Kompas TV regional berita daerah

Pemerintah Canangkan Panen Setahun Tiga Kali

Kompas.tv - 14 Februari 2020, 14:52 WIB
Penulis : KompasTV Jember

PASURUAN, KOMPAS.TV - Menteri Pertanian RI, Syarul Yasin Limpo, menghadiri panen raya padi di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, pada Rabu siang. Dalam kunjungannya, mentan mencanangkan penggunaan alat pertanian modern sehingga petani mampu panen sedikitnya tiga kali dalam setahun.

Panen raya padi ini berlansung di Desa Nguling, Kecamatan Nguling, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, pada Rabu siang. Sistem pertanian di daerah ini, kebanyakan sudah menggunakan alat pertanian teknologi berbasis modern. Petani Pasuruan sudah menggunakan mesin untuk memanen padi dan proses tanam.

Cocok tanam di Kabupaten Pasuruan bisa dilakukan tiga kali dalam setahun. Cocok tanam pertama digunakan untuk menanam padi, kedua untuk menanam jagung, dan ketiga untuk tanam kedelai atau kacang tanah.

Baca Juga: Impor Eskpor Pertanian Tidak Terdampak Virus Corona

Kabupaten Pasuruan menjadi lumbung padi di Jawa Timur dan Nasional, karena daerah ini memiliki lahan pertanian 39 ribu hektar lebih, dan mampu memproduksi padi sebanyak tujuh ratus limah puluh ribu lebih ton gabah per tahun.

Kementerian pertanian sendiri menargetkan produksi beras 3 juta ton per bulan pada tahun 2020. Target ini tak lepas dari nilai konsumsi pangan, yang diprediksi meningkat pada tahun ini.

#MenteriPertanian #KementrianPertanian #AlatPertanian #SyahrulYasinLimpo



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x