Kompas TV nasional sapa indonesia

Maraknya Pembobolan Rekening Lewat Telepon Seluler, Pakar IT Tegaskan Dua Hal Ini

Jumat, 7 Februari 2020 | 15:57 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Polda Metro Jaya menangkap 8 tersangka terkait kasus pembobolan rekening melalui telepon seluler. Kasus ini berawal dari laporan wartawan senior, Ilham Bintang yang melapor jika uangnya habis dikuras oleh kelompok ini.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus menyebutkan jika para tersangka memiliki peran yang berbeda-beda mulai dari otak perencanaan, kemudian ada yang bertugas membuat sim card korban, ada juga yang membuat KTP palsu dan ada juga yang menjadi eksekutor yang bertugas menguras uang para korbannya.

Pakar IT dan Direktur Eksekutif SAFENET, Damar Juniarto menyebutkan jika kasus pembobolan di rekening Pak Ilham Bintang ini sangat bertumpu pada salah satu tersangka yang berinisial H yang merupakan Pegawai Bank di posisi Staf Ahli di Bidang IT. Pasalnya model cyber crime seperti ini adalah bentuk kriminal masa depan.

Damar Juniarto menyebutkan masyarakat perlu mendapatkan perlindungan data pribadi. Maka, ada 2 langkah penting yang perlu diperhatikan.

Pertama yakni meningkatkan kewaspadaan dalam menyimpan data-data pribadi di telepon seluler.

Kedua adalah payung hukumnya. Pihak pemangku kebijakan dan pembuat undang-undang sepatutnya juga peka terhadap hal-hal penipuan dan perampokan yang dilakukan melalui internet dam digital seperti ini. 

Penulis : Anjani Nur Permatasari


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!


BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Warga Was-was Terjadi Banjir Susulan

Selasa, 19 Januari 2021 | 13:08 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
13:31
KANADA CABUT LARANGAN PENERBANGAN BOEING 737 MAX MULAI 20 JANUARI 2021   POLISI AKAN CARI PELAKU TAWURAN DI MANGGARAI, JAKSEL, DENGAN MELAKUKAN IDENTIFIKASI WAJAH DI MEDIA SOSIAL    KOMISI IV DPR UNGKAP KEBUN DAN PERTAMBANGAN ILEGAL DI HUTAN INDONESIA CAPAI 17 JUTA HEKTAR   GUBERNUR SULAWESI TENGAH ALI MAZI DORONG PENGEMBANGAN ASPAL BUTON SECARA NASIONAL   DINKES SULAWESI BARAT TURUNKAN TIM PANTAU PENERAPAN PROTOKOL KESEHATAN DI PENGUNGSIAN KORBAN GEMPA    MAHKAMAH KONSTITUSI REGISTRASI 132 PERKARA SENGKETA HASIL PILKADA 2020   IDI DUKUNG VAKSINASI MANDIRI UNTUK PERCEPAT TARGET VAKSINASI NASIONAL   JUBIR VAKSINASI COVID-19: VAKSINASI MANDIRI BELUM DIBAHAS LEBIH LANJUT, MASIH FOKUS VAKSINASI DARI PEMERINTAH   MENDAGRI TITO KARNAVIAN MINTA SINERGI KEMENDAGRI DAN POLRI DIPERKUAT   KAPASITAS RUMAH SAKIT RUJUKAN COVID-19 DI JAKARTA TERSISA 13 PERSEN   PEGAWAI POSITIF COVID-19, KANTOR KECAMATAN PASAR REBO, JAKARTA TIMUR, DITUTUP 3 HARI   KOTA GUNUNGSITOLI DAN KABUPATEN NIAS BELUM TERIMA VAKSIN COVID-19 TAHAP I   KNKT UNDUH 370 PARAMETER DAN DATA 18 PENERBANGAN SRIWIJAYA AIR SJ-182 DARI FDR   KNKT AKAN INFORMASIKAN LAPORAN AWAL HASIL INVESTIGASI KECELAKAAN SRIWIJAYA AIR SJ-182 FEBRUARI 2021