Kompas TV TALKSHOW satu meja

Jokowi Mengalahkan Soekarno? - SATU MEJA THE FORUM (Bag4)

Kamis, 13 Februari 2020 | 20:34 WIB

Gagasan Presiden Jokowi untuk memindahkan ibu kota ke pulau kalimantan, adalah baik. Bahkan jika benar terealisasi, Presiden Jokowi menjadi presiden pertama dan mengalahkan Presiden Soekarno yang bisa memindahkan dan membangun ibukota negara dengan konsep yang luar biasa.

Media memiliki peran penting dalam demokrasi karena berfungsi sebagai check and balances yang mengawasi jalannya kekuasaan. Peran ini dirasa semakin penting manakala Parlemen dinilai tidak lagi mampu menjalankan check and balances terhadap pemerintah secara optimal.

Oposisi dalam demokrasi Indonesia selama ini telah menjadi motor check and balances terhadap pemerintah di Parlemen. Namun, di periode kedua pemerintahan Presiden Joko Widodo, kekuatan oposisi menjadi tidak berarti.

Nyaris seluruh kekuatan politik dikonsolidasi dalam kekuasaan, menyisakan media sebagai kekuatan yang relatif tak terkooptasi.

Lantas, bagaimana media memandang jalannya kekuasaan? Bagaimana pula fungsi check and balances itu dilakukan?

Saksikan talkshow Satu Meja The Forum “Wajah Kekuasaan dalam Teropong Media”

 

#SatuMejaTheForum #Pemerintahan #Jokowi 

Editor : Novian Zainul Arifin



VIDEO REKOMENDASI

BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
13:27
KOMISI KEJAKSAAN DUGA JAKSA PINANGKI SIRNA MALASARI PUNYA PERAN STRATEGIS DAN PENTING DALAM MEMBANTU DJOKO TJANDRA   KOMISI KEJAKSAAN AKAN PANGGIL PEJABAT KEJAGUNG YANG DIDUGA MELAKUKAN KOMUNIKASI DENGAN DJOKO TJANDRA   KASUS KORONA MASIH TINGGI, PEMPROV DKI MENYATAKAN BELUM AKAN MEMBUKA TEMPAT HIBURAN DALAM WAKTU DEKAT   KAUKUS PEREMPUAN PARLEMEN REPUBLIK INDONESIA (KPP-RI) SEGERA USULKAN RUU PKS MASUK PROLEGNAS 2021   PASIEN POSITIF COVID-19 DI SECAPA AD HARI INI SUDAH BERKURANG 1.299 ORANG MENJADI TINGGAL SEMBILAN KASUS   DARI HASIL TES LANJUTAN PASIEN COVID-19 DI SECAPA AD, HARI INI ADA TIGA PASIEN YANG DINYATAKAN NEGATIF   WAKIL KETUA KPK NAWAWI POMOLANGO APRESIASI TRANSPARANSI & KETERBUKAAN POLRI TANGANI KASUS PELARIAN DJOKO TJANDRA    KPK AKAN IKUTI GELAR PERKARA KASUS SUAP DAN GRATIFIKASI TERKAIT PENGHAPUSAN “RED NOTICE” DJOKO TJANDRA    ERICK THOHIR: IMUNISASI MASSAL VAKSIN COVID-19 AKAN BERADA DI BAWAH KOORDINASI TNI-POLRI   ERICK THOHIR: TNI-POLRI BERTUGAS BERSAMA KEMENKES, KEMENTERIAN PENDIDIKAN, DAN PMI DALAM MELAKSANAKAN VAKSINASI   ERICK THOHIR: PELIBATAN TNI-POLRI UNTUK TINGKATKAN KEDISIPLINAN MASYARAKAT DALAM MENERAPKAN PROTOKOL KESEHATAN   KETUA GUGUS TUGAS PEMULIHAN COVID-19 & EKONOMI NASIONAL ERICK THOHIR: PELIBATAN TNI-POLRI BUKAN TAKUTI MASYARAKAT   JELANG HUT KE-75 KEMERDEKAAN RI, PRESIDEN JOKOWI BERIKAN ANUGERAH TANDA JASA DAN KEHORMATAN KEPADA 53 TOKOH BANGSA   MAKIN PRODUKTIF DENGAN KOMPAS DIGITAL & GRAMEDIA PREMIUM DIGITAL. AKSES: KLIK.KOMPAS.ID/PAKETDIGITAL