Kompas TV travel jelajah indonesia

MELARIKAN DIRI MENUJU KEINDAHAN MENTAWAI

Kompas.tv - 14 Februari 2020, 15:00 WIB
Penulis : Anas Surya

MENTAWAI, KOMPASTV - Tujuan saya kali ini adalah pulau kecil bernama Sipora yang masih termasuk gugusan Kepulauan Mentawai. Ada tiga cara untuk sampai ke sana dari Padang. Pertama melalui jalan laut dengan menggunakan kapal feri yang ditempuh dalam waktu 8 jam. Kedua dengan menggunakan perahu pribadi atau sewaan dengan waktu tempuh 3 jam. Cara ketiga yang saya pilih yaitu menggunakan pesawat udara walau cuaca sedikit hujan. Pesawat tetap berangkat sesuai jadwal. Kapasitas pesawat berjenis kasa hanya mampu menampung 12 orang penumpang. Jika menggunakan pesawat ini hanya memerlukan waktu 45 menit untuk sampai ke bandara rokot.

Saya cukup terkejut melihat keadaan Bandara Rokot tidak seperti bandara umumnya yang besar dan mempunyai banyak lintasan bandara ini hanya memiliki lintasan untuk satu pesawat saja yaitu pesawat yang saya naiki. Bandara Rokot ini dulunya adalah perkampungan penduduk namun semenjak di bangunnya bandara ini perkampungan tersebut dipindahkan.

Baca Juga: ENAKNYA LOBSTER SEGAR DI CUBADAK

Ketika saya mencari tempat kapal yang akan saya naiki berikutnya, saya sedikit bingung karena saya tidak melihat dermaga di mana biasanya kapal berlabuh. Ternyata saya harus melewati pantai terlebih dahulu untuk naik ke atas perahu. Perjalanan laut harus saya tempuh sebelum akhirnya sampai di Pulau Sipora. Perjalanan saya sedikit terhambat karena tiba-tiba kapal yang saya tumpangi mengalami kerusakan di tengah gelombang laut yang cukup besar, namun untungnya para kru kapal dengan sigap dapat mengatasi masalah tersebut

Kepulauan Mentawai merupakan sebuah kabupaten di Provinsi Sumatera Barat berada pada jarak 150 KM di lepas pantai pulau Sumatera. Kepulauan Mentawai terdiri dari 213 pulau dengan 4 pulau utama yaitu Siberut, Sipora, Pagai Utara dan Pagai Selatan.

Baca Juga: PULAU PAGANG, SURGANYA SNORKELING

Berbicara tentang Kepulauan Mentawai tentu belum hilang dari ingatan kita semua tsunami yang melanda Kepulauan Mentawai yang belum lama terjadi tepatnya sekitar bulan Oktober tahun 2010. Hampir sebagian besar pulau-pulau yang ada di Mentawai terkena imbasnya, termasuk Pulau Sipora.  Beruntung tak seluruh pulau ini terkena tsunami, hanya pada bagian selatannya saja yang merupakan daerah terbuka yang langsung berhadapan dengan laut lepas.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x