Kompas TV nasional berita kompas tv

Merapi Erupsi! Status Waspada, Warga Diminta Jaga Jarak Radius 3 Km

Kamis, 13 Februari 2020 | 11:02 WIB

YOGYAKARTA, KOMPASTV - Erupsi kembali terjadi di Gunung Merapi hari ini (13/2) pukul 05.00 WIB. Erupsi ini sempat terekam seismogram dengan durasi 150 detik dan terletak di perbatasan Provinsi Yogyakarta dan Jawa Tengah.

Gunung Merapi tampak meletupkan material vulkaniknya pada Kamis pagi (13/2) pukul 05.00 WIB tadi. Gambar ini kami dapatkan melalui akun Twitter @volcanoyt di mana erupsi terekam pada seismogram dengan dengan durasi 150 detik.

Balai penyelidikan dan pengembangan teknologi kebencaan geologi menyatakan tinggi kolom erupsi Gunung Merapi mencapai sekitar 2.000 meter atau sekitar 2 km.

Status gunung merapi hingga saat ini masih di level waspada dan warga sekitar diharapkan tidak melakukan aktivitas dalam radius 3 km dari puncak Gunung Merapi

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi  Bencana BNPB, Agus Wibowo merilis PVMBG mencatat potensi bahaya saat ini berupa luncuran awan panas dari runtuhnya kubah lava dan jatuhan material vulkanik dari letusan eksplosif.

Demikian juga, potensi bahaya lahar, khususnya apabila terjadi hujan di sekitar puncak gunung.

Untuk itu warga dan turis di sekitar Merapi diminta waspada. Status Merapi masih pada level 2 atau waspada. Warga juga diimbau waspada akan turunnya hujan abu.

Gunung Merapi yang terakhir meletus hebat pada 2010 lalu masih berstatus level 2 atau 'Waspada' sejak 21 Mei 2018. 

Editor : edika ipelona



BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Kasus Covid Di Jembrana Terus Meningkat

Selasa, 29 September 2020 | 13:38 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
13:46
ANTISIPASI BANJIR, PEMKOT TANGERANG SIAGAKAN 273 UNIT POMPA AIR   KEMENKES MEMBENTUK TIM AUDIT KEMATIAN PARA DOKTER YANG MENINGGAL DUNIA AKIBAT COVID-19   DINKES DKI MENYATAKAN SEMUA PUSKESMAS DI JAKARTA MEMPUNYAI AMBULANS UNTUK PASIEN COVID-19    PANGLIMA TNI MINTA JAJARANNYA GUNAKAN PENDEKATAN DENGAN KEARIFAN LOKAL SAAT MENEGAKKAN PROTOKOL KESEHATAN   SATPOL PP DKI: KEBAYORAN BARU, KOJA, TAMBORA, DAN CIPAYUNG MERUPAKAN KECAMATAN DENGAN PELANGGARAN MASKER TERBANYAK    DINKES SEBUT 80 PERSEN KASUS TERBARU POSITIF COVID-19 DI RIAU MERUPAKAN PASIEN TANPA GEJALA   PANDEMI COVID-19, POLRI PASTIKAN TAK AKAN BERI IZIN KERAMAIAN UNTUK LIGA 1 DAN LIGA 2   PEMKOT PONTIANAK MULAI BATASI AKTIVITAS WARGA PADA MALAM HARI GUNA MENCEGAH PENULARAN COVID-19   DINKES SEBUT 67 TENAGA MEDIS DI RSUD LANGSA PROVINSI ACEH POSITIF COVID-19   CEGAH PENULARAN COVID-19, PEMKOT JAMBI LARANG KEGIATAN PUBLIK, RESEPSI, HINGGA BERLAKUKAN JAM MALAM   BAWASLU KOTA TANGSEL AKAN PERIKSA DUGAAN PELANGGARAN KAMPANYE YANG DILAKUKAN PASLON MUHAMAD-SARA   PANGLIMA TNI MARSEKAL HADI TJAHJANTO PASTIKAN TNI AKAN BERSIKAP NETRAL DALAM PILKADA SERENTAK 2020   PROYEK PENGEMBANGAN BANDARA INTERNASIONAL SULTAN HASANUDDIN MAKASSAR DITARGETKAN RAMPUNG PADA OKTOBER 2021   POLISI DALAMI KEMUNGKINAN KETERLIBATAN PIHAK LAIN DALAM KONSER DANGDUT YANG DIGELAR WAKIL KETUA DPRD KOTA TEGAL