Kompas TV video internasional

Australia Berterima Kasih pada Jokowi atas Bantuan Pemadaman Kebakaran Hutan

Kompas.tv - 10 Februari 2020, 16:17 WIB
Penulis : Desy Hartini

AUSTRALIA, KOMPAS.TV - Pemerintah Australia mengucapkan terima kasih atas bantuan pemadaman kebakaran hutan yang dikirimkan Republik Indonesia (RI). 

Hal itu disampaikan oleh Gubernur Jenderal Australia David Hurley kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam lawatannya ke Australia, tepatnya pada jamuan santap siang yang turut dihadiri oleh Perdana Menteri (PM) Australia Scott Morrison. 

Mulanya, Jokowi menyebutkan, kunjungannya kali ini dilakukan saat Australia sedang menghadapi tantangan kebakaran hutan yang cukup masif. Hal itu disampaikan oleh Jokowi yang dikutip dari siaran pers remsi Istana Kepresidenan, Minggu (9/2/2020).

Baca Juga: Jokowi Pelajari Pembangunan Ibu Kota Baru dari Australia, Ini yang Akan Ditiru!

Menanggapi hal itu, Gubernur Jenderal David Hurley pun menyampaikan apresiasi atas kontribusi Indonesia dalam penanganan kebakaran hutan yang melanda Australia. 

"Kita sangat berterima kasih untuk bantuan Indonesia dalam menghadapi kebakaran hutan di Australia dengan pengiriman lebih dari 30 insinyur angkatan bersenjata untuk berkontribusi pada Operation Bushfire Assist (Operasi Penanganan Kebakaran Hutan)," kata Hurley. 

"Pada saat kita memerlukan, negara Anda membantu negara kami, itulah tanda bagi sebuah persahabatan yang sejati," tutur dia. 

Jokowi pun menyampaikan komitmen Indonesia untuk terus menjaga hubungan baik dengan negara-negara tetangganya, termasuk Australia. 

Jokowi berharap kedua negara dapat terus bekerja sama dengan saling menguntungkan di berbagai bidang. 

#Jokowi #Australia #KebakaranHutan



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x