Kompas TV video cerita indonesia

Prabowo Tak Masalah Pemulangan 600 WNI Eks ISIS, Jokowi: Saya Bilang Tidak

Kompas.tv - 7 Februari 2020, 23:00 WIB
Penulis : Desy Hartini

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pasca-kekalahan ISIS di Suriah dan Irak, ribuan simpatisan ISIS yang terdiri perempuan dan anak-anak membanjiri berbagai kamp pengungsian. Mereka datang ke Suriah karena terpikat pada mimpi kekhalifahan ISIS dan melepaskan kewarganegaraan asal mereka.

Namun kini nasib mereka kini terkatung-katung di pengungsian dan berharap bisa kembali ke negara asal tak terkecuali sekitar 600 simpatisan ISIS asal Indonesia.

Secara pribadi, Presiden Jokowi menegaskan tidak setuju untuk memulangkan WNI yang pernah menjadi simpatisan ISIS. Meski demikian, keputusan soal ini akan dibahas dalam rapat terbatas karena perlu perhitungan yang detail.

Baca Juga: Beda Sikap Presiden Jokowi dan Prabowo soal Pemulangan WNI Eks ISIS

"Ya kalau bertanya kepada saya (sekarang), ini belum ratas (rapat terbatas) ya. Kalau bertanya kepada saya (sekarang), saya akan bilang tidak (bisa kembali). Tapi, masih dirataskan," ujar Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Rabu (5/2/2020).

Sementara Menteri Pertahanan Prabowo Subianto ‎tidak mempermasalahkan pemulangan WNI asalkan diteliti lebih dulu oleh lembaga yang berwenang.

"Ya nanti tentunya nanti ada lembaga-lembaga yang diberi wewenang. Saya kira itu tugas BIN, Kepolisian untuk teliti mereka," ujar Prabowo di Natuna, Rabu (5/2/2020).

#WNI #ISIS #PrabowoSubianto



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.