Kompas TV nasional singkap

NILLMIJ Cikal Bakal Jiwasraya - SINGKAP

Kompas.tv - 13 Februari 2020, 17:20 WIB
Penulis : Yudho Priambodo

Musibah kerap datang tanpa diharapkan lalu pergi meninggalkan nestapa. Hal tersebut melahirkan sebuah sistem bernama asuransi yang keberadaannya sudah lebih dari satu abad. Kilas balik perusaahan asuransi di kawasan nusantara lahir di akhir abad ke 19 dan kemudian berkembang sampai abad ke-20.

Di era kolonial,  awalnya asuransi dimanfaatkan sebagai perlindungan untuk pengangkutan laut dan mengambil keuntungan, terlihat pada salah satu kantor dagang Belanda yang masih berdiri, yaitu gedung JASINDO di kawasan Kota Tua Jakarta.  Selanjutnya cikal bakal perusahaan asuransi jiwa Belanda pertama di Batavia bernama NIILMIJ, berdiri tahun 1859 yang dibentuk atas modal dari pemerintah Belanda dan pemegang polisnya didominasi oleh kaum eropa yang tinggal di Hindia Belanda.

Sementara itu perhimpunan Guru-Guru Hindia Belanda di Magelang mendirikan OLMIJ Bumiputera, badan asuransi bentukan pribumi ini menjadi salah satu pergerakan kebangkitan nasional menuju kemerdekaan dengan azas gotong royong.

Dalam perjalanannya asuransi mengalami pasang surut, bahkan kian merugi. Lalu apa penyebab kerugian asuransi jika dilihat dari sejarahnya? Kami mengulas perjalanan asuransi di Indonesia dan bagaimana sistem ini turut menjadi salah satu pilar ekonomi bangsa Indonesia.

#SINGKAP



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x