Kompas TV video cerita indonesia

Jakarta Sekarang Punya Robot Pemadam Kebakaran, Seperti Apa?

Kompas.tv - 12 Februari 2020, 12:34 WIB
Penulis : Laura Elvina

JAKARTA, KOMPAS.TV - Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta telah memiliki satu unit robot pemadam kebakaran baru, bernama Dok-Ing dengan jenis MVF-U3. Dilansir dari Kompas.com, satu unit alat pengurai material kebakaran itu dibeli pada 2019.

Menurut situs web lpse.jakarta.go.id, harga satu unit alat tersebut Rp 37,4 miliar. 

Salah satu fitur canggih yang dimiliki oleh robot yang berbentuk seperti tank tersebut adalah terdapat 2 hingga 3 robotik dalam satu unit robot pemadam. Selain itu robot juga dilengkapi dengan peralatan rescue.

Mengutip situs resmi Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI Jakarta, robot ini juga dikhususkan untuk memecah atau mendobrak berbagai material yang menutupi titik api lebih khususnya pada kebakaran pada bahan amunisi. Sehingga penanganan pemadaman bisa dilakukan lebih dekat ke titik api. 

Robot ini juga bisa melakukan manufer pendinginan dengan sendirinya, karena didukung oleh selang air yang otomatis akan keluar bila suhu sudah panas. Robot ini juga dilengkapi dengan 9 kamera untuk memonitor dari segala sisi.

Saat ini Dinas Gulkarmat tengah melakukan uji coba untuk unit robot pemadam ini sebelum nantinya digunakan untuk penanggulangan kebakaran.

Baca Juga: Selain Cantik, Perempuan Tangguh ini Juga Pemadam Kebakaran



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x