HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV nasional sapa indonesia

Maraknya Pembobolan Rekening Lewat Telepon Seluler, Pakar IT Tegaskan Dua Hal Ini

Jumat, 7 Februari 2020 | 15:57 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Polda Metro Jaya menangkap 8 tersangka terkait kasus pembobolan rekening melalui telepon seluler. Kasus ini berawal dari laporan wartawan senior, Ilham Bintang yang melapor jika uangnya habis dikuras oleh kelompok ini.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus menyebutkan jika para tersangka memiliki peran yang berbeda-beda mulai dari otak perencanaan, kemudian ada yang bertugas membuat sim card korban, ada juga yang membuat KTP palsu dan ada juga yang menjadi eksekutor yang bertugas menguras uang para korbannya.

Pakar IT dan Direktur Eksekutif SAFENET, Damar Juniarto menyebutkan jika kasus pembobolan di rekening Pak Ilham Bintang ini sangat bertumpu pada salah satu tersangka yang berinisial H yang merupakan Pegawai Bank di posisi Staf Ahli di Bidang IT. Pasalnya model cyber crime seperti ini adalah bentuk kriminal masa depan.

Damar Juniarto menyebutkan masyarakat perlu mendapatkan perlindungan data pribadi. Maka, ada 2 langkah penting yang perlu diperhatikan.

Pertama yakni meningkatkan kewaspadaan dalam menyimpan data-data pribadi di telepon seluler.

Kedua adalah payung hukumnya. Pihak pemangku kebijakan dan pembuat undang-undang sepatutnya juga peka terhadap hal-hal penipuan dan perampokan yang dilakukan melalui internet dam digital seperti ini. 

Penulis : Anjani Nur Permatasari



BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
21:49
PEDULI MEREKA YANG KEHILANGAN PENGHASILAN DI TENGAH PANDEMI KORONA, DENGAN DONASI KE BIT.LY/KONSERAMALDARIRUMAH   KOMPAS TV BERSAMA DIDI KEMPOT DAN SOBAT AMBYAR MENGGELAR KONSER AMAL DARI RUMAH, SABTU, 11 APRIL 2020 PUKUL 19.00 WIB    KOMNAS HAM MINTA PRESIDEN DAN DPR TUNDA PENGESAHAN RKUHP   ANTISIPASI HARGA GABAH JATUH, KEMENTAN KAJI BANTUAN SELISIH HARGA   KEMENDAGRI: JADWAL PELANTIKAN RIZA PATRIA SEBAGAI WAGUB DKI KEWENANGAN ISTANA   GUBERNUR BANTEN MINTA KABUPATEN TANGERANG, KOTA TANGERANG, DAN TANGSEL SEGERA LAKUKAN PSBB   MENSOS JULIARI BATUBARA: PEMERINTAH BERI STIMULUS RP 405 TRILIUN UNTUK PENANGANAN KORONA   PEMKOT TANGERANG SIAPKAN RP 98 MILIAR UNTUK TANGANI DAMPAK VIRUS KORONA   PEMKOT TANGERANG SELATAN BANGUN RUMAH LAWAN COVID-19 UNTUK TAMPUNG ODP KORONA   GUBERNUR JABAR RIDWAN KAMIL SIAPKAN HOTEL GRAND PREANGER UNTUK TEMPAT TINGGAL PARA TENAGA MEDIS KORONA   KORLANTAS POLRI: PEMBATASAN SELAMA MUDIK LEBARAN, PENUMPANG BUS DIKURANGI SETENGAH   KORPS PEGAWAI REPUBLIK INDONESIA AJAK ASN SUMBANGKAN THR UNTUK NEGARA DI MASA PANDEMI KORONA   MENKOMINFO PASTIKAN APLIKASI TELEKONFERENSI ZOOM UNTUK RAPAT KENEGARAAN AMAN DARI KEBOCORAN DATA   MENKOMINFO: PEMERINTAH KAJI PEMBUATAN APLIKASI RAPAT VIRTUAL SEPERTI ZOOM