Kompas TV TALKSHOW satu meja

Kecewa ! Jokowi Banyak Berubah.. - SATU MEJA THE FORUM (Bag2)

Kamis, 13 Februari 2020 | 20:27 WIB

Langkah politik Presiden Jokowi dinilai pemimpin redaksi Media Indonesia Usman Kansong mengecewakan. Ini dilihat dari banyaknya harapan yang tidak tercapai, termasuk merangkul stafsus milenial yang bekerja paruh waktu. 

Media memiliki peran penting dalam demokrasi karena berfungsi sebagai check and balances yang mengawasi jalannya kekuasaan. Peran ini dirasa semakin penting manakala Parlemen dinilai tidak lagi mampu menjalankan check and balances terhadap pemerintah secara optimal.

Oposisi dalam demokrasi Indonesia selama ini telah menjadi motor check and balances terhadap pemerintah di Parlemen. Namun, di periode kedua pemerintahan Presiden Joko Widodo, kekuatan oposisi menjadi tidak berarti.

Nyaris seluruh kekuatan politik dikonsolidasi dalam kekuasaan, menyisakan media sebagai kekuatan yang relatif tak terkooptasi.

Lantas, bagaimana media memandang jalannya kekuasaan? Bagaimana pula fungsi check and balances itu dilakukan?

Saksikan talkshow Satu Meja The Forum “Wajah Kekuasaan dalam Teropong Media”

 

#SatuMejaTheForum #Pemerintahan #Jokowi 

Editor : Novian Zainul Arifin



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
21:11
WEBINAR MENULIS, MENERBITKAN, DAN MEMASARKAN BUKU BERSAMA EKO PRABOWO. DAFTAR DI INSTITUTE.KOMPAS.ID   PM INGGRIS BORIS JOHNSON SEBUT PEMBUKAAN SEKOLAH PADA AWAL SEPTEMBER 2020 SEBAGAI PRIORITAS NASIONAL   PM INGGRIS BORIS JOHNSON MINTA SEKOLAH DIBUKA KEMBALI PADA SEPTEMBER 2020   IMBAS DARI SANKSI AS, PRODUKSI "CHIPSET" UNTUK PONSEL HUAWEI AKAN BERHENTI 15 SEPTEMBER 2020   BPBD: JUMLAH BENCANA ALAM PADA PERIODE 1 JANUARI HINGGA 9 AGUSTUS 2020 MENCAPAI 1.771 KEJADIAN    MENHUB BUDI KARYA SUMADI OPTIMISTIS PROYEK PELABUHAN PATIMBAN DI SUBANG, JABAR, TAHAP I BISA SELESAI PADA OKTOBER 202   KONSORSIUM PEMBARUAN AGRARIA: UNJUK RASA DI DPR BERTUJUAN AGAR PEMBAHASAN “OMNIBUS LAW” RUU CIPTA KERJA DIHENTIKAN   KELOMPOK MASYARAKAT SIPIL BERENCANA MELAKUKAN UNJUK RASA PADA 14 DAN 16 AGUSTUS 2020 DI DEPAN GEDUNG DPR   POLISI SEBUT TERSANGKA KASUS FETISH KAIN JARIK MENGAKU ADA 25 ORANG YANG JADI KORBAN SEJAK 2015 HINGGA SAAT INI   BPBD JEMBER SEBUT SEORANG PELAJAR SMAN TENGGARANG YANG JATUH DI GUNUNG PIRAMID DITEMUKAN MENINGGAL DUNIA HARI INI   BASARNAS: OPERASI PENCARIAN WARGA AS YANG HILANG DITELUK AMBON DIPERLUAS HINGGA 400 METER   PEMKAB PONOROGO TUTUP SEMENTARA PUSKESMAS WRINGINANOM SELAMA 10 HARI KEDEPAN KARENA EMPAT PEGAWAI POSITIF KORONA   PSBB DI TANGERANG RAYA KEMBALI DIPERPANJANG DUA PEKAN KE DEPAN HINGGA 22 AGUSTUS 2020   KEMDIKBUD ALOKASIKAN DANA SEBESAR RP 405 MILIAR UNTUK PENANGANAN KORONA