Kompas TV kuliner cerita rasa

TAWON LUCU MAKANAN BANYUWANGI | Resep Dengan Nama yang Tidak Biasa

Kompas.tv - 11 Februari 2020, 13:01 WIB
Penulis : Krisna Aditomo

BANYUWANGI, KOMPASTV – Tawon Lucu nama menu yang akan Benoe cicipi, dari namanya saja sudah tidak lazim. Bahannya berasal dari sarang tawon dan Lucu atau kecombrang, jika di malang dinamakan lucu, oleh karena itu menu ini dinamakan Tawon Lucu. Produk lebah, dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.  Hasil studi, produk yang dihasilkan dari lebah mampu mengurai reaksi buruk akibat radiasi. Produk lebah yang sulit diambil adalah propolis atau getah perekat yang digunakaan lebah untuk menempelkan sel-sel penyusun sarang dan mensterilkan telur lebah sebelum diteteskan. Lebah pekerja mendapatkan propolis dari getah tanaman. Untuk pencegahan dan penyembuhan kanker, propolis berfungsi sebagai antioksidan dan memberikan perlindungan kepada sel. Zat yang ada dalam propolis antara lain resin, bioflavonoid, vitamin B kompleks, vitamin A, dan mineral.

Bahan-bahan yang digunakan antara lain, bawang putih, bawang merah, cabai, kecombrang, tomat kecil atau ranti, dan sarang tawon. Untuk mengambil sarang tawon berdasarkan tanggal jika tanggal muda sarang tawonnya muda dan jika  tanggal tua sebaliknya.


Cara masaknya mudah tinggal masukkan saja bumbu-bumbu yang telah tersedia, masukan bahan lucu, lucu harus direndam didalam air setelah di iris supaya warna lucu tidak berubah menjadi cokelat. Masukan lucu kedalam kuali tapi jangan terlalu banyak karena akan menimbulkan rasa sepet. Potong sarang tawonnya dan masukan ke kuali aduk lama-lama propolis dalam sarang tawon akan meleleh dan menyatu dalam air yang mendidih, berikan garam dan gula secukupnya.

Ketika ingin menyantap Tawon Lucu ini pertama masukan bawang goreng dan daun bawang agar lebih mantap. Silahkan mencoba. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.