robot Dok-Ing MVF-5 U3 digunakan untuk menanggulangi kebakaran di area-area berbahaya, seperti stasiun pengisian bahan umum (SPBU), pabrik dan gudang bahan-bahan kimia, hingga lokasi yang berpotensi ada ledakan.

Alat ini mengurangi risiko bahaya bagi para petugas pemadam kebakaran. Karena, alat ini dapat dioperasikan menggunakan remot kontrol dengan jarak maksimal 1,5 kilometer.

Robot Dok-Ing MVF-5 U3 juga tahan api dan ledakan, mampu menyingkirkan puing-puing, hingga evakuasi pascabencana. Sementara robot LUF 60 untuk mengatasi kebakaran di terowongan MRT Jakarta. Robot ini juga mampu menyedot asap, dan air 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x