HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV regional berita daerah

Razia Hotel di Hari Valentine

Jumat, 14 Februari 2020 | 18:31 WIB

BANJARMASIN, KOMPAS.TV - Petugas satuan polisi pamong paraja (Satpol PP) kota Banjarmasin Jumat (14/2/2020) pagi melakukan penindakan terhadap sejumlah pasangan penyewa kamar hotel yang kedapatan bukan merupakan pasangan sah suami istri.

Giat ini merupakan langkah pencegahan tindakan seksual di luar nikah yang kerap dilakukan bersamaan momen malam hari valentine atau valentine day yang jatuh setiap tanggal 14 februari.

Sebelumnya pada malam hari, petugas terlebih dulu mendatangi pihak hotel untuk memberikan sosialisasi dan peringatan agar tidak menerima tamu hotel yang bukan pasangan resmi atau sah suami-istri.

 

"Tadi malam bertepatan dengan malam valentine, makanya kami imbau seluruh pengelola hotel untuk tidak menerima pasangan di luar nikah", ujar Kabid Penertiban Umum Satpol PP dan Damkan Banjarmasin, Dany Matera.

Ia menambahkan, kegiatan ini merupakan bentuk perwujudan kota Banjarmasin sebagai kota yang Baiman, Barasih wan Nyaman.

Penindakan akhirnya dilakukan pada pagi harinya sekitar pukul enam pagi dengan mendatangi kembali hotel-hotel yang telah diperingati tersebut.

hasilnya, ternayata masih banyak pengelola hotel yang tak mematuhi apa yang disampaikan oleh petugas sehingga sejumlah pasangan di luar nikah kedapatan menginap di sejumlah hotel tersebut.

Penggerebekan dilakukan Satpol PP dengan membuka dan memeriksa satu-persatu kamar hotel yang sedang disewa, dan meminta identitas para penghuni kamar.

Khusus bagi mereka yang kedapatan di dalam hotel merupakan lawan jenis, petugas meminta keterangan tambahan yaitu bukti nikah.

Para tamu hotel yang tidak dapat menunjukkan apa yang diminta petugas akhirnya dibawa untuk pendataan di kantor Satpol PP dan Damkar Kota Banjarmasin.

Di sebuah hotel kelas melati di jalan R.E Marthadinata, dari sejumlah tamu yang terjaring, seorang wanita yang tak diketahui namanya tampak memohon agar tidak dibawa petugas saat diketahui berdua dengan lawan jenis tanpa bisa menunjukkan bukti pasangan suami-istri.

Pasangan pria sempat keluar dari kamar terburu-buru seolah ingin melarikan diri dari petugas, iapun tak menggubris panggilan petugas yang memintanya berhenti.

namun sang pria terpaksa berhenti setelah dicegat oleh petugas yang berjaga di lobby depan, dan akhirnya digiring ke truk satpol pp bersama pasangan lain yang juga diamankan.

Pada giat kali ini, Puluhan personil dikerahkan terbagi dalam lima wilayah yaitu kecamatan banjarmasin barat, tengah, timur, utara dan selatan.

 

 

Setelah selesai mendatangi seluruh titik target, tamu hotel yang terjaring kemudian di bawa ke kantor satpol pp dan didata.

Sempat terjadi keributan saat salah seorang pria yang terjaring mencoba berontak dan menunjukkan sikap tidak kooperatif.

namun usai dimediasi oleh petugas Satpol PP Banjarnasin kondisi berangsur kondusif.

 

 

Penulis : KompasTV Banjarmasin



BERITA LAINNYA

Berita Daerah

Longsor Menutup Jalan Penghubung Desa

Selasa, 25 Februari 2020 | 16:38 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
16:58
TABEA! AUDISI SUCI IX DI KOTA AMBON 28 FEBRUARI 2020, CAFE KAYU MANIS JL. SAM RATULANGI NO. 125, PUKUL 10.00-19.00 WIB   SAMPURASUN! AUDISI SUCI IX HADIR DI BANDUNG 28 FEBRUARI 2020, ENDEUS SPACE JL HASANUDIN NO. 28, PUKUL 10.00-19.00 WIB   BMKG: WASPADA HUJAN LEBAT DISERTAI PETIR DAN ANGIN KENCANG DI SELURUH WILAYAH BENGKULU   MAL AEON JAKARTA GARDEN CITY DITUTUP SEMENTARA DAN DIJAGA PASCAUNJUK RASA OLEH SEJUMLAH MASSA   ASOSIASI PENGUSAHA TRUK INDONESIA: 20.000 TRUK PERUSAHAAN LOGISTIK DI JAKARTA BERHENTI BEROPERASI KARENA BANJIR   PETA LISTRIK JAKARTA (PELITA): PLN MELAKUKAN PEMADAMAN LISTRIK SEMENTARA DI 850 WILAYAH JAKARTA KARENA BANJIR   POLISI AKAN TINDAK TEGAS AKSI KRIMINAL YANG MANFAATKAN RUMAH KOSONG SAAT BANJIR   KEPALA BNPB DONI MONARDO SEBUT PENYEDOTAN AIR TANAH MENJADI SALAH SATU PEMICU BANJIR DI JAKARTA   "UNDERPASS" GUNUNG SAHARI, JAKARTA PUSAT, TERENDAM BANJIR, ARUS LALU LINTAS DIALIHKAN   DISHUB DKI JAKARTA: HARI INI PENERAPAN SISTEM GANJIL-GENAP DITIADAKAN AKIBAT BANJIR   DINAS SUMBER DAYA AIR DKI TERJUNKAN 170 POMPA "MOBILE" DI SELURUH WILAYAH JAKARTA UNTUK ATASI BANJIR   DINAS SUMBER DAYA AIR DKI: SEJUMLAH RUMAH POMPA AIR DI JAKARTA TAK BERFUNGSI AKIBAT TERENDAM BANJIR   SIMULASI UJIAN NASIONAL DI SMA NEGERI 6 BEKASI DIBATALKAN KARENA BANJIR   62 SEKOLAH DI KOTA BEKASI TERPAKSA DILIBURKAN AKIBAT BANJIR