Kompas TV kuliner cerita rasa

TAWON LUCU MAKANAN BANYUWANGI | Resep Dengan Nama yang Tidak Biasa

Selasa, 11 Februari 2020 | 13:01 WIB

BANYUWANGI, KOMPASTV – Tawon Lucu nama menu yang akan Benoe cicipi, dari namanya saja sudah tidak lazim. Bahannya berasal dari sarang tawon dan Lucu atau kecombrang, jika di malang dinamakan lucu, oleh karena itu menu ini dinamakan Tawon Lucu. Produk lebah, dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.  Hasil studi, produk yang dihasilkan dari lebah mampu mengurai reaksi buruk akibat radiasi. Produk lebah yang sulit diambil adalah propolis atau getah perekat yang digunakaan lebah untuk menempelkan sel-sel penyusun sarang dan mensterilkan telur lebah sebelum diteteskan. Lebah pekerja mendapatkan propolis dari getah tanaman. Untuk pencegahan dan penyembuhan kanker, propolis berfungsi sebagai antioksidan dan memberikan perlindungan kepada sel. Zat yang ada dalam propolis antara lain resin, bioflavonoid, vitamin B kompleks, vitamin A, dan mineral.

Bahan-bahan yang digunakan antara lain, bawang putih, bawang merah, cabai, kecombrang, tomat kecil atau ranti, dan sarang tawon. Untuk mengambil sarang tawon berdasarkan tanggal jika tanggal muda sarang tawonnya muda dan jika  tanggal tua sebaliknya.


Cara masaknya mudah tinggal masukkan saja bumbu-bumbu yang telah tersedia, masukan bahan lucu, lucu harus direndam didalam air setelah di iris supaya warna lucu tidak berubah menjadi cokelat. Masukan lucu kedalam kuali tapi jangan terlalu banyak karena akan menimbulkan rasa sepet. Potong sarang tawonnya dan masukan ke kuali aduk lama-lama propolis dalam sarang tawon akan meleleh dan menyatu dalam air yang mendidih, berikan garam dan gula secukupnya.

Ketika ingin menyantap Tawon Lucu ini pertama masukan bawang goreng dan daun bawang agar lebih mantap. Silahkan mencoba. 

Editor : Krisna Aditomo



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
06:07
KPU MAKASSAR BATASI SUMBANGAN DANA KAMPANYE BAGI PASLON MAKSIMAL RP 95,6 MILIAR   PANGLIMA TNI MARSEKAL HADI TJAHJANTO PASTIKAN NETRALITAS TNI DALAM PILKADA 2020   LPSK SIAP BERIKAN PERLINDUNGAN KEPADA SAKSI KASUS PENEMBAKAN PENDETA DI PAPUA    POLRES EMPAT LAWANG, SUMSEL, GAGALKAN PENYELUNDUPAN 748 KILOGRAM GANJA KERING ASAL ACEH   KEMDIKBUD MINTA PESERTA DAN TENAGA PENDIDIK LAPOR PADA SEKOLAH JIKA BELUM DAPATKAN KUOTA INTERNET    GUBERNUR JATENG GANJAR PRANOWO SEBUT SUDAH TAK ADA ZONA MERAH COVID-19 DI JAWA TENGAH   CEGAH PENULARAN COVID-19 DI KALANGAN LANSIA, PEMKOT SURABAYA BERI ALAT PENGUKUR KADAR OKSIGEN DAN VITAMIN KE LANSIA   WAPRES MA'RUF AMIN: PEMUKA AGAMA BERPERAN PENTING CEGAH PENULARAN COVID-19   KETUA BAWASLU SEBUT PILKADA DI TENGAH PANDEMI KORONA TIDAK MUDAH   KASUS COVID-19 MELONJAK, PEMKAB LEBAK BERENCANA TERAPKAN PSBB MULAI 1-20 OKTOBER 2020   PEMPROV BANGKA BELITUNG TERBITKAN KEBIJAKAN LARANGAN ISOLASI MANDIRI PASIEN COVID-19 CEGAH KLASTER KELUARGA   KEPALA SATPOL PP JAKARTA PUSAT SEBUT PELANGGAN MASKER DI JAKPUS MENURUN PADA MINGGU KEDUA PSBB   KETUA KOMITE PENANGANAN COVID-19: TINGKAT KETERISIAN TEMPAT TIDUR RS COVID-19 SECARA NASIONAL CAPAI 46,29 PERSEN    KETUA SATGAS COVID-19: BADAN PENGAWASAN KEUANGAN DAN PEMBANGUNAN USUL HARGA STANDAR TES USAP RP 797.000