Kompas TV TALKSHOW satu meja

Jokowi Mengalahkan Soekarno? - SATU MEJA THE FORUM (Bag4)

Kamis, 13 Februari 2020 | 20:34 WIB

Gagasan Presiden Jokowi untuk memindahkan ibu kota ke pulau kalimantan, adalah baik. Bahkan jika benar terealisasi, Presiden Jokowi menjadi presiden pertama dan mengalahkan Presiden Soekarno yang bisa memindahkan dan membangun ibukota negara dengan konsep yang luar biasa.

Media memiliki peran penting dalam demokrasi karena berfungsi sebagai check and balances yang mengawasi jalannya kekuasaan. Peran ini dirasa semakin penting manakala Parlemen dinilai tidak lagi mampu menjalankan check and balances terhadap pemerintah secara optimal.

Oposisi dalam demokrasi Indonesia selama ini telah menjadi motor check and balances terhadap pemerintah di Parlemen. Namun, di periode kedua pemerintahan Presiden Joko Widodo, kekuatan oposisi menjadi tidak berarti.

Nyaris seluruh kekuatan politik dikonsolidasi dalam kekuasaan, menyisakan media sebagai kekuatan yang relatif tak terkooptasi.

Lantas, bagaimana media memandang jalannya kekuasaan? Bagaimana pula fungsi check and balances itu dilakukan?

Saksikan talkshow Satu Meja The Forum “Wajah Kekuasaan dalam Teropong Media”

 

#SatuMejaTheForum #Pemerintahan #Jokowi 

Editor : Novian Zainul Arifin



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
00:01
ASOSIASI BULU TANGKIS THAILAND SIAP GELAR TURNAMEN TUR ASIA SUPER 1000 DAN BWF WORLD FINALS PADA JANUARI 2021   MANCHESTER UNITED AKAN MENJAMU ARSENAL DALAM PEKAN KE TUJUH LIGA INGGRIS PADA MINGGU, 1 NOVEMBER 2020   SUKARELAWAN PETUGAS PEMAKAMAN JENAZAH PASIEN KORONA DI JAYAPURA PERTANYAKAN UANG LELAH YANG BELUM DIBAYAR   HINGGA 30 OKTOBER 2020, JUMLAH KASUS KORONA DI NUSA TENGGARA TIMUR: 679 POSITIF, 498 SEMBUH, 7 MENINGGAL DUNIA   DINKES NTT: KABUPATEN TIMOR TENGAH SELATAN (TTS), LEMBATA, ENDE, DAN SABU RAIJUA NIHIL KASUS KORONA   SEBANYAK 16 NARAPIDANA LAPAS KELAS II A PEKANBARU, RIAU, POSITIF TERINFEKSI KORONA, SEORANG DI ANTARANYA MENINGGAL   DINKES CIANJUR, JABAR: SELAMA PANDEMI KORONA, 40 TENAGA KESEHATAN DI CIANJUR TERINFEKSI COVID-19   BPBD SUKABUMI: 90 RUMAH DI DESA TUGUBANDUNG RUSAK AKIBAT DITERJANG PUTING BELIUNG, TIDAK ADA KORBAN JIWA   GUBERNUR GANJAR PRANOWO MENAIKKAN UMP JATENG 2021 MENJADI RP 1.798.979 ATAU NAIK 3,27% DARI UMP 2020 SEBESAR RP 1.742.015   DIREKTUR PENGUPAHAN KEMENAKER DINAR TITUS JOGASWITANI SEBUT 28 PROVINSI SETUJU UPAH MINIMUM 2021 TIDAK NAIK   JASA MARGA: VOLUME KENDARAAN DI RUAS TOL SOLO-NGAWI NAIK 57% SELAMA 27-29 OKTOBER 2020   PREDIKSI PUNCAK ARUS BALIK 1 NOVEMBER 2020, JASA MARGA IMBAU PENGGUNA TOL PULANG LEBIH AWAL   DITLANTAS POLDA METRO JAYA MENGKLAIM ADA PENURUNAN JUMLAH KECELAKAAN LALU LINTAS DI JAKARTA SELAMA LIBUR PANJANG   PT KAI: 30.470 PENUMPANG BERANGKAT DARI STASIUN GAMBIR, PASAR SENEN, & JAKARTA KOTA SELAMA 27-30 OKTOBER 2020