HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV travel jelajah indonesia

KEREN... KEINDAHAN BAWAH LAUT MENTAWAI SUNGGUH MENGAGUMKAN

Senin, 17 Februari 2020 | 15:00 WIB

MENTAWAI, KOMPASTV - Diving (menyelam) adalah hobi saya dan saya ingin melihat langsung bagaimana keindahan bawah laut di Mentawai.  Karena cuaca yang cukup mendukung maka saya hanya memakai “wet suit” dengan ketebalan 3 mm.

Mario sebagai dive master menjelaskan keadaan Pulau Setan yaitu pulau yang menjadi spot menyelam. Menurut keterangan Mario kami akan menyelam di gugusan terumbu karang dan harus lebih berhati-hati karena kemungkinan arus yang cukup kuat, yang paling menarik perhatian saya dari beberapa perairan yang pernah saya selami di perairan Mentawai ini terdapat struktur koral yang berlapis-lapis. Koral yang terlihat pada permukaan dan lapisan bawah mempunyai struktur yang bervariasi.

Terdapat 9 spot diving di pulau Siberut dan Sipora yang ditetapkan berdasarkan hasil survei Coral Reef Rehabilitation Management Program - Coral Triangle Initiative (Coremap- CTI) 2016 lalu, salah satunya, di pantai Jati dan pulau di sekitar Tuapejat.

Ternyata arus laut bertambah kuat sehingga tidak memungkinkan saya menjelajah lebih jauh lagi. Karena kami akan mencoba menyelami kembali esok hari maka Mario mencoba mencari informasi seperti apa keadaan perairan yang akan kami selami sehingga saya pun mendapat gambaran medan seperti apa yang akan saya hadapi. 

Penulis : Anas Surya



BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
05:30
PEDULI MEREKA YANG KEHILANGAN PENGHASILAN DI TENGAH PANDEMI KORONA, DENGAN DONASI KE BIT.LY/KONSERAMALDARIRUMAH   KOMPAS TV BERSAMA DIDI KEMPOT DAN SOBAT AMBYAR MENGGELAR KONSER AMAL DARI RUMAH, SABTU, 11 APRIL 2020 PUKUL 19.00 WIB   JUMLAH KASUS KORONA DI DUNIA: 1.503.900 POSITIF KORONA, 340.112 SEMBUH, 89.931 MENINGGAL DUNIA   JUMLAH KASUS KORONA DI AS MELEBIHI TIONGKOK DAN TERTINGGI DI DUNIA DENGAN 432.579 KASUS   JUMLAH KASUS KORONA DI ITALIA: 139.422 POSITIF KORONA, 26.491 SEMBUH, 17.669 MENINGGAL DUNIA   ASOSIASI KESEHATAN ITALIA (FNOMCEO): 100 DOKTER DI ITALIA MENINGGAL AKIBAT VIRUS KORONA   KBRI SINGAPURA: ADA 45 WNI YANG TERINFEKSI KORONA DI SINGAPURA   SEORANG PERAWAT DI RSUP KARIADI SEMARANG MENINGGAL DUNIA AKIBAT TERINFEKSI KORONA   NEKAT MUDIK DI TENGAH PANDEMI KORONA, 725 WARGA JOMBANG DIKARANTINA DI GEDUNG SD   MENDAGRI MINTA PEMDA SIAPKAN JARING PENGAMAN SOSIAL HADAPI PANDEMI KORONA   SEBANYAK 3.630 ORANG JALANI "RAPID TEST" KORONA DI DEPOK, 176 DI ANTARANYA POSITIF TERJANGKIT   GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN SEBUT PSBB BERTUJUAN UNTUK MENYELAMATKAN KITA DARI PANDEMI KORONA   GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN: OJEK DARING HANYA BOLEH MENGANGKUT BARANG SELAMA PENERAPAN PSBB DI JAKARTA   GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN: OJEK DARING DILARANG MENGANGKUT PENUMPANG SELAMA PENERAPAN PSBB DI JAKARTA