Kompas TV travel jelajah indonesia

KEREN... KEINDAHAN BAWAH LAUT MENTAWAI SUNGGUH MENGAGUMKAN

Kompas.tv - 17 Februari 2020, 15:00 WIB
Penulis : Anas Surya

MENTAWAI, KOMPASTV - Diving (menyelam) adalah hobi saya dan saya ingin melihat langsung bagaimana keindahan bawah laut di Mentawai.  Karena cuaca yang cukup mendukung maka saya hanya memakai “wet suit” dengan ketebalan 3 mm.

Mario sebagai dive master menjelaskan keadaan Pulau Setan yaitu pulau yang menjadi spot menyelam. Menurut keterangan Mario kami akan menyelam di gugusan terumbu karang dan harus lebih berhati-hati karena kemungkinan arus yang cukup kuat, yang paling menarik perhatian saya dari beberapa perairan yang pernah saya selami di perairan Mentawai ini terdapat struktur koral yang berlapis-lapis. Koral yang terlihat pada permukaan dan lapisan bawah mempunyai struktur yang bervariasi.

Terdapat 9 spot diving di pulau Siberut dan Sipora yang ditetapkan berdasarkan hasil survei Coral Reef Rehabilitation Management Program - Coral Triangle Initiative (Coremap- CTI) 2016 lalu, salah satunya, di pantai Jati dan pulau di sekitar Tuapejat.

Ternyata arus laut bertambah kuat sehingga tidak memungkinkan saya menjelajah lebih jauh lagi. Karena kami akan mencoba menyelami kembali esok hari maka Mario mencoba mencari informasi seperti apa keadaan perairan yang akan kami selami sehingga saya pun mendapat gambaran medan seperti apa yang akan saya hadapi. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x