Kompas TV internasional kompas dunia

Kepala Kepolisian di Amerika Serikat Ini Disumpah di bawah Al Quran

Kompas.tv - 7 Februari 2020, 18:55 WIB
kepala-kepolisian-di-amerika-serikat-ini-disumpah-di-bawah-al-quran
Ibrahim Baycora menjadi Kepala Polisi muslim pertama di Kota Paterson, sebuah negara di bagian New Jersey, Amerika Serikat. (Sumber: Anadolu Agency)
Penulis : Johannes Mangihot

NEW JERSEY, KOMPASTV, Ibrahim "Mike" Baycora mengambil sumpah di bawah Al Quran untuk dilantik sebagai Kepala Polisi Kota Paterson, sebuah negara di bagian New Jersey, Amerika Serikat (AS).

Ibrahim merupakan muslim keturunan Turki-Amerika. Ibrahim diangkat setelah Kepala Kepolisian sebelumnya, Troy Oswald pensiun pada Februari ini. Pelantikan itu dilakukan di Balai kota setempat, Selasa (4/2/2020).

Ibrahim menjadi kepala polisi muslim pertama di Kota Paterson. Ia bertugas di selama lebih dari 30 tahun, pria berusia 60 tahun itu disumpah sebagai kepala polisi kota Paterson ke-17.

Baca Juga: 6 Kali Berturut, Jokowi Masuk Daftar 50 Muslim Berpengaruh Dunia

Upacara pelantikan dimulai dengan lagu kebangsaan AS, doa dan dilanjutkan dengan pengambilan sumpah. Ibrahim menyatakan sumpah dengan tangan kiri berada di atas Al Quran.

Walikota Paterson Andre Sayegh menyatakan Ibrahim merupakan kepala kepolisian keturunan Turki pertama dalam sejarah AS, dan kepala kepolisian muslim pertama di Kota Paterson.

"AS telah membuat sejarah," kata Andre saat memberi kata sambutan di acara pelantikan, seperti dikutip dari kantor berita Turki Anadolu Agency, Jumat (7/2/2020).

Ibrahim Baycora menjadi Kepala Polisi muslim pertama di Kota Paterson, sebuah negara di bagian New Jersey, Amerika Serikat. (Sumber: Anadolu Agency )

Di kesempatan yang sama, Ibrahim mengapresiasi ucapan yang diberikan Andre terhadap dirinya. Meski berasal dari Turki, kata Ibrahim, Peterson telah menjadi rumah bagi dirinya . Ia datang ke Peterson 60 tahun lalu, saat masih bayi.

Baca Juga: Ada Warga Amerika Serikat Ikut Observasi di Natuna

"Paterson telah berada dalam darahku sepanjang hidupku, dan sekarang menjadi kepala polisi setelah karir 32 tahun, sungguh suatu kehormatan," kata Ibrahim.

Pelantikan tersebut dihadiri anggota komunitas Turki di New York dan New Jersey, pejabat senior dari pemerintah lokal Paterson dan keluarga serta kerabat Ibrahim.

"Di negara ini, ada peluang. Tidak masalah dari mana Anda berasal," ujar Ibrahim.
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.