HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV kuliner cerita rasa

TAWON LUCU MAKANAN BANYUWANGI | Resep Dengan Nama yang Tidak Biasa

Selasa, 11 Februari 2020 | 13:01 WIB

BANYUWANGI, KOMPASTV – Tawon Lucu nama menu yang akan Benoe cicipi, dari namanya saja sudah tidak lazim. Bahannya berasal dari sarang tawon dan Lucu atau kecombrang, jika di malang dinamakan lucu, oleh karena itu menu ini dinamakan Tawon Lucu. Produk lebah, dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.  Hasil studi, produk yang dihasilkan dari lebah mampu mengurai reaksi buruk akibat radiasi. Produk lebah yang sulit diambil adalah propolis atau getah perekat yang digunakaan lebah untuk menempelkan sel-sel penyusun sarang dan mensterilkan telur lebah sebelum diteteskan. Lebah pekerja mendapatkan propolis dari getah tanaman. Untuk pencegahan dan penyembuhan kanker, propolis berfungsi sebagai antioksidan dan memberikan perlindungan kepada sel. Zat yang ada dalam propolis antara lain resin, bioflavonoid, vitamin B kompleks, vitamin A, dan mineral.

Bahan-bahan yang digunakan antara lain, bawang putih, bawang merah, cabai, kecombrang, tomat kecil atau ranti, dan sarang tawon. Untuk mengambil sarang tawon berdasarkan tanggal jika tanggal muda sarang tawonnya muda dan jika  tanggal tua sebaliknya.


Cara masaknya mudah tinggal masukkan saja bumbu-bumbu yang telah tersedia, masukan bahan lucu, lucu harus direndam didalam air setelah di iris supaya warna lucu tidak berubah menjadi cokelat. Masukan lucu kedalam kuali tapi jangan terlalu banyak karena akan menimbulkan rasa sepet. Potong sarang tawonnya dan masukan ke kuali aduk lama-lama propolis dalam sarang tawon akan meleleh dan menyatu dalam air yang mendidih, berikan garam dan gula secukupnya.

Ketika ingin menyantap Tawon Lucu ini pertama masukan bawang goreng dan daun bawang agar lebih mantap. Silahkan mencoba. 

Penulis : Krisna Aditomo



BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
14:30
DUTA BESAR TIONGKOK UNTUK ASEAN DENG XIJUN TEGASKAN WABAH VIRUS KORONA TAK PENGARUHI HUBUNGAN TIONGKOK-ASEAN   KORSEL MENGONFIRMASI 142 KASUS BARU VIRUS KORONA SEHINGGA TOTAL 346 ORANG DI NEGERI GINSENG TERINFEKSI KORONA   KEMENKOMINFO MENJARING 119 KONTEN HOAKS ATAUPUN DISINFORMASI SOAL KORONA DARI 23 JANUARI-20 FEBRUARI 2020   KEMENKOMINFO MINTA MASYARAKAT BIJAK DALAM MEMILAH DAN MEMILIH INFORMASI SOAL VIRUS KORONA DI DUNIA MAYA   BUPATI SAMOSIR, SUMUT, OPTIMISTIS TARGET WISATAWAN 2020 TERPENUHI DI TENGAH WABAH VIRUS KORONA   GUBERNUR JATENG GANJAR PRANOWO PASTIKAN PENGUNGSI KORBAN BANJIR DI DESA KOSAMBI, KUDUS, AMAN    KEMENDIKBUD: REVISI UU 14 TAHUN 2005 TENTANG GURU DAN DOSEN SANGAT DIPERLUKAN   WAKIL PRESIDEN MA’RUF AMIN MINTA GURU BERADAPTASI DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0   PRESIDEN JOKO WIDODO: PERBAIKAN SARANA SEKOLAH PENTING UNTUK KEMBANGKAN SDM   MENTERI ERICK THOHIR SEBUT 130 BOS PERUSAHAAN BUMN MANGKIR DAN TAK SETORKAN RENCANA BISNIS 5 TAHUN KE DEPAN   BMKG PREDIKSI SEJUMLAH WILAYAH DI DKI JAKARTA AKAN MENGALAMI HUJAN LOKAL HARI INI   KEMENTERIAN PERINDUSTRIAN: CUKAI MINUMAN BERPEMANIS TURUNKAN PERMINTAAN KARENA HARGA MAKIN MAHAL   MENKO POLHUKAM MAHFUD MD: KASUS JIWASRAYA TAK BOLEH DIBELOKKAN KE PERKARA PERDATA   KPK TEGASKAN PENGHENTIAN 36 KASUS DI TAHAP PENYELIDIKAN SUDAH SESUAI DENGAN UU