Kompas TV nasional berita kompas tv

Sri Mulyani: Gaji Saya Lebih Kecil dari Direktur Keuangan Perusahaan

Kompas.tv - 9 Februari 2020, 15:50 WIB
sri-mulyani-gaji-saya-lebih-kecil-dari-direktur-keuangan-perusahaan
Menteri Keuangan Republik Indonesia, Sri Mulyani (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV – Menteri Keuangan Republik Indonesia, Sri Mulyani Indrawati mengaku gajinya tak setinggi seorang direktur keuangan di sebuah perusahaan.

Hal tersebut disampaikan Sri saat memaparkan kondisi perekonomian terkini dan berbagai kebijakan terbaru pemerintah yang dituangkan dalam omnibus law perpajakan. 

Baca Juga: PDI-P Minta Ganti Sri Mulyani, Cari Menteri Keuangan Yang Fresh...

Pada paparan tersebut, Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini menjelaskan bahwa betapa sulitnya mengelola sumber daya manusia dan birokrasi di tataran pemerintahan. 

Pasalnya, itulah salah satu hal yang kerap dikeluhkan para pengusaha kepada Sri Mulyani. 

“Birokrasi lama. Ini pasti pada bilang, iya anak buahnya ibu tuh. Makanya kita lakukan reform, continue reform,” ujar Sri Mulyani di Hotel Kempinski, Jakarta, Jumat (7/2/2020).

Sri melanjutkan, dalam mereformasi birokrasi dan SDM di tataran pemerintahan memerlukan kerja keras. 

Apalagi, tak hanya di tataran pemerintah pusat saja yang diperlukan perubahan, namun juga di pemerintah daerah. 

Dia mengumpamakan, mengelola birokrasi dan SDM di tataran pemerintah seperti di perusahaan, hanya saja dalam skala yang lebih luas. 

“Sekarang bicara birokrasi, pusat dan daerah, kita cari cara, tools-nya apa untuk perbaiki kualitas dan performance birokrasi,” katanya. 

“Di sini pengusaha ada yang punya anak usaha ribuan, jutaan, bagaimana ini melakukan manajemen secara baik. Ada yang merasakan seperti saya di sini kan? Akhirnya saya enggak sendiri,” ungkap Sri. 

Baca Juga: Sri Mulyani Apresiasi Milenial Sadar Pajak

Dalam forum tersebut, bendahara negara pun sempat sedikit curhat dengan beban yang dia miliki, gajinya jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan Direktur Keuangan di perusahaan-perusahaan swasta. 

“Tahun ini belanjanya Rp 2.500 triliun, tapi belanjanya banyak sampai transfer ke daerah dan Dana Desa. Tapi gaji saya sama gaji CFO (Chief Financial Officer) Bapak/Ibu, lebih tinggi Bapak/Ibu. Bahkan di situ ada yang overpaid,” ucapnya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.