Kompas TV travel jelajah indonesia

KEREN... KEINDAHAN BAWAH LAUT MENTAWAI SUNGGUH MENGAGUMKAN

Senin, 17 Februari 2020 | 15:00 WIB

MENTAWAI, KOMPASTV - Diving (menyelam) adalah hobi saya dan saya ingin melihat langsung bagaimana keindahan bawah laut di Mentawai.  Karena cuaca yang cukup mendukung maka saya hanya memakai “wet suit” dengan ketebalan 3 mm.

Mario sebagai dive master menjelaskan keadaan Pulau Setan yaitu pulau yang menjadi spot menyelam. Menurut keterangan Mario kami akan menyelam di gugusan terumbu karang dan harus lebih berhati-hati karena kemungkinan arus yang cukup kuat, yang paling menarik perhatian saya dari beberapa perairan yang pernah saya selami di perairan Mentawai ini terdapat struktur koral yang berlapis-lapis. Koral yang terlihat pada permukaan dan lapisan bawah mempunyai struktur yang bervariasi.

Terdapat 9 spot diving di pulau Siberut dan Sipora yang ditetapkan berdasarkan hasil survei Coral Reef Rehabilitation Management Program - Coral Triangle Initiative (Coremap- CTI) 2016 lalu, salah satunya, di pantai Jati dan pulau di sekitar Tuapejat.

Ternyata arus laut bertambah kuat sehingga tidak memungkinkan saya menjelajah lebih jauh lagi. Karena kami akan mencoba menyelami kembali esok hari maka Mario mencoba mencari informasi seperti apa keadaan perairan yang akan kami selami sehingga saya pun mendapat gambaran medan seperti apa yang akan saya hadapi. 

Editor : Anas Surya



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
15:30
IDI MENILAI TES USAP MANDIRI PERLU DILAKUKAN UNTUK PERLUAS PELACAKAN COVID-19   MENKO BIDANG PEREKONOMIAN MENYATAKAN PEMERINTAH MENYIAPKAN RP 21,8 TRILIUN UNTUK PROSES VAKSINASI COVID-19   HINGGA 28 SEPTEMBER 2020, RS DARURAT WISMA ATLET RAWAT 4.636 PASIEN COVID-19   BASUKI TJAHAJA PURNAMA CABUT LAPORAN SOAL PENGHINAAN KARENA TERSANGKA SUDAH TUA DAN SADAR SALAH   KUASA HUKUM BASUKI TJAHAJA PURNAMA SEBUT KLIENNYA CABUT LAPORAN SOAL PENGHINAAN OLEH 2 TERSANGKA DI POLDA METRO JAYA   BAWASLU BUBARKAN KAMPANYE CALON GUBERNUR JAMBI CEK ENDRA KARENA MELANGGAR PROTOKOL KESEHATAN   KPK EKSEKUSI MANTAN PANITERA PN JAKARTA UTARA ROHADI KE LAPAS SUKAMISKIN, JAWA BARAT   JAKARTA ISLAMIC CENTER, GRAHA WISATA TMII, DAN GRAHA WISATA RAGUNAN DISIAPKAN JADI TEMPAT ISOLASI PASIEN COVID-19   PEMPROV DKI JAKARTA SEDIAKAN TIGA TEMPAT ISOLASI MANDIRI BAGI PASIEN COVID-19   DINSOS DKI JAKARTA DISTRIBUSIKAN 198 ALAT BANTU FISIK BAGI PENYANDANG DISABILITAS   PRESIDEN JOKOWI MINTA SEMUA RUMAH SAKIT MELAKUKAN PENGOBATAN COVID-19 SESUAI STANDAR KEMENKES   SATGAS PENGAMANAN PERBATASAN RI-RDTL YONARMED 3/105 GAGALKAN PENYELUNDUPAN BBM KE TIMOR LESTE   PEMPROV BANGKA BELITUNG TERBITKAN KEBIJAKAN LARANGAN ISOLASI MANDIRI PASIEN COVID-19 CEGAH KLASTER KELUARGA   BARESKRIM POLRI LIMPAHKAN KASUS SURAT JALAN PALSU DJOKO TJANDRA KE KEJAKSAAN AGUNG