Kompas TV regional berita daerah

Penyelamatan Buaya Berkalung Ban, Polisi Air Sulawesi Tengah Jalani Pelatihan

Kompas.tv - 13 Februari 2020, 05:00 WIB
penyelamatan-buaya-berkalung-ban-polisi-air-sulawesi-tengah-jalani-pelatihan
Seekor buaya muara (Crocodylus porosus) dengan ban yang menjerat lehernya terlihat di sungai Kota Palu, Selasa (20/9/2016) (Sumber: (AFP PHOTO/ARFA))
Penulis : Theo Reza

PALU, KOMPASTV - Petugas polisi air dibekali teknik menangkap buaya sungguhan pelatihan itu dilakukan di halaman kantor BKSDA Sulawesi Tengah dengan buaya dari penangkaran sebagai alat peraganya.
 

Dalam video dokumentasi Direktoran polisi air polda Sulawesi Tengah tampak sejumlah petugas mendapat pengarahan oleh ahli tentang penangkapan buaya, alat peraga yang dipakai pun buaya sungguhan yang memang ada di dalam penangkaran BKSDA Sulawesi Tengah.

Baca Juga: 2 Ahli Reptil Asal Australia Turun Tangan Selamatkan Buaya "Berkalung" Ban di Palu

Untuk menjaga keamanannya, buaya yang diikat ini kemudian di tutup matanya lalu ditangkap secara bersamaa oleh petugas untuk diikat kaki dan tangannya sampai mulut buaya. Pelatihan ini dilakukan dengan pengawasan ahli yang juga ikut dalam upaya penyelamatan buaya berkalung ban di sungai Palu beberapa waktu lalu.

Pelatihan ini untuk memaksimalkan upaya pengakapan buaya berkalung ban yang masih belum tertangkap di sungai Palu.

Baca Juga: Sayembara Gagal, Kini BKSDA Bentuk Satgas Selamatkan Buaya Berkalung Ban

Polisi air polda Sulawesi Tengah sendiri masuk dalam tim gabungan penanganan buaya berkalung ban, Tim itu juga mendapat bantuan ahli dari luar negeri seperti Matt Wright dan Chris Wilson.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x