Kompas TV TALKSHOW rosi

Buruh: Kami Bukan Kendala Investasi Tapi Korupsi - ROSI (Bag3)

Kamis, 13 Februari 2020 | 22:54 WIB

Presiden Organisasi Pekerja Seluruh Indonesia, Saeful Tavip, dan Ketua Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia, Nining Elitos menolak tudingan yang menyatakan buruh adalah kendala utama investasi di Indonesia.

Menurut mereka, dalam World Economic Forum, alasan utama mengapa investasi di Indonesia masih lesu adalah masalah korupsi dan birokrasi.
Sebelumnya, survey terbaru Jetro menyatakan profil tenaga kerja Indonesia dianggap mahal tapi kurang produktif.

Sehingga hal ini membuat  banyak perusahaan Jepang yang tidak puas dengan produktifitas tenaga kerja Indonesia, apalagi jika dibandingkan dengan upah minimum yang dibayarkan. 

Apakah Omnibus Law bisa mengobati kekecewaan investor asing?

Rancangan Undang-Undang Omnibus Law yang memuat aturan tentang perpajakan dan cipta lapangan kerja masih menuai pro kontra di masyarakat. Rabu 12 Februari lalu, buruh dari berbagai elemen turun ke jalan berunjuk rasa menolak omnibus law.

Mereka menilai aturan baru ini bisa merugikan buruh. Tapi bagi pemerintah, omnibus law ini bisa menjadi angin segar untuk dunia investasi dan manufaktur, serta dinilai mampu mendongkrak pertumbuhan ekonomi.

Siapakah yang sebenarnya diuntungkan dari Omnibus Law ini? Saksikan pembahasannya dalam ROSI eps Untung Rugi Omnibus Law, Kamis 13 Februari 2020 pukul 20.00 WIB, LIVE hanya di Kompas TV Independen Tepercaya

 

#RosiKompasTV #OmnibusLaw #RUUOmnibusLaw

Penulis : Novian Zainul Arifin





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
19:40
SEJUMLAH PESEPEDA TOLAK WACANA PEMBONGKARAN JALUR SEPEDA PERMANEN DI JALAN SUDIRMAN-THAMRIN   HARI INI EMAS PT ANTAM DIBANDEROL DENGAN HARGA RP 945.000 PER GRAM   KEMENSETNEG: PERSIAPAN SERAH TERIMA PENGELOLAAN TMII PADA AKHIR JUNI 2021 BERJALAN LANCAR   SETELAH KALIMANTAN, NTT, DAN SUMATERA, KEMENTERIAN PERTANIAN AKAN KEMBANGKAN “FOOD ESTATE” DI JAWA    DINKES: KASUS COVID-19 DI JAKARTA MELONJAK SETELAH MUSIM MUDIK LEBARAN & WARGA ABAI PROKES   KEMENKES: VAKSINASI USIA 18 TAHUN KE ATAS DI WILAYAH BODETABEK TERMASUK BANDUNG RAYA SUDAH BISA DILAKUKAN   TOTAL WNI POSITIF COVID-19 DI LUAR NEGERI ADALAH 5.015: 4.214 SEMBUH, 208 MENINGGAL DUNIA, DAN 593 DALAM PERAWATAN   HINGGA 19 JUNI 2021, KASUS COVID-19 DI INDONESIA MENCAPAI 1.976.172 ORANG, 1.786.143 SEMBUH, DAN 54.291 MENINGGAL DUNIA   DINKES MENYATAKAN VIRUS KORONA VARIAN DELTA TELAH BERTRANSMISI LOKAL DI SEJUMLAH WILAYAH JATIM   HAMPIR 100 PERSEN DARI 6.000 TENAGA KESEHATAN DI KUDUS, JATENG, TELAH MENERIMA DOSIS LENGKAP VAKSINASI COVID-19   SEBANYAK 65.000 KARYAWAN BANK DI INDONESIA AKAN MENGIKUTI VAKSINASI COVID-19 DARI PROGRAM GOTONG ROYONG   SEBANYAK 138 PASIEN COVID-19 DENGAN KATAGORI ORANG TANPA GEJALA JALANI ISOLASI DI GRAHA WISATA RAGUNAN, JAKSEL   KEMENKES AJAK MASYARAKAT DAPAT MENDUKUNG GERAKAN VAKSINASI COVID-19 YANG TENGAH DILAKSANAKAN PEMERINTAH   GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN IMBAU WARGA KURANGI BEPERGIAN DEMI MEMINIMALISASI POTENSI TERTULAR COVID-19