Kompas TV travel jelajah indonesia

KECANTIKAN DAN SEJARAH PULAU RUBIAH

Kompas.tv - 20 Februari 2020, 15:00 WIB
Penulis : Anas Surya

ACEH, KOMPASTV - Pulau Weh terkenal juga dengan wisata pulau-pulaunya. Pulau yang terletak di laut Andaman ini memiliki 5 buah pulau. Pulau Weh sebagai pulau terbesar, lalu ada Pulau Klah, Pulau Rubiah, Pulau Seulako, dan Pulau Rondo. Perjalanan kali ini, saya akan menuju ku Pulau Rubiah dan Pulau Klah. Saya memilih untuk menuju ke Pulau Rubiah terlebih dahulu.

Pulau Rubiah ini sangat dikenal oleh wisatawan sebagai tempat rekreasi dan snorkeling. Jika malas untuk berbasah-basahan dengan menggunakan glass bottom boat ini kita bisa melihat langsung keindahan bawah laut Pulau Rubiah . “Glass Buttom Boat “ ini mampu melihat bawah laut di kedalaman 3 sampai 4 meter.

Inilah keindahan yang tercipta dari suatu legenda putri yang merelakan dirinya berkorban agar Pulau Weh tidak gersang. Pulau Weh menjadi indah dan konon katanya inilah wujud perhiasan yang dibuang Putri Laut. Ada juga nama pulau Rubiah berasal dari nama Cut Nyak Rubiah yang dulu merupakan istri dari keluarga terpandang penguasa Kerajaan Aceh yang makamnya dapat ditemui di pulau kecil ini.

Pada saat tsunami yang melanda Aceh tahun 2004 Pulau Rubiah pun terkena imbasnya,  hantaman gelombang yang mencapai ketinggian hingga 5 meter itu tidak hanya menghancurkan bangunan tetapi juga terumbu karang yang berada di sekitar Pulau Rubiah ini tapi makam Cut Nyak Rodiah terselamatkan dari tsunami walau letaknya berada di tepi pantai.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.