HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV nasional sapa indonesia

Terungkap! Sindikat Mafia Tanah Disikat Polisi

Jumat, 14 Februari 2020 | 11:30 WIB

JAKARTA, KOMPASTV - Sindikat jual beli rumah mewah berdokumen palsu terungkap.
 
Para anggota sindikat ini mampu menikmati uang 11 Miliar Rupiah. pelaku memalsukan dokumen seperti sertifikat tanah dan KTP elektronik dari pemilik rumah seharga 70 miliar Rupiah.

Polda Metro Jaya telah menangkap delapan tersangka. Satu di antaranya sudah ditahan di Lapas Cipinang, Jakarta Timur.

Dalam modusnya, sindikat ini berpura-pura membeli rumah mewah yang akan dijual. Setelah sepakat pelaku menukar sertifikat kepemilikan asli dengan sertifikat palsu yang telah disediakan.

Bersama Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil polisi juga mengungkap keterlibatan orang dalam.

Salah satu pelaku merupakan oknum honorer ditjen kependudukan dan pencatatan sipil kementerian dalam negeri. Oknum tersebut memalsukan data KTP elektronik korban agar sertifikat yang dipalsukan seolah-olah valid dan terdaftar di dukcapil. Tak hanya itu, para pelaku juga menghadirkan notaris palsu untuk dijaminkan ke pihak lain.

Calon pembeli rumah harus waspada dengan modus pemalsuan sertifikat tanah dan KTP elektronik. Pasalnya sindikat mafia tanah tak segan-segan menipu baik pemilik rumah maupunpenjamin atau pihak lain. Bagaimana kasus seperti ini akhirnya terungkap? Dan bagaimana agar pemalsuan dokumen seperti ini tak terulang?

Penulis : edika ipelona



BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
17:08
TABEA! AUDISI SUCI IX DI KOTA AMBON 28 FEBRUARI 2020, CAFE KAYU MANIS JL. SAM RATULANGI NO. 125, PUKUL 10.00-19.00 WIB   SAMPURASUN! AUDISI SUCI IX HADIR DI BANDUNG 28 FEBRUARI 2020, ENDEUS SPACE JL HASANUDIN NO. 28, PUKUL 10.00-19.00 WIB   BMKG: WASPADA HUJAN LEBAT DISERTAI PETIR DAN ANGIN KENCANG DI SELURUH WILAYAH BENGKULU   MAL AEON JAKARTA GARDEN CITY DITUTUP SEMENTARA DAN DIJAGA PASCAUNJUK RASA OLEH SEJUMLAH MASSA   ASOSIASI PENGUSAHA TRUK INDONESIA: 20.000 TRUK PERUSAHAAN LOGISTIK DI JAKARTA BERHENTI BEROPERASI KARENA BANJIR   PETA LISTRIK JAKARTA (PELITA): PLN MELAKUKAN PEMADAMAN LISTRIK SEMENTARA DI 850 WILAYAH JAKARTA KARENA BANJIR   POLISI AKAN TINDAK TEGAS AKSI KRIMINAL YANG MANFAATKAN RUMAH KOSONG SAAT BANJIR   KEPALA BNPB DONI MONARDO SEBUT PENYEDOTAN AIR TANAH MENJADI SALAH SATU PEMICU BANJIR DI JAKARTA   "UNDERPASS" GUNUNG SAHARI, JAKARTA PUSAT, TERENDAM BANJIR, ARUS LALU LINTAS DIALIHKAN   DISHUB DKI JAKARTA: HARI INI PENERAPAN SISTEM GANJIL-GENAP DITIADAKAN AKIBAT BANJIR   DINAS SUMBER DAYA AIR DKI TERJUNKAN 170 POMPA "MOBILE" DI SELURUH WILAYAH JAKARTA UNTUK ATASI BANJIR   DINAS SUMBER DAYA AIR DKI: SEJUMLAH RUMAH POMPA AIR DI JAKARTA TAK BERFUNGSI AKIBAT TERENDAM BANJIR   SIMULASI UJIAN NASIONAL DI SMA NEGERI 6 BEKASI DIBATALKAN KARENA BANJIR   62 SEKOLAH DI KOTA BEKASI TERPAKSA DILIBURKAN AKIBAT BANJIR