HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV regional berita daerah

Pulang Dari China, 27 Mahasiswa Diperiksa Kesehatan

Kamis, 13 Februari 2020 | 12:00 WIB

BANYUWANGI, KOMPAS.TV - 27 mahasiswa asal Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur, yang baru datang dari China menjalani pemeriksaan kesehatan pada hari rabu (12/02). Pemeriksaan kesehatan dilakukan di salah satu lembaga pendidikan bahasa asing yang ada di Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur.

Pemeriksaan kesehatan meliputi pengecekan fisik dan pemantauan khusus, yang dilakukan oleh petugas dari Dinas Kesehatan setempat.

Kasi Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuwangi, Hadi Suyuto menyatakan pemeriksaan kesehatan penting dilakukan, karena mereka baru saja datang dari china untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi, yang ada di Kota Ningpo Dan Nanjing. Kedua kota ini berjarak sekitar 900 kilometer dari kota Wuhan yang menjadi pusat wabah virus corona.

Dari hasil pemeriksaan, seluruh mahasiswa dinyatakan negatif dari virus corona dan dipersilahkan untuk pulang ke kampung atau rumah masing-masing.

Baca Juga: Mahasiswi Asal Lumajang Pulang Mandiri Dari China

Namun meski sudah dipastikan sehat dan bebas dari virus corona, sejumlah mahasiswa mengaku mendapat perlakuan diskriminatif dan bullying dari warga setempat. Seperti yang dialami oleh Halimatus Sa’diah dan Desi Puti. Mereka mengaku dikucilkan oleh tetangganya karena dinilai membawa virus corona.

Para mahasiswa ini rencananya akan tetap kembali ke China untuk melanjutkan studinya pada bulan maret mendatang. Saat ini mereka pulang karena untuk menikmati libur semester.

#VirusCorona #Wuhan #China #Mahasiswa #WNI

Penulis : KompasTV Jember



BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
09:40
BACA E-PAPER KOMPAS GRATIS DARI RUMAH. GUNAKAN KODE KOMPASWFH, AKSES: KLIK.KOMPAS.ID/EPAPERKOMPAS   BAYERN MUENCHEN PERPANJANG MASA BAKTI PELATIH MEREKA HANSI FLICK HINGGA 2023   AJANG BALAP SEPEDA DI SWISS, TOUR DE SUISSE (TDS), DITUNDA AKIBAT ADANYA PANDEMI KORONA   JUMLAH KASUS KORONA DI AS TERTINGGI DI DUNIA MELEBIHI TIONGKOK DENGAN 275.586 KASUS, 9.707 DI ANTARANYA TELAH SEMBUH   ANGKA KEMATIAN KARENA KORONA DI ITALIA MENCAPAI 14.681 JIWA, TERTINGGI DI DUNIA   ITALIA PERPANJANG MASA KARANTINA HINGGA 13 APRIL MENDATANG   PEMPROV JAWA TIMUR SIAPKAN RP 2,3 TRILIUN UNTUK PENANGANAN KORONA   PEMKOT SEMARANG SIAPKAN 180.000 PAKET SEMBAKO UNTUK WARGA TERDAMPAK KORONA   "HOTLINE" LAYANAN PENJEMPUTAN PENDONOR OLEH PMI JAKARTA SELATAN 0831-5132-8327   PMI JAKARTA SELATAN SIAPKAN LAYANAN PENJEMPUTAN BAGI PENDONOR SELAMA MASA PANDEMI VIRUS KORONA   DISNAKERTRANS DKI MENCATAT 3.611 PEKERJA DI WILAYAH JAKARTA TERKENA PHK AKIBAT VIRUS KORONA   WAKIL KETUA KOMISI IX DPR NIHAYATUL WAFIROH MEMINTA PEMERINTAH PERCEPAT MENDETEKSI VIRUS KORONA   PBNU IMBAU NAHDLIYIN UNTUK MENGIKUTI ATURAN PEMERINTAH SOAL MUDIK LEBARAN   JUMLAH KASUS POSITIF KORONA DI INDONESIA MENCAPAI 1.986 JIWA, 134 DI ANTARANYA TELAH DINYATAKAN SEMBUH