Kompas TV TALKSHOW satu meja

Pulangkan Eks ISIS, Bahaya.. - SATU MEJA THE FORUM (Bag5)

Kompas.tv - 6 Februari 2020, 20:02 WIB

Polemik pemulangan WNI eks ISIS terus meruncing. Pertimbangan adanya ancaman ideologi dan aksi teror, harus lebih diutamakan. Negara dinilai wajib melindungi segenap warga negara dari aksi teror berbahaya. 

Pemerintah tengah mempertimbangkan untuk memulangkan WNI yang terlibat dengan kelompok teroris Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) ke Tanah Air. Alasan kemanusiaan menjadi pertimbangan. 

Saat ini diperkirakan sekitar 600 WNI eks pengikut ISIS terlantar di kamp-kamp pengungsian di Suriah dan negara lain. Mereka terdiri atas perempuan dan anak-anak. Sebagian lagi ditahan di berbagai penjara oleh otoritas setempat.

Wacana pemulangan mereka sontak menjadi perdebatan. Selain status kewarganegaraan mereka yang dipertanyakan, kepulangan mereka dikhawatirkan mendatangkan ancaman. Sementara progam deradikalisasi pemerintah diragukan mampu menyadarkan mereka.

Lantas, perlukah WNI eks ISIS dipulangkan ke Tanah Air? Adakah program deradikalisasi yang mampu membuat mereka kembali menjadi warga negara yang baik? Saksikan talkshow Satu Meja The Forum “Eks ISIS, Perlukah Dipulangkan?”

#SatuMejaTheForum #ISIS #WNIISIS 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x