Kompas TV nasional berita kompas tv

Merapi Erupsi! Status Waspada, Warga Diminta Jaga Jarak Radius 3 Km

Kompas.tv - 13 Februari 2020, 11:02 WIB
Penulis : Edika ipelona

YOGYAKARTA, KOMPASTV - Erupsi kembali terjadi di Gunung Merapi hari ini (13/2) pukul 05.00 WIB. Erupsi ini sempat terekam seismogram dengan durasi 150 detik dan terletak di perbatasan Provinsi Yogyakarta dan Jawa Tengah.

Gunung Merapi tampak meletupkan material vulkaniknya pada Kamis pagi (13/2) pukul 05.00 WIB tadi. Gambar ini kami dapatkan melalui akun Twitter @volcanoyt di mana erupsi terekam pada seismogram dengan dengan durasi 150 detik.

Balai penyelidikan dan pengembangan teknologi kebencaan geologi menyatakan tinggi kolom erupsi Gunung Merapi mencapai sekitar 2.000 meter atau sekitar 2 km.

Status gunung merapi hingga saat ini masih di level waspada dan warga sekitar diharapkan tidak melakukan aktivitas dalam radius 3 km dari puncak Gunung Merapi. 

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi  Bencana BNPB, Agus Wibowo merilis PVMBG mencatat potensi bahaya saat ini berupa luncuran awan panas dari runtuhnya kubah lava dan jatuhan material vulkanik dari letusan eksplosif.

Demikian juga, potensi bahaya lahar, khususnya apabila terjadi hujan di sekitar puncak gunung.

Untuk itu warga dan turis di sekitar Merapi diminta waspada. Status Merapi masih pada level 2 atau waspada. Warga juga diimbau waspada akan turunnya hujan abu.

Gunung Merapi yang terakhir meletus hebat pada 2010 lalu masih berstatus level 2 atau 'Waspada' sejak 21 Mei 2018. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x