Kompas TV regional berita daerah

Harga Bawang Putih China Tembus 65 Ribu Per Kilogram

Kompas.tv - 11 Februari 2020, 13:05 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPASTV - Merebaknya virus corona di China, berdampak pada berkurangnya pasokan bawang putih di pasar tradisional Kabupaten Jember Jawa Timur. Dalam seminggu terakhir, suplai bawang putih berkurang 50 persen sehingga membuat harga bawang putih tembus 65 ribu rupiah per kilogram.

Harga bawang putih di Pasar Tradisional Tanjung, Kabupaten Jember Jawa Timur, naik dua kali lipat. Sebelumnya satu kilogram bawang putih dijual 24 ribu hingga 25 ribu rupiah namun kini harganya menyentuh 60 ribu hingga 65 ribu rupiah  per kilogram.

Kenaikan drastis terjadi karena pasokan bawang putih impor dari China berkurang lima puluh persen dalam sepekan terakhir. Berkurangnya pasokan bawang putih ini, disebabkan oleh merebaknya virus corona di China.

Baca Juga: Virus Corona Meluas, Harga Masker Naik

Kenaikan harga bawang putih pun mulai dikeluhkan para pembeli terutama kalangan ibu rumah tangga pemilik warung makan dan usaha katering.

Kenaikan harga bawang putih diperkirakan akan terus terjadi dalam beberapa hari ke depan karena pasokan atau pengiriman dari China masih belum stabil.

#VirusCorona #HargaBawangNaik #Jember  #BawangPutihNaik



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x