Kompas TV nasional aiman

Bantuan Pemerintah Untuk WNI di Wuhan - AIMAN (Bag 2)

Kompas.tv - 7 Februari 2020, 14:00 WIB
Penulis : Yudho Priambodo

Virus Corona masih menjadi perbincangan hangat di dunia. Diduga, virus ini menyebar dari pasar makanan laut (seafood) di kota Wuhan, Tiongkok. Hingga kini, akses keluar-masuk kota Wuhan masih ditutup, hingga ada instruksi lebih lanjut dari Pemerintah Tiongkok. Sementara itu, ratusan Warga Negara Indonesia (WNI) juga masih terisolasi di kota Wuhan. Sebagian dari mereka meminta untuk dipulangkan ke Indonesia dan bersedia melewati segala prosedur, termasuk karantina. Berdasarkan data hingga 24 Januari 2020, masih terdapat 122 WNI yang terjebak di Kota Wuhan.

Juru bicara Pemerintah Provinsi Aceh, Saiful Abdulgani mengatakan, Pemerintah Aceh terus berkoordinasi dengan Kementrian Luar Negeri untuk memberi bantuan kepada Warga Negara Indonesia disana. Mahasiswa asal Aceh yang masih bertahan di kota Wuhan sebanyak 12 orang, dan 11 lainnya berada di luar kota Wuhan. Mereka memilih bertahan di dalam asrama guna menghindari interaksi dengan orang lain, supaya tidak terinfeksi virus Corona. PLT Gubernur Aceh langsung memerintahkan Dinas Sosial dan Dinas Kesehatan untuk mendalami kondisi sesungguhnya di Wuhan. Pemerintah Provinsi Aceh juga mendirikan Posko Informasi bagi keluarga mahasiswa asal Aceh di Wuhan. Selain mendirikan posko, Pemerintah Provinsi Aceh juga memberikan bantuan dana sebesar 50 juta rupiah kepada para mahasiswa yang masih berada di Wuhan untuk memenuhi kebutuhan logistik mereka.

Sementara itu, Duta Besar Republik Indonesia untuk Tiongkok, Djauhari Oratmangun, telah berkomunikasi secara intensif dengan para mahasiswa yang terisolir di Wuhan. Pemerintah Indonesia melalui KBRI di Tiongkok memberi jaminan kepada WNI, bahwa negara hadir melakukan segala upaya untuk melindungi mereka. Beberapa mahasiswa yang berada di luar kota Wuhan juga sudah dipulangkan ke Indonesia oleh KBRI.

Sejauh ini apa kendala Pemerintah dalam mengevakuasi WNI di Wuhan? Simak selengkapnya di tayangan Aiman Spesial Wabah Virus Corona bagian 2 berikut ini.

#AIMAN

#CORONA



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.