Kompas TV TALKSHOW rosi

Buruh: Kami Bukan Kendala Investasi Tapi Korupsi - ROSI (Bag3)

Kompas.tv - 13 Februari 2020, 22:54 WIB

Presiden Organisasi Pekerja Seluruh Indonesia, Saeful Tavip, dan Ketua Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia, Nining Elitos menolak tudingan yang menyatakan buruh adalah kendala utama investasi di Indonesia.

Menurut mereka, dalam World Economic Forum, alasan utama mengapa investasi di Indonesia masih lesu adalah masalah korupsi dan birokrasi.
Sebelumnya, survey terbaru Jetro menyatakan profil tenaga kerja Indonesia dianggap mahal tapi kurang produktif.

Sehingga hal ini membuat  banyak perusahaan Jepang yang tidak puas dengan produktifitas tenaga kerja Indonesia, apalagi jika dibandingkan dengan upah minimum yang dibayarkan. 

Apakah Omnibus Law bisa mengobati kekecewaan investor asing?

Rancangan Undang-Undang Omnibus Law yang memuat aturan tentang perpajakan dan cipta lapangan kerja masih menuai pro kontra di masyarakat. Rabu 12 Februari lalu, buruh dari berbagai elemen turun ke jalan berunjuk rasa menolak omnibus law.

Mereka menilai aturan baru ini bisa merugikan buruh. Tapi bagi pemerintah, omnibus law ini bisa menjadi angin segar untuk dunia investasi dan manufaktur, serta dinilai mampu mendongkrak pertumbuhan ekonomi.

Siapakah yang sebenarnya diuntungkan dari Omnibus Law ini? Saksikan pembahasannya dalam ROSI eps Untung Rugi Omnibus Law, Kamis 13 Februari 2020 pukul 20.00 WIB, LIVE hanya di Kompas TV Independen Tepercaya

 

#RosiKompasTV #OmnibusLaw #RUUOmnibusLaw



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x