Kompas TV nasional sapa indonesia

Maraknya Pembobolan Rekening Lewat Telepon Seluler, Pakar IT Tegaskan Dua Hal Ini

Kompas.tv - 7 Februari 2020, 15:57 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Polda Metro Jaya menangkap 8 tersangka terkait kasus pembobolan rekening melalui telepon seluler. Kasus ini berawal dari laporan wartawan senior, Ilham Bintang yang melapor jika uangnya habis dikuras oleh kelompok ini.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus menyebutkan jika para tersangka memiliki peran yang berbeda-beda mulai dari otak perencanaan, kemudian ada yang bertugas membuat sim card korban, ada juga yang membuat KTP palsu dan ada juga yang menjadi eksekutor yang bertugas menguras uang para korbannya.

Pakar IT dan Direktur Eksekutif SAFENET, Damar Juniarto menyebutkan jika kasus pembobolan di rekening Pak Ilham Bintang ini sangat bertumpu pada salah satu tersangka yang berinisial H yang merupakan Pegawai Bank di posisi Staf Ahli di Bidang IT. Pasalnya model cyber crime seperti ini adalah bentuk kriminal masa depan.

Damar Juniarto menyebutkan masyarakat perlu mendapatkan perlindungan data pribadi. Maka, ada 2 langkah penting yang perlu diperhatikan.

Pertama yakni meningkatkan kewaspadaan dalam menyimpan data-data pribadi di telepon seluler.

Kedua adalah payung hukumnya. Pihak pemangku kebijakan dan pembuat undang-undang sepatutnya juga peka terhadap hal-hal penipuan dan perampokan yang dilakukan melalui internet dam digital seperti ini. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x