Kompas TV video cerita indonesia

Mahfud Rahasiakan Cara Pemerintah Cegah ISIS Pulang, Khawatir Cari Jalan Lain

Kompas.tv - 12 Februari 2020, 19:22 WIB
Penulis : Laura Elvina

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD, enggan bercerita mengenai cara pemerintah Indonesia mencegah pulangnya ISIS asal Indonesia melalui jalur 'gelap'. Menurut Mahfud, jika dibeberkan, dikhawatirkan para ISIS asal Indonesia akan mencari jalan lain untuk pulang. 

"Kalau ditangkal diceritakan ke anda, nanti mereka cari cara lain," ujar Mahfud di Istana Kepresidenan, Rabu (12/2/2020).

Mahfud hanya menerangkan inti hasil Sidang Kabinet Paripurna pada Selasa (11/2/2020). Menurutnya ada tiga poin yang menjadi fokus pemerintah terkait ISIS asal Indonesia.

"Hasil keputusan kemarin banyak, tapi kita sampaikan intinya saja. Satu, kita melindungi 267 juta rakyat Indonesia, yang kedua tidak akan memulangkan FTF, dan yang ketiga memvalidasi data," ungkap Mahfud.

Baca Juga: Buntut Status FTF, Pemerintah Dinilai Perlu Fasilitasi Pemulangan Simpatisan ISIS

Mahfud juga tegaskan pemerintah Indonesia telah mengantisipasi masuknya ISIS asal Indonesia melalui jalur negara bebas visa. Menurut Mahfud, yang dikhawatirkan saat ini adanya ISIS yang berpura-pura membakar paspornya, hingga kemudian pulang sendiri melalui negara bebas visa seperti negara-negara di Afrika.

Lebih lanjut, Mahfud menegaskan akan menangkap ISIS asal Indonesia yang nekat pulang ke tanah air melalui jalur 'tikus' atau jalur ilegal.

"Kalau jalur tikus ya ditangkap. Yang ada problem itu, ada mereka yang menyembunyikan paspor, bilang paspornya dibakar padahal paspornya cuma pura-pura dibakar lalu melalui jalur-jalur gelap itu melalui negara yang bebas visa," ungkap Mahfud di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu, (12/2/2020).



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.